kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45858,63   -4,24   -0.49%
  • EMAS1.341.000 0,22%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

5 Manfaat Penting Tablet Penambah Darah untuk Remaja Putri dan Cara Mengonsumsinya


Selasa, 11 Juni 2024 / 15:01 WIB
5 Manfaat Penting Tablet Penambah Darah untuk Remaja Putri dan Cara Mengonsumsinya
ILUSTRASI. 5 Manfaat Penting Tablet Penambah Darah untuk Remaja Putri dan Cara Mengonsumsinya.


Penulis: Tiyas Septiana

KONTAN.CO.ID -  Ketika masa pubertas, remaja khususnya perempuan, mengalami perubahan fisik dan hormonal yang cukup berbeda dari saat masih anak-anak. 

Remaja putri biasanya akan mulai mengalami datang bulan atau menstruasi. Ketika menstruasi, remaja putri akan kehilangan cukup banyak darah sehingg membutuhkan asupan nutrisi yang cukup. 

Sayangnya sering kali masalah ini diabaikan sehingga banyak remaja yang mengalami anemia yang dapat mempengaruhi kualitas hidup dan prestasi akademik. 

Tablet Tambah Darah (TTD) memiliki fungsi penting mencegah anemia. Anemia adalah kondisi di mana tubuh kekurangan sel darah merah atau kadar hemoglobin di bawah normal. 

Baca Juga: Manfaat Air Lemon Untuk Menurunkan Risiko Batu Ginjal, Ada Banyak Khasiat Lain

Gejala anemia meliputi tubuh yang lemas, tidak bugar, dan mudah pingsan. Hal ini tentu bisa mengganggu aktivitas sehari-hari, termasuk belajar di sekolah dan beraktivitas di luar rumah.

Berikut ini manfaat pentingnya meminum tablet tambah darah untuk remaja, dirangkum dari situs Direktorat SMP Kemendikbud Ristek.

Mencegah anemia

Menstruasi bulanan menyebabkan perempuan kehilangan darah, dan hal ini membuat rentan mengalami anemia. 

Anemia bisa menurunkan imunitas, sehingga seseorang lebih rentan terkena penyakit infeksi.

Selain itu, anemia juga bisa menurunkan konsentrasi belajar, prestasi di sekolah, serta kebugaran dan produktivitas. Oleh karena itu, penting sekali untuk mencegah anemia sedini mungkin.

Dengan rutin mengonsumsi TTD, Anda bisa mencegah kekurangan sel darah merah sehingga tubuh tetap bugar dan berenergi.

Menunjang tumbuh kembang

Pada masa remaja, anak sedang mengalami fase pertumbuhan yang pesat. Tubuh membutuhkan zat besi lebih banyak dibandingkan saat masih kanak-kanak.

Kebutuhan zat besi untuk remaja putri adalah 15 miligram per hari, hampir dua kali lipat dari kebutuhan sebelum haid yang hanya sebesar 8 miligram per hari. TTD membantu memenuhi kebutuhan ini.

Menambal kebutuhan zat besi 

Kadang, Anda mungkin tidak mendapatkan cukup zat besi dari makanan yang dikonsumsi sehari-hari.

Terlebih lagi jika remaja putri melakukan diet tanpa konsultasi dengan ahli gizi, yang bisa mengakibatkan kekurangan zat besi. TTD membantu memastikan remaja mendapatkan asupan zat besi yang cukup.

Baca Juga: Manfaat Bengkuang Untuk Menjaga Kesehatan Tulang, Ada 7 Khasiat Penting

Menjaga kemampuan berpikir

Anemia tidak hanya membuat lemas, tapi juga bisa mempengaruhi kemampuan berpikir.

Susah konsentrasi, mudah lupa, dan menurunnya kemampuan belajar bisa menjadi dampak anemia. Dengan minum TTD, Anda bisa menjaga konsentrasi dan prestasi di sekolah tetap optimal.

Menjaga kesehatan jangka panjang

Rutin mengonsumsi TTD tidak hanya bermanfaat saat ini, tapi juga di masa depan. Ketika dewasa dan hamil, tubuh yang bebas anemia akan membantu menjalani kehamilan yang sehat dan minim risiko komplikasi.

Selain itu, bayi yang dilahirkan juga akan tumbuh sehat dengan berat badan ideal dan terhindar dari masalah gizi seperti stunting.

Agar hasilnya efektif, remaja dianjurkan untuk minum satu tablet tambah darah setiap minggu selama 52 minggu. Pastikan remaja mengonsumsinya sesuai anjuran tenaga kesehatan ya!

Dengan mengonsumsi tablet tambah darah secara rutin, remaja putri dapat mengurangi risiko anemia dan memastikan tubuh mendapatkan zat besi yang cukup untuk mendukung aktivitas sehari-hari. 

Dengan membiasakan meminum tablet tambah darah, akan membawa dampak besar dalam menjaga kesehatan, meningkatkan energi, serta mempersiapkan diri untuk masa depan yang lebih cerah dan produktif. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Bedah Tuntas Sengketa Pajak WP Badan: Pemeriksaan Pajak, Keberatan dan Banding di Pengadilan Pajak Mastering Financial Modeling

[X]
×