kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45900,57   -7,97   -0.88%
  • EMAS1.358.000 -0,37%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Jangan Ragu, Ini 5 Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan Tubuh


Minggu, 29 Januari 2023 / 16:45 WIB
Jangan Ragu, Ini 5 Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan Tubuh


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Ada beragam manfaat kunyit untuk kesehatan yang penting untuk Anda ketahui. Selain itu, manfaat kunyit juga tidak perlu diragukan lagi.

Saking memiliki banyak manfaat, kunyit juga tak jarang kerap dijadikan bahan ramuan untuk bergaia jenis obat herbal dan tradisional.

Salah satu manfaat kunyit adalah dapat mengobati rasa gatal yang timbul di kulit. Selain itu juga ada beberapa manfaat kunyit lain jika dikonsumsi dengan rutin dan benar.

Baca Juga: Punya Banyak Khasiat, Simak 5 Manfaat Buah Jeruk Untuk Kesehatan Tubuh

Melansir dari Wikipedia, Kunyit adalah rempah-rempah serta obat yang berasal dari wilayah Asia Tenggara. Umumnya Kunyit digunakan sebagai sebagai bahan bumbu masakan, obat hingga perawatan kulit dan kecantikan.

Dilansir Nuffield Health, kunyit memiliki beberapa manfaat lain selain untuk bahan bumbu masakan. Manfaat yang dimiliki kunyit di antaranya yaitu: 

1. Mengandung Antioksidan

Kunyit merupakan tanaman rempah-rempah alami yang mengandung banyak antioksidan. Oleh karena itu kunyit mempunyai manfaat yang baik bagi tubuh manusia. 

Salah satunya adalah kunyit bisa membantu melawan berbagai penyakit yang ada di dalam tubuh. Seperti kolesterol, penyakit jantung serta penyakit lainnya.

Baca Juga: Wajib Tahu! Ini 5 Cara Mengatasi Insomnia yang Mudah Dilakukan

2. Mengurangi Gatal

Manfaat kunyit lainnya adalah dapat mengurangi rasa gatal di kulit. Kandungan dalam kunyit baik bagi kesehatan kulit serta kerap kali dipakai perawatan kecantikan kulit. 

3. Antikanker

Selain baik bagi kesehatan kulit, kunyit juga mengandung antikanker. Beberapa penelitian mengatakan bahwa kunyit mampu membunuh dan menghambat sel-sel kanker yang ada di dalam tubuh.

Selain mempunyai manfaat antikanker, kunyit juga berperan aktif mengatasi efek samping dari kemoterapi.

Baca Juga: Sulit Buang Air Kencing? Waspada 5 Gejala Kanker Prostat Berikut

4. Antiinflamasi

Tidak sampai situ, kunyit juga memiliki manfaat sebagai antiinflamasi. Kandungan dalam kunyit dipercaya mampu meredakan inflamasi atau peradangan. 

Pasalnya, kunyit mengandung banyak antiinflamasi yang dapat melindungi kesehatan tubuh. Selain itu kunyi juga bermanfaat jika terjadi gangguan pencernaan dan lain sebagainya. 

5. Menjaga Kesehatan Otak

Selain bisa meredakan peradangan, dikutip dari 
Nuffield Health kunyit juga mampu menjaga kesehatan otak. Salah satu manfaat kunyit tersebut adalah dapat menghindari penyakit alzheimer. 

Selain itu, kunyit juga bermanfaat mengatasi depresi serta mencegah penumpukan protein yang dapat membentuk plak di otak. 

Meski demikian, jangan mengkonsumsi kunyit berlebihan serta lebih baik dikonsultasikan kepada dokter terlebih dahulu agar manfaat dari kunyit bisa lebih maksimal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×