kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45990,47   -1,12   -0.11%
  • EMAS1.132.000 -0,26%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Sulit Buang Air Kencing? Waspada 5 Gejala Kanker Prostat Berikut


Jumat, 27 Januari 2023 / 10:06 WIB
Sulit Buang Air Kencing? Waspada 5 Gejala Kanker Prostat Berikut
ILUSTRASI. Gejala kanker prostat.


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Ada beberapa gejala kanker prostat yang penting untuk diwaspadai. Pasalnya, kanker prostat termasuk salah satu penyakit ganas yang tentunya membahayakan kesehatan.

Selain itu, kanker prostat juga merupakan penyakit ganas dan berbahaya bagi kesehatan, khususnya para pria.

Penyebab kanker prostat dapat dipengaruhi oleh banyak faktor, mulai dari usia, gaya hidup, genetik dan masih banyak lagi faktornya yang dapat memicu kanker prostat.

Baca Juga: Yuk Simak 8 Manfaat Seledri Untuk Kesehatan Tubuh, Sudah Tahu?

Karena kanker prostat berkembang sangat lambat, gejala biasanya tidak muncul sampai kanker mencapai stadium lanjut. Konon, banyak dari tanda dan gejala ini dapat dikaitkan dengan penuaan atau masalah kesehatan lainnya. 

Prostat membungkus uretra dan membantu menghasilkan air mani, sehingga masalah buang air kecil atau ejakulasi mungkin dikacaukan dengan kanker prostat. 

Dengan kata lain, memiliki satu atau lebih dari gejala-gejala ini tidak berarti Anda secara otomatis menderita kanker prostat. Sebaliknya, itu harus meminta kunjungan ke ahli urologi untuk evaluasi lebih lanjut.

Lantas apa saja gejala kanker prostat?

Baca Juga: Ampuh! Simak 5 Cara Menghilangkan Bau Ketiak Menggukan Bahan Alami

Melansir dari Integris Health, terdapat beberapa gejala kanker prostat yang perlu Anda waspadai, di antaranya: 

1. Kesulitan Buang Air Kecil

Salah satu gejala kanker prostat adalah kesulitan untuk buang air kecil. Hal tersebut adalah gejala umum yang kerap dialami para pria. Selain itu, jika stadium kanker yang lebih lanjut dapat menyebabkan prostat menekan uretra, sehingga sulit untuk memulai atau menghentikan aliran urin.

2. Sering Buang Air Kecil

Seperti yang dikatakan di atas, jika kondisi stadium kanker semakin memburuk Anda akan kesulitan untuk memulai dan menghentikan aliran urin. Artinya, frekuensi buang air kecil Anda akan menjadi lebih sering. 

Hal tersebut dikanarekan kanker prostat bisa menjadi cukup besar di mana mereka menekan kandung kemih dan uretra, memberi Anda sensasi untuk sering buang air kecil. Perasaan ini mungkin lebih jelas di malam hari.

Baca Juga: Wajib Tahu! Ini 6 Penyebab Vertigo yang Perlu Diwaspadai

3. Sakit Saat Buang Air Kecil

Sel-sel kanker di prostat dapat berdampak pada saraf dan otot di sekitarnya. Hal tersebut dapat menyebabkan buang air kecil terasa menyakitkan yang juga dapat menjadi gejala kanker prostat yang perlu Anda waspadai. 

4. Darah Dalam Urin

Hematuria, nama medis untuk darah dalam urin, dapat berasal dari iritasi kandung kemih yang disebabkan oleh kanker prostat. Oleh sebab itu, jika terdapat darah di dalam urin Anda, segeralah untuk memerikan kondisi kesehatan Anda ke dokter.

Baca Juga: Kenali 5 Manfaat Kubis Merah Untuk Kesehatan, Jangan Lewatkan!

5. Masalah Kesehatan Seksual

Gejala kanker prostat lain adalah munculnya masalah dalam kesehatan seksual Anda. Khususnya saat ejakulasi.

Ejakulasi akan terasa menyakitkan, disfungsi ereksi dan darah dalam air mani bisa menjadi beberapa hal, termasuk penyakit menular seksual atau masalah psikologis. Hal tersebut yang dapat menjadi gejala kanker prostat dan perlu diwaspadai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Efficient Transportation Modeling (SCMETM) Supply Chain Management on Distribution Planning (SCMDP)

[X]
×