kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Jangan disepelekan! Ini alasan mengapa minum air putih itu penting


Kamis, 02 Juli 2020 / 10:02 WIB
Jangan disepelekan! Ini alasan mengapa minum air putih itu penting
ILUSTRASI. Minum air putih yang cukup bisa menghindarkan tubuh dari berbagai macam penyakit. Model : Rezi Oktaviani TRIBUN JATENG/Hermawan Handaka


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Air menjadi elemen terbesar dalam tubuh. Kurang-lebih sekitar 60% tubuh manusia terdiri dari air. Itulah mengapa minum air putih sangat penting untuk tubuh.

Tak sedikit orang yang sering lupa untuk minum air putih. Bahkan, ada pula orang yang tidak suka air putih.

Menurut healthcareassociates.com, akan ada banyak masalah yang timbul ketika Anda kurang minum air putih. Anda akan merasa dehidrasi, pusing, sistem imun menurun, dan kulit menjadi kering.

Baca Juga: Anda menderita batuk kering? Segera sembuhkan dengan mengkonsumsi obat herbal ini

Sebenarnya, ada banyak tanda yang diberikan tubuh ketika Anda kurang minum air putih. Berikut ini tanda-tanda yang biasanya ditunjukkan:

  1. Cepat lelah
  2. Pusing
  3. Gelisah
  4. Bibir kering
  5. Mata berair

Jika tanda-tanda di atas terus Anda abaikan, akibatnya bisa lebih kacau. Padahal, minum air putih yang cukup sangat membantu proses metabolisme dalam tubuh.

Seperti yang telah disebutkan, kurang minum air putih bisa menurunkankan sistem imun. Salah satu fungsi air putih adalah untuk mengeluarkan racun dalam tubuh.

Bila racun tidak dikeluarkan, tentu saja akan berdampak buruk bagi tubuh. Minum air putih yang cukup bisa menjadi cara untuk Anda tetap sehat.

Baca Juga: Berikut obat herbal yang ampuh meredakan batuk berdahak

Selain itu, air putih juga berfungsi untuk melancarkan sistem pencernaan. Kalau Anda sering merasa kembung atau sembelit, pastikan untuk minum air putih lebih banyak. Salah satu alasan mengapa sembelit terjadi adalah kurangnya cairan dalam tubuh.

Air putih juga bermanfaat untuk membuat kulit menjadi lebih cerah. Banyaknya produk perawatan kecantikan yang Anda pakai tidak akan memberikan hasil yang maksimal bila kulit masih kekurangan cairan. Air putih bisa menjaga kulit tetap elastis, tidak kusam, dan mengurangi kerutan.

Kurang minum air putih juga bisa menjadi penyebab tubuh menjadi lebih gemuk, lho. Ketidakmampuan tubuh menghasilkan energi karena dehidrasi membuat Anda merasa ingin makan lagi dan lagi.

Hal tersebut tidak benar, apalagi jika Anda baru saja makan. Jika Anda ingin terus makan, coba tahan diri. Alih-alih mengonsumsi makanan lain, Anda bisa minum air putih lebih banyak. Dengan melakukan hal ini, berat badan tubuh akan tetap terjaga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×