Tips Sehat

Jangan asal pakai, ini durasi pemakaian masker menurut direktur Bank Mandiri

Selasa, 13 Oktober 2020 | 09:05 WIB   Reporter: Laurensius Marshall Sautlan Sitanggang
Jangan asal pakai, ini durasi pemakaian masker menurut direktur Bank Mandiri


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Para petinggi industri perbankan tentunya punya sederet cara dalam menjaga kesehatan di tengah pandemi Covid-19. Salah satu yang terpenting antara lain jeli dalam menggunakan masker. 

Seperti salah satunya Direktur PT Bank Mandiri Tbk Panji Irawan yang mengatakan memakai masker sudah menjadi kewajiban bahkan kebiasaan yang ia lakukan di tengah pandemi Covid-19. 

Nah, dalam memilih masker yang sesuai, Panji tentunya mengikuti keterangan petunjuk pakai dari pembuatnya. 

"Misalnya, yang masker disposal medis warna hijau, maksimal pemakaiannya hanya empat jam. Setelah itu saya buang," katanya kepada Kontan.co.id, Senin (12/10). 

Namun, dalam kesehariannya Panji juga memiliki masker disposal atau masker sekali pakai yang lebih tebal, biasanya berwarna putih dengan dua lipatan. 

Berdasarkan ketentuan yang diberikan oleh produsen masker, masker jenis tersebut sejatinya punya ketahanan lebih lama yaitu bisa dipakai selama maksimal 12 jam. Praktis, Panji memakai masker tersebut untuk melangsungkan aktivitas dalam durasi yang lebih lama. 

Baca Juga: Di tengah pandemi corona, ini tips berolahraga aman di luar rumah

Kemudian, ada juga masker yang bisa dipakai ulang atau reuseable dan juga pelindung wajah (face shield) plastik yang selalu ia sediakan. 

Hanya saja, masker jenis itu dipakai hanya apabila stok masker sekali pakai telah habis, atau diperlukan double hedge/mitigation di dalam situasi tertentu. 

Sebab, sebagai bankir, Panji harus siap dan sering bertemu dengan banyak orang. Akan tetapi, lantaran adanya pembatasan sosial berskala besar (PSBB) yang ditetapkan Pemprov DKI Jakarta saat ini, tentunya intensitas interaksi di dalam kerumunan sudah sangat jauh berkurang. 

"Secara keseluruhan, saat ini saya hampir tidak bertemu orang secara langsung atau dengan jarak dekat. Makanya masker hanya dipakai saat berada di luar rumah, berolahraga, di dalam mobil, di dalam lift dan di dalam gedung yang berpotensi bertemu dengan orang lain," katanya. 

Ketika berada di tempat terbuka, tentunya Panji memang selalu memakai masker, dengan batas pemakaian yang sudah dianjurkan tergantung dari jenis masker yang dipakai. 

#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitanganpakaisabun

Selanjutnya: Tak mau terjangkit virus corona, yuk pakai masker dengan benar

 

Editor: Herlina Kartika Dewi


Terbaru