Tips Sehat

Jahe hingga lemon, ini 4 rekomendasi obat herbal batuk

Jumat, 18 Juni 2021 | 12:54 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Jahe hingga lemon, ini 4 rekomendasi obat herbal batuk

ILUSTRASI. Air garam termasuk salah satu obat herbal batuk.

KONTAN.CO.ID - Batuk adalah salah satu respons tubuh saat Anda benda asing di tenggorokan yang mengganggu. Tentu saja, kondisi itu membuat Anda tidak nyaman. Salah satu cara mengatasinya adalah dengan mengonsumsi obat herbal batuk.

Anda perlu mengetahui dulu faktor apa saja yang menyebabkan batuk. Batuk bisa disebabkan oleh asam lambung naik, alergi, infeksi, dan lain sebagainya.

Sebenarnya, ada banyak obat batuk yang dijual di apotek. Namun, tak ada salahnya untuk mencoba bahan-bahan alami.

Meski demikian, perlu diingat bahwa daftar bahan alami berikut ini hanya digunakan sebagai obat sementara. Jika batuk terus terjadi dalam jangka waktu lama, segera periksakan diri ke dokter agar mendapat perawatan yang sesuai.

Jahe

Jahe adalah salah satu jenis rempah yang efektif dijadikan obat herbal batuk, apalagi batuk kering dan batuk akibat asma. LamanĀ Medical News Today mengatakan, manfaat jahe itu berasal dari antiinflamasi yang ada di dalamnya.

Anda hanya perlu minum segelas air hangat yang telah diberi 20-40 g irisan jahe. Tambahkan sedikit madu dan air perasan lemon agar rasanya lebih lezat.

Namun, Anda perlu hati-hati karena mengonsumsi jahe terlalu banyak justru bisa menyebabkan sakit perut.

Baca Juga: Patut waspada, 6 gejala sinusitis ini bisa menyerang Anda

Air garam

Berkumur dengan segelas air yang dicampur dengan sejumput garam bisa jadi salah satu cara mengobati batuk. Apalagi, jika Anda mengalami batuk yang bercampur dahak.

Hindari memberikan air garam pada anak-anak supaya tidak sengaja tertelan sehingga efek samping pun dapat dihindari.

Madu

Obat herbal batuk lainnya yang bisa Anda jadikan pilihan adalah madu. Cara yang perlu Anda lakukan pun mudah. Pertama-tama, campur 2 sdt madu dalam segelas air hangat. Anda juga bisa menggunakan teh herbal.

Minum air tersebut sebanyak satu hingga dua kali dalam sehari hingga batuk benar-benar hilang. Jangan berikan madu pada anak yang berusia di bawah satu tahun karena bisa menimbulkan reaksi alergi.

Baca Juga: Bisa turunkan berat badan, ini 7 manfaat nanas

Bromelain

Nanas bisa jadi salah satu obat herbal batuk yang Anda jadikan pilihan.

Medical News Today merekomendasikan bromelain agar batuk lebih cepat sembuh. Bromelain adalah salah satu jenis enzim yang berperan sebagai antiinflamasi.

Anda bisa mendapat banyak jenis enzim itu dengan mengonsumsi nanas. Bromelain juga tersedia dalam bentuk suplemen.

Selanjutnya: Bisa Anda coba, ini 5 obat herbal radang tenggorokan

Editor: Belladina Biananda
Terbaru