Tips Sehat

Jaga imunitas tubuh tak hanya asupan makanan, lakukan hal ini juga

Senin, 30 Maret 2020 | 01:00 WIB   Reporter: SS. Kurniawan
Jaga imunitas tubuh tak hanya asupan makanan, lakukan hal ini juga

KONTAN.CO.ID - Menjaga imunitas tubuh disebut-sebut sebagai salah satu kunci untuk menangkal tertular virus corona baru. Imunitas tubuh ini pula yang kini menjadi kunci para pasien positif Covid-19 sembuh.

Tapi, Dokter Ahli Gizi Dr. dr. Tan Shot Yen, M. Hum mengingatkan, agar tak bermain-main dengan virus. Oleh karena itu, untuk meningkatkan dan menjaga imunitas tubuh tidak hanya soal asupan makanan.

Imunitas tubuh juga harus ditunjang dengan sikap kita dalam mengantisipasi virus. “Physical distancing. Jangan main-main dengan virus. Mau sehat kayak apa kalau dikeroyok virus yang daya tularnya tinggi, tengkurep juga kita!” ujar dokter Tan.

Asupan makanan yang terpenting adalah pola makan seimbang. Sesuai dengan panduan resmi dari Kementerian Kesehatan, makanan bergizi seimbang adalah lauk-pauk, buah-buahan, sayur mayur, dan makanan pokok.

Baca Juga: Jangan abaikan, ini 5 gejala ringan virus corona

“Kalau kebanyakan salah salah satu jenis makanan, sudah tidak seimbang lagi,” ujar dokter Tan kepada Kompas.com.

Dalam pengolahan makanan, jangan lupa untuk memperhatikan beberapa hal berikut:

  • Mencuci dahulu sayur dan buah dengan bersih
  • Lauk dimasak matang
  • Hindari gula, garam dan lemak berlebihan

Dokter Tan juga mengingatkan, agar masyarakat mengikuti Pola Hidup Bersih Sehat (PHBS) seperti cuci tangan dengan sabun.

“Tangan bersih tapi meja enggak dilap. Ingat, kita sekarang berhadapan dengan virus yang enggak terlihat. Pegang-pegang fasilitas publik, habis cuci tangan, ya, percuma. Pakai sarung tangan lebih konyol lagi. Mindahin virusnya ke mana-mana,” tegas dia.

Baca Juga: Jauhi gula saat wabah virus corona, ini alasannya

Editor: S.S. Kurniawan


Terbaru