Inilah waktu terbaik mengonsumsi vitamin D, jangan sampai salah!

Senin, 20 September 2021 | 05:30 WIB Sumber: Kompas.com
Inilah waktu terbaik mengonsumsi vitamin D, jangan sampai salah!


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Salah satu nutrisi penting untuk menjaga kesehatan dan kekebalan tubuh adalah vitamin D. Apalagi di masa pandemi Covid-19 seperti sekarang ini. 

Sayangnya, banyak dari kita yang tidak mendapatkan cukup asupan vitamin D. Mengingat kondisi tesebut, maka tidak mengherankan jika suplementasi vitamin D menjadi topik yang begitu masif dan penting dibahas. 

Namun, menuai manfaat dari vitamin D juga tidak sembarangan. Pasalnya, ada waktu-waktu tertentu yang baik untuk mengonsumsi vitamin ini. 

Pentingnya mengonsumsi suplemen vitamin D 
Sebelum bicara lebih lanjut tentang waktu terbaik mengonsumsi vitamin D, ketahui dulu alasan mengapa kita perlu mengonsumsi suplemen vitamin D. 

Baca Juga: 6 Manfaat putih telur untuk kesehatan, salah satunya menjaga kesehatan jantung

Menurut profesor kedokteran di Boston University, dan penulis "The Vitamin D Solution", Michael Holick, MD, PhD, pada dasarnya tidak ada sumber makanan alami dengan vitamin D yang cukup. 

Bahkan, seporsi 85 gram salmon hanya mengandung sekitar 447 IU, sementara secangkir susu menawarkan 100 IU dan yogurt vanila hanya menyediakan 86 IU. 

Di samping itu, kita juga tidak bisa mendapatkan vitamin D yang cukup dari sinar matahari karena alasan keamanan kulit. 

Faktanya, penelitian tentang kadar vitamin D menemukan, rata-rata kadar serum 25-hidroksivitamin D [25(OH)D] (biomarker klinis tubuh status vitamin D) orang dewasa di Amerika Serikat hanya berkisar antara 18-22 ng/ ml pada akhir musim dingin, dan 29 ng/ml pada akhir musim panas. 

Baca Juga: Minum susu secara rutin bisa menjaga kesehatan tulang, benarkah?

Keduanya jatuh di bawah batas 30 ng/ml untuk kecukupan vitamin D dasar. Akibat faktor-faktor yang berbeda ini, Holick bersama dengan banyak praktisi dan peneliti kesehatan lain merekomendasikan asupan suplemen vitamin D setiap hari. 

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru