kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45931,36   3,72   0.40%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Inilah tingkat risiko covid-19 ketika beraktivitas saat masuki new normal


Sabtu, 13 Juni 2020 / 10:00 WIB
Inilah tingkat risiko covid-19 ketika beraktivitas saat masuki new normal


Reporter: Markus Sumartomdjon | Editor: Markus Sumartomjon

KONTAN.CO.ID - JAKARTA.  Akhir pandemi corona atau Covid-19 masih belum berakhir, kalaupun berakhir adalah jika sudah ditemukan vaksin corona. Menurut pakar epidemiologi Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKM UI) Dr. Tri Yunis Miko Wahyono, vaksin Covid-19 diperkirakan baru akan tersedia di Indonesia dalam waktu satu setengah tahun. Itu pun baru perkiraan kasar.

Ini menjadi pelik. Pembatasan kegiatan masyarakat untuk mencegah penularan corona bisa membuat kerugian ekonomi semakin besar. Maka, mau tidak mau, di banyak negara termasuk di Indonesia mulai menggodok dan tengah menyiapkan kebijakan kenormalan baru atau new normal supaya kegiatan ekonomi tetap bisa berjalan, tapi tetap memperhatikan protokol kesehatan. 

Tapi persoalannya, risiko terjangkit Covid-19 tetap ada di masa new normal. Artinya saat menjalankan kegiatan sehari-hari, risiko terkena corona bisa terjadi. Kalau begitu, seberapa besar risiko terjangkit Covid-19 dalam kegiatan sehari-hari?

Baca Juga: Sudah 2.117 pasien corona di Jatim sembuh dan tingkat kesembuhan tembus 29,35%

Untuk memberi jawaban tersebut, Lifepal.co.id berkolaborasi dengan Tri Yunis Miko Wahyono, membuat daftar aktivitas yang umum dilakukan masyarakat sehari-hari dilengkapi dengan potensi tingkat risiko terpapar Covid-19 dari aktivitas tersebut. Terdapat empat level risiko yakni: rendah, sedang, tinggi, dan sangat tinggi. 

Baca Juga: Inilah saran pemakaian masker saat new normal dari dokter cantik

Untuk menentukan sebuah aktivitas masuk ke salah satu kategori penularan di atas, Lifepal mempertimbangkan beberapa faktor antara lain adalah:

Kontak dengan orang lain, yang artinya seberapa intensif potensi kontak fisik yang terjadi antara satu orang dengan orang lain dalam aktivitas ini. Kemudian jarak fisik antara satu orang dengan orang lain, yakni seberapa dekat jarak seseorang dengan orang lain ketika melakukan suatu aktivitas 

Hubungan antara aktivitas sehari-hari dengan penularan virus Covid-19, bagaimana sebuah aktivitas memiliki keterkaitan tinggi dengan penyebaran penyakit

Ketaatan dalam mematuhi protokol kesehatan, yakni ketaatan dalam menerapkan tindakan pencegahan seperti mengenakan masker dengan baik, mencuci tangan sebelum menyentuh wajah, dan atau melakukan physical distancing dengan jarak minimal 1 meter dari orang lain.

Berikut adalah daftar aktivitas sehari-hari yang umum dilakukan serta level risiko yang dibuat buat berdasarkan parameter di atas. 

Aktivitas di lingkungan tempat tinggal dan kegiatan umum sehari-hari.

Ini merupakan kategori aktivitas sehari-hari yang dilakukan masyarakat pada umumnya. Aktivitas ini mencakup kegiatan di rumah, belajar di sekolah, bekerja, hingga menggunakan fasilitas publik dan menjalani kegiatan keagamaan.

Anda dapat melihat seberapa tinggi tingkat risiko penularan Covid-19 dari masing-masing aktivitas. Sebagai contoh, apabila alamat tinggal Anda di daerah yang menjadi zona merah, maka risiko tertular Covid-19 akan sangat tinggi apabila Anda tidak taat pada protokol kesehatan. Namun, jika taat, maka risiko tersebut dapat ditekan sedemikian rupa meskipun hanya sampai pada level tinggi saja. 

Risiko terpapar covid dari aktivitas lingkungan tempat tinggal

Aktivitas transportasi
Kategori ini mencakup aktivitas penggunaan fasilitas transportasi mulai dari transportasi pribadi, umum, hingga online. Infografis di bawah ini dapat menjadi panduan bagi masyarakat yang ingin bepergian dengan transportasi massal seperti pesawat dan kereta api, sampai angkutan umum, mobil pribadi, hingga ojek online.

Risiko terpapar covid dari aktivitas transportasi




TERBARU
Terpopuler
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×