kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45908,54   -10,97   -1.19%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Inilah Minuman Herbal untuk Kolesterol, Kenali Tanda-tanda Kolesterol Tinggi Di Kaki


Rabu, 21 Juni 2023 / 15:32 WIB
Inilah Minuman Herbal untuk Kolesterol, Kenali Tanda-tanda Kolesterol Tinggi Di Kaki
ILUSTRASI. Inilah Minuman Herbal untuk Kolesterol, Kenali Tanda-tanda Kolesterol Tinggi Di Kaki


Sumber: Kompas.com | Editor: Adi Wikanto

Minuman Herbal untuk Kolesterol - JAKARTA. Simak daftar minuman herbal untuk kolesterol. Minuman herbal untuk kolesterol bisa dikonsumsi jika Anda merasakan tanda-tanda kolesterol. Salah satu tanda-tanda kolesterol tinggi bisa dilihat di kaki.

Minuman herbal untuk kolesterol bisa membantu menurunkan kadar kolesterol tinggi. Tentunya, minuman herbal untuk kolesterol ini harus dikonsumsi rutin jika ingin merasakan manfaatnya.

Meski bisa menjadi pengobatan alternatif, minuman herbal untuk kolesterol ini bukan sebagai pengganti obat dokter. Anda harus tetap mengikuti petunjuk dokter jika ingin menurunkan kolesterol tinggi.

Lalu, apa saja minuman herbal untuk kolesterol?

Dirangkum dari Kompas.com, berikut daftar minuman herbal untuk kolesterol:

1. Teh hijau dan teh hitam

Minuman herbal untuk kolesterol yang pertama adalah teh hijau atau teh hitam. Teh hijau mengandung senyawa antioksidan yang disebut katekin. Senyawa tersebut mampu menurunkan kolesterol jahat di dalam tubuh.

Selain itu, kandungan kafein yang terdapat pada teh juga membantu meningkatkan kadar kolesterol baik atau high-density lipoprotein (HDL) di dalam tubuh.

Selain teh hijau, kita juga dapat menikmati sedikit manfaatnya dari teh hitam. Tapi, efeknya tidak akan semaksimal saat mengonsumsi teh hijau, karena kandungan antioksidannya tidak setinggi teh hijau.

2. Susu kedelai

Minuman herbal untuk kolesterol yang kedua adalah susu kedelai. Susu kedelai dinilai sebagai minuman sehat yang rendah lemak jenuh. Menggantikan susu hewani dengan susu kedelai dapat membantu mengelola kadar kolesterol dalam darah.

Food and Drug Administration (FDA) merekomendasikan untuk mengonsumsi 25 gram protein kedelai per hari sebagai bagian dari diet rendah lemak jenuh yang berdampak pada penurunan kolesterol.

3. Jus tomat

Minuman herbal untuk kolesterol yang ketiga adalah jus tomat. Tomat kaya akan senyawa likopen yang bisa meningkatkan kadar lipid dan mengurangi kolesterol jahat. Selain likopen, kandungan niasin di dalam tomat juga memiliki khasiat serupa dalam menurunkan kolesterol.

Untuk mendapatkan manfaatnya dalam menurunkan kolesterol, tomat direkomendasikan untuk dijadikan jus dan dikonsumsi secara rutin.

4. Smoothies buah beri

Minuman herbal untuk kolesterol yang pertama adalah smoothies beri. Buah beri yang terdiri dari stroberi, blueberry, blackberry, raspberry dan jenis buah beri lainnya dikenal kaya akan serat dan rendah kalori.

Secara khusus, para ahli telah menemukan senyawa yang disebut anthocyanin yang merupakan antioksidan kuat yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol.

5. Cokelat hitam

Minuman herbal untuk kolesterol yang kelima adalah cokelat hitam. Minuman dari cokelat hitam alias dark chocolate mengandung kakao. Minuman yang satu ini juga kaya antioksidan yang disebut flavanol yang dapat meningkatkan kolesterol baik dalam tubuh.

Sebuah studi yang dilakukan pada 2015, mengonsumsi 450 mg minuman cokelat dua kali sehari selama satu bulan dapat menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh.

6. Jus mentimun

Minuman herbal untuk kolesterol yang keenam adalah jus mentimun. Melansir Times of India, mentimun mengandung pektin yang tinggi. Pektin merupakan jenis serat larut air yang dapat membantu menurunkan kolesterol dalam darah, mengeluarkan racun di dalam tubuh (detoks) hingga menjaga kesehatan jantung.

Selain itu, mentimun juga berkhasiat dalam mencegah naiknya kadar gula darah jika dikonsumsi tanpa tambahan gula.

7. Minuman oat

Minuman herbal untuk kolesterol yang ketujuh adalah minuman oat. Menurut sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2018, minuman oat mengandung beta-glukan yang dapat menghambat penyerapan kolesterol dan membantu mengurangi kadar kolesterol dalam darah.

Minuman tersebut seperti susu oat, atau minuman dengan campuran oat. Namun sebelum membelinya, pastikan di dalam kemasan terdapat informasi serat yang disertakan dalam satuan porsi. Semakin tinggi kadar seratnya, tentu khasiat dalam menurunkan kolesterol akan lebih maksimal.

Tanda-tanda kolesterol tinggi di kaki

Tanda-tanda kolesterol tinggi tidak hanya berupa nyeri dada dan kepala pusing. Ini tanda kolesterol tinggi yang muncul di Kaki. 

Tingginya kadar kolesterol darah darah bisa memicu penyakit jantung dan stroke.  

Kolesterol tinggi terkadang dimasukkan ke dalam golongan silent killer lantaran tak menunjukkan gejala awal.  

Mengutip dari Cambrigde News, Anda baru akan mencurigai ada sesuatu yang salah setelah ada banyak kolesterol yang menyumbat aliran darah, terutama di kaki. 

Penumpukan kolesterol yang akhirnya menyumbat aliran darah memang sering terjadi di area kaki dan menyebabkan berbagai gejala. 

Berikut ini 6 gejala kolesterol tinggi yang muncul di kaki: 

Baca Juga: Bisa Mencegah Penyakit Jantung, Ini Manfaat Pandan untuk Kesehatan

1. Kram kaki di malam hari 

Tanda-tanda kolesterol tinggi yang pertama adalah kram kaki di malam hari.

Orang dengan kolesterol tinggi juga biasanya akan merasakan kram di malam hari yang menyerang tumit, jari kaki dan telapak kaki. 

Cara untuk menghilangkan kram ini bisa dengan duduk di kasur atau kursi dan membiarkan kedua kaki menggantung di bawah. 

Biarkan gravitasi membantu mengalirkan darah ke ujung-ujung kaki. 

2. Perubahan warna di kaki dan kuku 

Tanda-tanda kolesterol tinggi yang kedua adalah perubahan warna di kaki dan kuku. Mengutip Times of India, berkurangnya aliran darah menuju kaki bisa mengubah warna kulit pada kaki dan kuku. 

Hal ini terjadi karena sel-sel pada kaki tak mendapatkan oksigen dan nutrisi yang cukup imbas dari berkurangnya aliran darah yang membawa oksigen. 

Kulit akan nampak mengencang dan berkilau dan kuku jari kaki akan berkembang lebih lambat. Terkadang, rambut di kaki juga terlihat akan semakin menipis.

3. Nyeri pada kaki 

Tanda-tanda kolesterol tinggi yang ketiga adalah nyeri pada kaki. Seperti dipaparkan laman Health, nyeri pada kaki terjadi jika arteri tersumbat kolesterol sehingga aliran darah menuju kaki menjadi terhambat. 

Nyeri pada kaki biasanya berupa kaki yang terasa berat, pegal seperti kelelahan dan juga sensasi seperti terbakar. 

Sensasi ini bisa terjadi di seluruh bagian kaki, dan bisa terjadi hanya salah satu kaki atau malah kedua kaki kanan dan kiri. 

Seringnya, sakit pada kaki ini terjadi ketika Anda selesai berolahraga atau berjalan kaki. Sensasi akan hilang setelah Anda beristirahat. 

4 Kebas di area kaki 

Tanda-tanda kolesterol tinggi yang keempat adalah kebas di kaki. Kurangnya aliran darah menuju kaki juga bisa menimbulkan sensasi kebas di area kaki. 

Biasanya kebas akan menimpa area telapak kaki dan jari-jemari kaki. 

5. Kaki terasa dingin 

Tanda-tanda kolesterol tinggi yang kelima adalah kaki dingin. Kaki terasa dingin di musim penghujan adalah hal yang wajar. Namun jika kaki terasa dingin terus-menerus bahkan di cuaca yang panas sekalipun, bisa jadi itu pertanda kolesterol dalam darah sudah terlalu tinggi, sehingga menghambat laju aliran darah menuju kaki. 

Kaki yang menjadi dingin ini bisa terjadi di salah satu kaki saja atau di kedua belah kaki. 

6. Luka di kaki yang susah sembuh 

Tanda-tanda kolesterol tinggi yang keenam adalah luka di kaki yang tak kunjung sembuh.

Ketika aliran darah menuju kaki terganggu, maka kaki akan kekurangan nutrisi dan oksigen. Dan luka pun biasanya akan berubah warna menjadi kecokelatan atau kehitaman. 

Jika salah satu dari enam tanda di atas ada pada diri Anda, maka segeralah lakukan tes darah untuk memastikan level kolesterol dalam darah Anda. 

Kolesterol tinggi bisa ditangani dengan obat-obatan juga perubahan pola makan dan pola hidup.

Itulah minuman herbal untuk kolesterol dan tanda-tanda kolesterol di kaki. Segera minum herbal untuk kolesterol agar tak semakin tinggi.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "6 Tanda Kolesterol Tinggi yang Muncul di Kaki", dan "7 Minuman Alami Penurun Kolesterol"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×