Inilah makanan penurun kolesterol tinggi ini yang mudah didapat dan enak rasanya

Senin, 21 September 2020 | 06:41 WIB Sumber: Kompas.com
Inilah makanan penurun kolesterol tinggi ini yang mudah didapat dan enak rasanya

ILUSTRASI. Buah Apel termasuk makanan penurun kolesterol tinggi ini yang mudah didapat dan enak rasanya. KONTAN/Muradi/2019/07/19

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Pola makan adalah kunci penanganan segala macam penyakit, termasuk akibat kolesterol. Ada beragam bahan makanan penurun kolesterol yang bisa dikonsumsi agar kolesterol jahat dalam darah berkurang dan bahkan kembali ke level normal..

Penyakit kolesterol tinggi dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke. Kolesterol tinggi terjadi akibat pola makan yang salah. Oleh karena itu, selain memperbaiki pola makan dengan mengurangi makanan penyebab kolesterol, kita juga harus konsumsi makanan penurunan kolesterol tinggi.

Beberapa bahan makanan penurun kolesterol tinggi mudah ditemukan dan enak dikonsumsi. Berikut beberapa rekomendasi makanan penurun kolesterol tinggi:

1. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan seperti kenari, kacang tanah, walnut, dan almond adalah jenis makanan penurun kolesterol tinggi. Dilansir dari Live Strong, kacang-kacangan mengandung asam lemak sehat tak jenuh ganda dan tunggal. Selain itu, kacang-kacangan juga memasok vitamin, serat, antioksidan, dan asam lemak omega-3.

Baca juga: Pendaftaran lelang rumah murah sitaan bank di Tangerang Rp 300-an juta segera ditutup

2. Gandum utuh

Oat dari gandum utuh termasuk oatmeal, tepung oat, dan bubuk oat juga termasuk makanan penurunan kolesterol tinggi. Menurut Harvard Health Publishing, oat mengandung serat larut jenis beta-glukan yang bisa menjaga kesehatan metabolisme tubuh.

Berdasarkan hasil studi yang mengamati populasi minim kasus penyakit jantung koroner, ternyata warga setempat rajin makan asupan kaya serat seperti buah, sayur, dan produk gandum utuh.

3. Alpukat

Makanan penurun kolesterol yang mudah ditemukan lainnya yakni alpukat. Alpukat kaya akan lemak tak jenuh tunggal, serat, dan nutrisi fitosterol serta polifenol. Menurut penelitian pada 2015, orang yang rutin diet makan satu buah alpukat setiap hari, kadar kolesterol jahat (LDL) cenderung rendah.

Simak daftar makanan penurun kolesterol lain di halaman selanjutnya

Editor: Adi Wikanto


Terbaru