kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Inilah Jumlah Kolesterol Normal Orang Dewasa, Jika Tinggi Coba Obat Herbal Kolesterol


Rabu, 27 Maret 2024 / 05:59 WIB
Inilah Jumlah Kolesterol Normal Orang Dewasa, Jika Tinggi Coba Obat Herbal Kolesterol
ILUSTRASI. Kolesterol baik


Reporter: Adi Wikanto | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Kenali jumlah kolesterol normal pada laki-laki dan wanita dewasa. Jika mengalami kolesterol tinggi, ada berbagai obat herbal menurunkan kolesterol yang bisa dicoba.

Kolesterol adalah zat lemak yang selalu ada di setiap tubuh. Kolesterol memberikan manfaat sebagai cadangan energi bagi tubuh. 

Manfaat kolesterol lainnya adalah untuk membangun membran sel, memproduksi vitamin D, serta menjalankan fungsi saraf dan otak.

Namun, jika jumlah kolesterol terlalu tinggi atau melebihi batas normal bisa menyebabkan berbagai gangguan kesehatan. Salah satu penyakit yang harus diwaspadai akibat kolesterol tinggi adalah penyakit kardiovaskular, gangguan jantung, serangan jantung, hingga stroke.

Diberitakan Kompas.com, instansi kesehatan Amerika Serikat, CDC menyebutkan, individu yang memiliki terlalu banyak kolesterol jahat atau low-density lipoprotein (LDL) mengakibatkan risiko penyakit tertentu.

Baca Juga: Turunkan Kolesterol hingga Cegah Diabetes, 10 Manfaat Jambu yang Baik untuk Tubuh

Lalu berapa kolesterol yang normal pada orang dewasa?

Kolesterol yang normal pada orang dewasa yaitu di bawah 200 mg/dL. Itu merupakan kadar kolesterol total atau berdasarkan dari LDL, HDL, dan seperlima trigliserida. Dalam hal ini, kolesterol baik (HDL) sebaiknya di atas 60 mg/dL. Sementara itu. kadar kolesterol jahatnya (LDL) kurang dari 100 mg/dL pada individu sehat dan di bawah 70 mg/dL pada orang dengan penyakit jantung koroner. Kemudian untuk kadar trigliseridanya sebaiknya di bawah 100 mg/dL.

Anda juga perlu mengetahui batas tinggi kadar kolesterol yaitu berkisar antara 200-239 mg/dL. Kemudian, kadar kolesterol yang tinggi yaitu 240 mg/dL atau lebih. Untuk mengetahui kadar kolesterol Anda, American Heart Association (AHA), menyarankan agar orang dewasa memeriksa kadar kolesterolnya setiap 4-6 tahun sekali yang dimulai pada usia 20 tahun.

Namun, setiap orang memiliki kondisi yang berbeda-beda. Jadi, konsultasikan ke dokter mengenai waktu yang pas untuk melakukan cek kolesterol. Bahaya kolesterol tinggi Perlu diketahui, kolesterol terbagi menjadi dua jenis, kolesterol baik (HDL) dan jahat (LDL). Potensi bahaya muncul apabila kadar kolesterol jahat sangat tinggi dibandingkan kolesterol baik.

Obat herbal menurunkan kolesterol

Dokter pasti akan memberikan obat menurunkan kolesterol untuk menurunkan kadar zat lipid tersebut dari dalam tubuh. Selain obat dokter, ada berbagai obat herbal menurunkan kolesterol.

Obat herbal menurunkan kolesterol ini berasal dari berbagai tanaman. Anda bisa membuat sendiri obat herbal untuk menurunkan kolesterol tersebut.

Namun ingat, obat herbal untuk menurunkan kolesterol ini bukan sebagai pengganti obat dokter. Anda juga harus konsultasi dengan dokter jika ingin konsumsi obat herbal untuk menurunkan kolesterol. 

Berikut, obat herbal yang bisa menurunkan kolesterol tinggi dilansir dari Kompas.com:

1. Kedelai 

Obat herbal menurunkan kolesterol yang pertama adalah kedelai dan produk olahannya seperti tempe atau tahu. Kedelai dianggap bisa sedikit membantu menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam darah. Sehingga, jangan ragu untuk menambahkannya dalam menu harian.

2. Jahe 

Rempah, seperti jahe juga sering disinggung sebagai salah satu obat herbal kolesterol. Beberapa penelitian menunjukkan, rempah ini bisa menurunkan kolesterol dan trigliserida di tubuh, serta mengurangi kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kadar kolesterol baik. 

Untuk menikmati manfaat jahe yang satu ini, Anda cukup mencampurkan potongan jahe ke dalam segelas air hangat atau air panas. Tunggu hingga jahe tersebut bercampur dan minumlah sebagai wedang. 

Untuk rasa yang lebih keras, Anda bisa membakar dan sedikit menghancurkan jahenya terlebih dahulu, setelah dipotong. 

3. Angkak 

Obat herbal menurunkan kolesterol yang ketiga adalah angkak. Angkak mengandung suatu zat yang bernama monacolin K. Susunan kimia yang dimiliki zat ini, dinilai mirip dengan yang dipunyai oleh obat penurun kolesterol, yaitu lovastatin. 

Sehingga tanaman ini dinilai bisa dipertimbangkan untuk digunakan sebagai obat herbal kolesterol. Hanya saja, tidak semua sajian angkak mengandung cukup monacolin K, sehingga efek penurun kolesterol bisa saja tidak terjadi. 

Angkak juga bisa mengandung suatu kontaminan atau zat berbahaya bagi tubuh, yang bernama citrinin. Komponen ini, disebut bisa memicu gagal ginjal. 
Sehingga, Anda perlu sangat berhati-hati saat menggunakan angkak untuk menurunkan kolesterol. 

4. Daun artichoke 

Obat herbal menurunkan kolesterol yang keempat adalah daun artichoke. Ekstrak daun artichoke ampuh menurunkan kadar kolesterol sebab, ekstrak ini akan menghambat sintesis kolesterol di tubuh. Artichoke juga mengandung komponen yang disebut sebagai cynarine. 

Komponen ini akan memicu suatu proses yang menghasilkan ekskresi atau pengeluaran kolesterol dari aliran darah. 

5. Bawang putih 

Obat herbal menurunkan kolesterol yang kelima adalah bawang putih. Selain menjadi bumbu dapur, bawang putih juga jadi obat herbal. Manfaat bawang putih untuk kesehatan memang sangatlah beragam. 

Selain bisa membantu meredakan gejala berbagai penyakit, seperti pilek, tanaman yang satu ini ternyata juga bisa membantu menurunkan kadar kolesterol. 

Tentu, mengonsumsi masakan yang mengandung bawang putih tidak serta-merta akan menurunkan kadar kolesterol. Saat ini, masih terdapat perdebatan di antara para peneliti mengenai peran bawang putih sebagai obat herbal kolesterol. 

Sehingga, apabila Anda ingin menggunakannya sebagai obat, sebaiknya konsultasikan terlebih dulu dengan dokter. 

6. Akar manis 

Akar manis atau licorice root, dinilai berpotensi menjadi obat herbal kolesterol. Pasalnya, pada penelitian yang dilakukan pada hewan uji, tanaman ini terbukti bisa menurunkan kadar kolesterol sekaligus kadar gula darah, dan mengandung antioksidan yang baik untuk kesehatan. 

Hanya saja, belum banyak penelitian yang dilakukan secara klinis pada manusia. Jadi, sebelum menggunakannya, sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter. 

Itulah jumlah normal kolesterol pada laki-laki dan wanita dewasa serta obat herbal untuk menurunkan kolesterol. Konsultasikan dengan dokter jika kolesterol tak kunjung turun.

Selanjutnya: Bikin Jerawatan, Ini 5 Alasan Pentingnya untuk Membersihkan Make Up sebelum Tidur

Menarik Dibaca: Peringatan Dini Cuaca Besok (28/3) Hujan Lebat, Siaga & Waspada Bencana Provinsi Ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×