Tips Sehat

Inilah cara olahraga sepeda untuk menurunkan berat badan

Sabtu, 05 September 2020 | 07:11 WIB Sumber: Kompas.com
Inilah cara olahraga sepeda untuk menurunkan berat badan

ILUSTRASI. Inilah cara olahraga sepeda untuk menurunkan berat badan. KONTAN/Fransiskus Simbolon

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Olahraga untuk menurunkan berat badan ada bermacam-macam. Termasuk olahraga sepeda yang kini sedang tren pun dapat menurunkan berat badan.

Olahraga sepeda adalah salah satu jenis olahraga kardio yang praktis dan mudah dikerjakan. Olahraga sepeda bisa digunakan sebagai aktivitas membakar kalori sekaligus rekreasi.

Selain manfaat di atas, sejumlah orang kerap mempertanyakan, apakah olahraga sepeda bisa menurunkan berat badan? Jawaban atas pertanyaan tersebut sangat tergantung jenis aktivitas bersepeda dan gaya hidup sehari-hari.

Dilansir dari Cycling Weekly, bersepeda untuk menurunkan berat badan perlu mempertimbangkan jenis latihan dan asupan yang masuk ke tubuh. Prinsip menurunkan berat badan bisa berhasil adalah besarnya kalori yang keluar lebih banyak ketimbang kalori yang masuk.

Baca juga: China marah-marah lagi kepada India, ini penyebabnya

Sehingga, Anda perlu membakar lebih banyak kalori daripada kalori yang masuk dari asupan sehari-hari. Sebagai informasi, bersepeda bisa membakar antara 400 sampai 1.000 kalori per jam, tergantung intensitas olahraga dan bobot tubuh pesepeda.

Bagi Anda yang ingin menggunakan olahraga sepeda untuk menurunkan berat badan, berikut beberapa tipsnya:

1. Tingkatkan intensitas bersepeda

Melansir Healthline, olahraga sepeda untuk menurunkan berat badan tidak sama dengan bersepeda untuk kepentingan rekreasi. Cara bersepeda untuk menurunkan berat badan bisa dengan meningkatkan intensitas olahraga lewat mengayuh pedal lebih cepat.

Dengan bergerak lebih cepat, tubuh menggunakan energi lebih banyak ketimbang dalam kondisi santai. Semakin banyak kalori yang dibakar, semakin banyak berat badan yang turun.

Sebagai ilustrasi, orang dengan berat badan 70 kilogram dapat membakar kalori sebanyak 298 saat bersepeda selama 30 menit dengan kecepatan 19-22 kilometer per jam. Apabila kecepatan bersepeda dinaikkan antara 22-25 kilometer per jam, pesepeda dengan berat badan 70 kilogram bisa membakar kalori sebanyak 372.

Sedangkan orang dengan bobot tubuh 83 kilogram, dapat membakar kalori sebanyak 355 saat bersepeda selama 30 menit dengan kecepatan 19-22 kilometer per jam. Saat kecepatan bersepeda dinaikkan antara 22-25 kilometer per jam, kalori yang terbakar bisa mencapai 444.

Editor: Adi Wikanto


Terbaru