Inilah cara mencegah kanker menurut ahli kesehatan Harvard

Selasa, 11 Mei 2021 | 06:55 WIB Sumber: Kompas.com
Inilah cara mencegah kanker menurut ahli kesehatan Harvard

ILUSTRASI. rutin olahraga termasuk salah satu cara mencegah kanker menurut ahli kesehatan Harvard

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Penyakit kanker bisa terjadi karena faktor genetik dan gaya hidup. Oleh karena itu, setiap orang bisa mencegah kanker dengan menjalankan pola hidup sehat dan cara lainnya.

Kanker berkembang menjadi salah satu penyakit paling mematikan di dunia termasuk di Indonesia. Data dari Global Cancer Statistic (Globocan) menyatakan 1 dari 8 laki-laki dan 1 dari 11 perempuan, meninggal karena kanker.

Hal serupa juga terjadi di Indonesia dengan angka kejadian penyakit kanker di Indonesia mencapai 136,2 per 100.000 penduduk. Berdasarkan data Kementriaan Kesehatan, catatan itu mendudukan Indonesia pada posisi ke delapan di Asia Tenggara dengan risiko kanker tertinggi. Sementara di Asia, Indonesia ada di urutan ke 23.

Kanker hati, kanker paru-paru dan kanker payudara menjadi salah satu penyebab kematian yang paling utama. Meski sampai saat ini belum ditemukan pengobatannya yang paling ampuh, perkembangan kanker sebenarnya bisa dicegah dengan deteksi dini.

Baca juga: Bukan pagi, ini waktu tepat berjemur di bawah sinar matahari untuk dapat vitamin D

Selain itu, pola hidup juga menjadi faktor utama untuk menekan risiko kemunculannya. Pakar kesehatan dari Harvard Medical School di Amerika Serikat mengembangkan 10 cara efektif untuk mencegah kanker yaitu:

Hindari tembakau dalam berbagai bentuk

Cara mencegah kanker yang pertama adalah dengan menghindari tembakau maupun produk turunannya. Bukan hanya rokok, ini artinya kita juga harus menghindari asap rokok. Lindungi diri sendiri dan keluarga dengan tidak menjadi perokok aktif maupun pasif.

Pola makan sehat

Cara mencegah kanker yang kedua adalah dengan menjalankan pola makan sehat. Kurangi konsumsi lemak jenuh dan daging merah yang dapat meningkatkan risiko kanker usus besar dan bentuk kanker prostat. Selain itu, perbanyak konsumsi buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian.

Olahraga teratur

Cara mencegah kanker yang ketiga adalah dengan berolahraga secara teratur. Penelitian membuktikan olahraga dapat menurunkan risiko kanker dan kanker payudara. Atur menu fisik dan lakukan dengan rutin untuk menjaga kebugaran tubuh.

Simak cara mencegah kanker di halaman selanjutnya

Editor: Adi Wikanto
Terbaru