kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Inilah 6 Minuman Sehat Pagi Hari untuk Menggantikan Kopi


Kamis, 27 Juli 2023 / 06:28 WIB
Inilah 6 Minuman Sehat Pagi Hari untuk Menggantikan Kopi
ILUSTRASI. Inilah 6 Minuman Sehat Pagi Hari untuk Menggantikan Kopi


Sumber: Kompas.com | Editor: Adi Wikanto

Minuman Sehat Pagi Hari - Inilah minuman sehat untuk pagi hari. Minuman sehat ini bisa menjadi pengganti secangkir kopi di pagi hari.

Secangkir kopi di pagi hari sudah menjadi rutinitas bagi sebagian banyak orang. Kopi di pagi hari banyak dimanfaatkan untuk meningkatkan kewaspadaan, konsentrasi, dan memperbaiki suasana hati sebelum memulai aktivitas sehari-hari.

Kendati demikian, terlalu banyak minum kopi dapat menyebabkan ketergantungan kafein. Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (FDA) menyebutkan, batas aman konsumsi kafein bagi orang dewasa adalah 400 mg kafein sehari atau sekitar empat hingga lima cangkir kopi.

"Namun, ada variasi yang luas dalam seberapa sensitif orang terhadap efek kafein dan seberapa cepat mereka memetabolisme (memecahnya)," FDA memperingatkan.

Untuk itu, beberapa orang mungkin akan mencoba berhenti mengonsumsi kafein di pagi hari dan mencari alternatif minuman lain yang bisa membantu tetap terjaga di pagi hari selain kopi.

Lantas, apa saja minuman sehat pengganti kopi di pagi hari?

Baca Juga: 11 Bahan Alami yang Efektif Menurunkan Asam Lambung Tinggi

Minuman sehat pagi hari pengganti kopi

1. Air lemon

Minuman sehat pagi hari pengganti kopi yang pertama adalah air lemon. Dikutip dari Healthline, mengganti secangkir kopi dengan segelas air lemon adalah cara bagus untuk memulai hari tanpa kafein namun tetap memberikan efek yang menyegarkan.

Air lemon bebas kalori dan kafein serta mengandung vitamin C yang baik untuk tubuh. Sebagai antioksidan, vitamin C berperan dalam sistem kekebalan tubuh dan melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar Matahari. Vitamin C sangat penting untuk membuat kolagen, protein yang menyediakan struktur dasar untuk kulit, tendon, dan ligamen.

Untuk membuat air lemon menjadi lebih segar, Anda dapat menambahkan buah dan herbal lain, seperti mentimun, mint, semangka, dan kemangi.

2. Cokelat panas

Minuman sehat pagi hari pengganti kopi yang kedua adalah cokelat panas. Cokelat panas adalah minuman rendah kafein yang kaya akan theobromine, stimulan sistem saraf pusat ringan.

"Cokelat panas menawarkan semua rasa cokelat hitam yang dekaden, tanpa gula, dan lemak apa pun, dan hampir tanpa kalori," kata Monica Reinagel, seorang ahli diet dan gizi berlisensi dikutip dari Newsweek.

“Meskipun secangkir teh atau kopi di sore hari sering terasa tidak lengkap tanpa sesuatu yang menyertainya, secangkir kakao yang diseduh, dengan atau tanpa percikan susu, terasa sangat memuaskan," tambahnya.

3. Teh hitam

Minuman sehat pagi hari pengganti kopi yang ketiga adalah teh hitam. Secangkir teh hitam bisa menjadi alternatif yang cocok untuk pengganti kopi di pagi hari. Ini karena teh hitam mengandung kafein sekitar setengah dari yang ada dalam 8 ons dari secangkir kopi.

Kandungan kafein dari secangkir kopi dan teh bisa sedikit berbeda. Hal ini dipengaruhi oleh faktor-faktor tertentu seperti waktu pemrosesan dan penyeduhan yang akhirnya memengaruhi tingkat kafein.

"Mereka yang minum tiga atau lebih cangkir teh hitam setiap hari memiliki risiko serangan jantung dan stroke yang lebih rendah. Selain itu, ada juga penelitian yang menunjukkan, teh dapat membantu mencegah beberapa jenis kanker pada beberapa individu," tambah Spano.

4. Teh hijau

Minuman sehat pagi hari pengganti kopi yang keempat adalah teh hijau. Teh hijau adalah alternatif lain yang sehat untuk pengganti kopi di pagi hari. Menurut FDA, secangkir teh hijau memiliki sekitar setengah jumlah kafein dalam secangkir kopi.

"Kafein dalam teh hijau membantu meningkatkan ketajaman mental serta peningkatan metabolisme," ungkap Anthony Kouri dari University of Toledo Medical Center.

Sementara itu, beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa orang yang minum teh hijau jauh lebih kecil kemungkinannya terkena kanker kandung kemih, payudara, paru-paru, perut, pankreas, dan kolorektal.

"Selain itu, penelitian menunjukkan bahwa teh hijau membantu mengurangi diabetes tipe 2 dan penyakit jantung," kata Kouri.

5. Kopi chicory (sawi putih)

Minuman sehat pagi hari pengganti kopi yang kelima adalah chicory. Chicory adalah tanaman berbunga dari keluarga dandelion yang daunnya sering digunakan dalam salad. Akarnya yang secara alami bebas kafein, biasanya akan dipanggang, digiling, dan diseduh untuk membuat kopi.

"Dengan rasa yang sedikit berkayu dan pedas, minuman berbahan dasar sawi putih ini memiliki rasa yang mirip dengan kopi," ujar Rachael Link, ahli diet terdaftar yang berbasis di New York.

6. Smoothie

Minuman sehat pagi hari pengganti kopi yang keenam adalah smoothie. Pengganti kopi di pagi hari yang menyegarkan sekaligus menyehatkan lainnya adalah smoothie buah dan sayuran.

Smoothie bisa menjadi minuman pagi penambah energi yang memuaskan untuk menggantikan kopi Anda. "Menambahkan protein, seperti yogurt, akan membantu Anda kenyang. Smoothie adalah awal yang baik untuk memulai hari dengan karbohidrat, serat, antioksidan, dan protein," jelas Natalie Allen, ahli diet terdaftar dan instruktur ilmu biomedis di Missouri State University.

Itulah daftar minuman sehat pagi hari untuk menggantikan secangkir kopi. Selamat mencoba!

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "6 Minuman Sehat Pengganti Kopi di Pagi Hari",


Penulis : Alicia Diahwahyuningtyas
Editor : Inten Esti Pratiwi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×