Inilah 4 kondisi yang menyebabkan pusing dan mual

Jumat, 27 November 2020 | 10:36 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Inilah 4 kondisi yang menyebabkan pusing dan mual

ILUSTRASI. Ada banyak hal yang bisa menyebabkan pusing dan mual.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Hampir semua orang pernah merasakan pusing. Kondisi itu terasa semakin parah jika Anda juga mengalami mual. Pusing dan mual bisa disebabkan oleh banyak faktor, beberapa di antaranya akan dijelaskan dalam artikel ini. Dengan mengetahui penyebabnya, Anda bisa melakukan penganan dengan tepat.

Vertigo

Keseimbangan tubuh bisa bermasalah karena Anda mengalami vertigo. Saat penyakit tersebut kambuh, lingkungan di sekitar Anda terasa berputar meski Anda sedang melakukan aktivitas apa pun. Biasanya, vertigo bisa hilang seiring dengan berjalannya waktu.

Namun, Anda tetap perlu segera berkonsultasi dengan dokter agar kondisi kesehatan Anda tak semakin parah. Web MD (webmd.com) mengatakan bahwa gejala vertigo, seperti mual, muntah, dan pusing bisa diredakan dengan obat yang diresepkan dokter.

Alkohol

Pusing dan mual juga bisa disebabkan oleh konsumsi alkohol yang berlebihan. Alkohol akan menyempitkan darah Anda sehingga keseimbangan cairan di telinga Anda terganggu. Tak hanya itu, alkohol juga mampe menyebabkan iritasi perut sehingga mual tak bisa terhindarkan.

Baca Juga: 4 Cara mengatasi masuk angin agar badan kembali sehat

Tak hanya mual serta pusing, Anda juga bisa mengalami gejala lain akibat konsumsi alkohol yang berlebihan. Beberapa gejala yang dimaksud adalah wajah merah, penglihatan ganda, mengantuk, dan kemampuan refleks menurun.

Anda perlu membatasi konsumsi alkohol agar gejala tersebut tak Anda alami. Jika Anda kesulitan untuk berhenti mengonsumsi alkohol, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter. Jangan lupa untuk memeriksakan diri ke dokter jika Anda juga mengalami napas melambat, demam, kejang, dan muntah terus-menerus.

Hamil

Pusing dan mual bisa jadi salah satu tanda wal kehamilan.

Web MD menyebutkan bahwa pusing dan rasa mual di pagi hari bisa jadi tanda awal kehamilan. Hal itu disebabkan karena keseimbangan hormon dalam tubuh Anda mengalami perubahan. Kehamilan juga bisa ditandai dengan rasa lelah, payudara terasa sakit, sakit kepala, dan lebih sering buang air kecil.

Baca Juga: Penyebab sakit kepala sebelah kanan dan cara cepat mengatasinya

Gula Darah Rendah

Faktor lain yang menyebabkan pusing dan mual adalah jumlah gula darah yang terlalu sedikit atau disebut dengan istilah hipoglikemia. Biasanya, kondisi tersebut sering dialami oleh seseorang yang mengonsumsi obat diabetes.

Gejala hipoglikemia lain yang bisa Anda alami adalah kulit memucat, berkeringat, gemetar, dan sakit kepala. Untuk mengatasi hal itu, Anda bisa mengonsumsi sumber makanan yang mengandung karbohidrat, seperti jus buah, madu, soda, dan permen.

Selanjutnya: 3 Cara menghilangkan pusing, bisa pakai bahan alami

Editor: Belladina Biananda
Terbaru