3 Cara menghilangkan pusing, bisa pakai bahan alami

Rabu, 28 Oktober 2020 | 12:16 WIB   Penulis: Belladina Biananda
3 Cara menghilangkan pusing, bisa pakai bahan alami

ILUSTRASI. Ada beberapa cara menghilangkan pusing yang bisa Anda lakukan.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pusing bukanlah sebuah penyakit, tapi tanda kondisi bagian tubuh lain yang sedang bermasalah. Kondisi itu menyebabkan Anda merasa tidak seimbang dan lingkungan seperti berputar. Bahkan, Anda bisa merasa seperti akan pingsan. Cara menghilangkan pusing perlu dilakukan agar kondisi Anda tetap aman.

Ada banyak hal yang menyebabkan Anda merasa pusing. Healthline (healthline.com) mengatakan bahwa vertigo adalah salah satu penyebab pusing yang umum dialami oleh seseorang. Tak hanya itu, beberapa jenis pengobatan juga bisa menjadi penyebab.

Obat antidepresan dan penurun tekanan darah biasanya menyebabkan seseorang pusing. Selain vertigo dan beberapa jenis obat, dehidrasi, stroke, dan masalah pada sistem aliran dalam tubuh juga mampu menimbulkan pusing. Anda bisa mengatasi penyebab itu dengan beberapa cara berikut.

Bahan Alami

Cara menghilangkan pusing pertama yang bisa Anda coba adalah dengan memanfaatkan bahan-bahan alami. Jika penyebab pusing yang Anda alami adalah dehidrasi, maka cara mengatasinya adalah dengan minum banyak air.

Baca Juga: Cara menghilangkan mual bisa dilakukan dengan 5 makanan ini

Jahe merupakan bahan alami selanjutnya untuk mengobati pusing. Anda bisa mengonsumsi jahe dalam bentuk jahe atau suplemen. Namun, pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter dulu jika ingin mengonsumsi suplemen jahe, apalagi jika Anda sedang mengonsumsi jenis obat lain.

Mengutip dari Healhtline, mencukupi kebutuhan vitamin dan mineral juga bisa jadi cara menghilangkan pusing. Usahakan untuk memenuhi kebutuhan vitamin C, vitamin E, vitamin D, dan zat besi harian Anda. Beberapa jenis makanan yang bisa Anda konsumsi adalah jeruk, bayam, dan daging merah.

Obat

Selain bahan alami, pusing juga bisa diatasi dengan obat yang diresepkan dokter. Biasanya, Anda akan diberi obat pencegah migrain dan anticemas. Selain itu, Anda juga bisa minum obat lain, seperti diuretik atau antihistamin.

Baca Juga: Yuk, kenali 5 penyebab jantung berdebar ini

Terapi

Jika Anda sering mengalami pusing, berkonsultasi dengan dokter adalah pilihan yang tepat agar penyebab pastinya bisa ditentukan. Selain itu, Anda juga bisa mencoba beberapa jenis terapi, seperti akupuntur dan terapi fisik.

Akupuntur adalah jenis terapi dengan memasukkan sejumlah jarum di beberapa titik tubuh. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa jenis terapi ini mampu mengurangi pusing. Sedangkan terapi fisik digunakan untuk mengembalikan keseimbangan tubuh Anda.

Selanjutnya: 4 Cara mengatasi masuk angin agar badan kembali sehat

Editor: Belladina Biananda
Terbaru