Kesehatan Umum

Inilah 4 gejala penyakit asma yang wajib Anda waspadai

Selasa, 08 Juni 2021 | 12:13 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Inilah 4 gejala penyakit asma yang wajib Anda waspadai

ILUSTRASI. Sesak napas termasuk salah satu gejala penyakit asma yang sering dialami oleh banyak orang.

KONTAN.CO.ID - Asma terjadi saat peradangan muncul hingga mempersempit saluran pernapasan Anda. Tentu saja, gejala penyakit asma perlu Anda perhatikan. Dengan begitu, Anda bisa mendapat perawatan yang tepat dengan cepat.

Tidak hanya anak kecil, penyakit asma juga bisa dialami oleh orang dewasa. Maka dari itu, jangan beranggapan bahwa Anda tidak mungkin mengalami asma.

Bisa saja gejala penyakit tersebut tak cukup terlihat saat masih anak-anak, tapi semakin parah seiring bertambahnya usia Anda.

Setiap orang mengalami ciri-ciri penyakit asma yang berbeda. Namun, biasanya gejala yang muncul adalah sesak napas, batuk, nyeri dada, dan mengi.

Jika Anda mengalami gejala-gejala tersebut, jangan ragu untuk segera memeriksakan diri ke dokter.

Baca Juga: 5 Penyebab nyeri dada tengah ini perlu Anda waspadai

Sesak napas

Laman Asthma Australia menyebutkan, ada kondisi di mana silent symptom terjadi. Saluran pernapasan semakin sempit karena peradangan, tapi tak ada gejala apa pun yang Anda alami.

Seiring berjalannya waktu, asma semakin parah hingga akhirnya Anda mengalami sesak napas.

Sesak napas perlu segera ditangani, apalagi jika ada gejala lain yang lebih parah. Mulai dari tubuh yang lebih gelisah, tubuh terasa lesu dan lelah yang lebih kuat daripada biasanya, hingga kegiatan bernapas terasa lebih sulit daripada biasanya.

Batuk

Batuk adalah salah satu kondisi yang bisa terjadi karena berbagai macam hal, salah satunya asma.

Jika batuk terjadi secara terus-menerus, bahkan saat Anda tidur di malam hari, ada baiknya untuk segera memeriksakan diri ke dokter. Meski bukan asma, bisa jadi batuk adalah tanda penyakit yang lain.

Baca Juga: Ini lima cara mengatasi sesak napas dengan pengobatan rumahan

Nyeri dada

Salah satu gejala penyakit asma adalah nyeri dada.

Peradangan mengakibatkan saluran pernapasan semakin sempit sehingga Anda sulit bernapas. Hal itulah yang mengakibatkan muncul rasa nyeri di bagian dada, apalagi saat malam dan pagi hari.

Supaya gejala penyakit asam itu lebih terkontrol, ada baiknya untuk segera memeriksakan diri ke dokter.

Mengi

Mengi merupakan istilah yang merujuk pada suara tinggi yang keluar saat Anda bernapas. Hal itu terjadi karena saluran pernapasan menyempit.

Jika Anda terus mendengar mengi saat bernapas, Asthma Australia merekomendasikan Anda untuk segera berkonsultasi dengan dokter. Nantinya, dokter bisa memberikan perawatan tepat yang sesuai dengan kondisi Anda.

Selanjutnya: Bukan karena jantung, ini penyebab nyeri dada sebelah kiri

Editor: Belladina Biananda
Terbaru