kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45932,20   3,85   0.41%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

5 Penyebab nyeri dada tengah ini perlu Anda waspadai


Kamis, 20 Mei 2021 / 14:38 WIB
5 Penyebab nyeri dada tengah ini perlu Anda waspadai


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - Ada banyak hal yang jadi penyebab nyeri dada tengah. Biasanya, kondisi itu dikaitkan dengan masalah pada jantung atau paru-paru. Namun, ternyata masih banyak faktor lain yang menyebabkan timbulnya rasa nyeri, lo.

Laporan Medical News Today mengatakan, penyebab nyeri dada bisa karena otot di sekitar dada tegang. Tak hanya sebentar, otot yang meradang dapat menimbulkan rasa sakit yang berlangsung cukup lama.

Otot tegang yang terus dibiarkan tentu saja bisa mengganggu aktivitas Anda. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk segera memeriksakan diri ke dokter. Apalagi jika dibarengi dengan gejala yang lain.

Selain otot tegang, tentu saja masih banyak faktor lain yang menyebabkan nyeri dada.

Asma

Tahukah Anda bahwa asma jadi salah satu penyebab nyeri dada tengah? Asma menyebabkan saluran pernapasan bagian atas mengalami inflamasi atau peradangan.

Tidak hanya menimbulkan nyeri, asma juga ditandai dengan gejala lain. Misalnya, sesak napas atau batuk.

Baca Juga: Berdasarkan tipe, waspadai ciri-ciri penyakit jantung ini

Serangan panik

Serangan panik atau panic attack menyebabkan beberapa kondisi yang membuat tubuh Anda tak nyaman. Misalnya, nyeri dada, pusing, mual, detak jantung meningkat, dan produksi keringat yang lebih banyak dari biasanya.

Pneumonia

Pneumonia termasuk salah satu penyebab nyeri dada tengah.

Pneumonia adalah salah satu jenis infeksi yang menyerang paru-paru. Selain menyebabkan rasa tertekan di bagian dada, pneumonia menyebabkan penderitanya mengalami demam, kedinginan, dan batuk yang dibarengi dengan keluarnya lendir.

Serangan jantung

Masalah pada jantung jadi salah satu penyebab utama munculnya nyeri dada tengah. Ada banyak jenis penyakit jantung yang bisa Anda alami, tak terkecuali serangan jantung.

Anda bisa mengatahui serangan jantung terjadi dari beberapa hal. Mulai dari nyeri yang terasa di dada, rahang, dan punggung, sesak napas, dan pusing.

Medical News Today merekomendasikan Anda untuk segera menghubungi tenaga kesehatan jika diri Anda sendiri atau orang lain mengalami kondisi itu. Tujuannya, supaya penderita serangan jantung bisa mendapat perawatan yang tepat dan cepat.

Baca Juga: Asam lambung naik lagi? Ini minuman yang bisa membantu meredakan asam lambung tinggi

GERD

GERD atau gastroesophageal reflux disease adalah kondisi di mana katup antara lambung dan kerongkongan tak berfungsi secara normal. Akibatnya, asam lambung kembali naik ke saluran pencernaan atas.

Hal itu mengakibatkan munculnya heartburn atau sesansi terbakar di sekitar dada yang menimbulkan rasa nyeri. Selain itu, rasa asam juga kembali Anda rasakan.

Jika kondisi itu terus Anda alami, jangan ragu untuk memeriksakan diri ke dokter.

Selanjutnya: Waspadai ciri-ciri penyakit jantung agar tak semakin parah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×