O

Berdasarkan tipe, waspadai ciri-ciri penyakit jantung ini

Selasa, 18 Mei 2021 | 11:04 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Berdasarkan tipe, waspadai ciri-ciri penyakit jantung ini

ILUSTRASI. Nyeri dada termasuk salah satu ciri-ciri penyakit jantung yang sering terjadi. (Tribun Jateng/ Hermawan Handaka)


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ada banyak tipe penyakit jantung yang perlu Anda waspadai. Mulai dari serangan jantung, gagal jantung, dan lain-lain. Ciri-ciri penyakit jantung perlu Anda waspadai. Dengan begitu, Anda bisa mendapat perawatan yang tepat sesuai dengan kondisi Anda.

Salah satu tipe penyakit jantung yang dialami oleh cukup banyak orang adalah penyakit jantung koroner. Biasanya, kondisi itu ditandai dengan nyeri dada. Sayangnya, gejala penyakit jantung itu sering disalahartikan sebagai heartburn.

Selain nyeri dada, penyakit jantung koroner juga ditandai dengan gejala yang lain. Misalnya, sesak napas, detak jantung yang tidak beraturan, mual, dan volume keringat yang keluar meningkat. Selain mewaspadai gejala tersebut, masih ada gejala jenis penyakit jantung lain yang perlu Anda perhatikan.

Aritmia

Aritmia adalah kondisi di mana irama jantung mengalami gangguan. Mengutip dari Web MD (webmd.com), ada beberapa gejala yang bisa terjadi. Mulai dari dada berdebar, pusing, sesak napas, dada terasa tak nyaman, hingga pingsan. Segera periksakan diri ke dokter jika gejala itu sering terjadi.

Baca Juga: Waspada, ini 10 ciri-ciri gula darah tinggi

Gangguan Pada Katup Jantung

Katup jantung yang bermasalah dapat mengakibatkan kesehatan Anda terganggu. Ciri-ciri penyakit jantung yang Anda alami berupa sesak napas, pusing, dan detak jantung tak normal. Jika kondisi itu terus dibiarkan, Anda bisa mengalami gagal jantung.

Tentu saja ada gejala lain yang terjadi saat kondisi jantung semakin parah. Misalnya, kaki dan perut mengalami pembengkakan. Perut kembung pun menjadi sering Anda rasakan. Selain itu, katup jantung yang bermasalah juga berpengaruh pada berat badan yang bertambah.

Serangan Jantung

Serangan jantung jadi salah satu tipe penyakit jantung yang tidak boleh Anda abaikan. Web MD mengatakan bahwa gejala sakit jantung itu bisa berlangsung selama minimal 30 menit. Namun, tak menutup kemungkinan gejalanya berlangsung lebih lama.

Beberapa gejala serangan jantung adalah mual, muntah, detak jantung tak beraturan, nyeri dada, dan muncul rasa tersedak. Meski demikian, ada beberapa kasus di mana penderita serangan jantung tak mengalami gejala apa pun. Apalagi jika penderita tersebut menderita diabetes.

Baca Juga: Kenali 4 kemungkinan penyebab pembengkakan jantung

Gagal Jantung

Sesak napas termasuk salah satu ciri-ciri penyakit jantung.

Gagal jantung biasanya ditandai dengan beberapa hal. Mulai dari sesak napas, batuk, berat badan bertambah, kaki bengkak, detak jantung tak beraturan, dan kelelahan. Jika Anda mengalami ciri-ciri penyakit jantung tersebut, jangan ragu untuk memeriksakan diri ke dokter, ya.

Selanjutnya: Hati-hati, 4 hal ini bisa sebabkan nyeri dada sebelah kanan

Editor: Belladina Biananda
Terbaru