Kesehatan Umum

Inilah 4 gejala menopause yang bisa dialami wanita

Rabu, 02 Desember 2020 | 09:00 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Inilah 4 gejala menopause yang bisa dialami wanita

ILUSTRASI. Ada beberapa gejala menopause yang bisa dialami oleh wanita.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Seiring bertambahnya usia, wanita akan mengalami menopause. Gejala menopause mulai muncul biasanya setelah wanita berusia 40 hingga 50 tahun. Hal itu disebabkan karena ovarium dalam tubuh wanita tak lagi memproduksi sel telur sehingga siklus menstruasi berhenti.

Web MD (webmd.com) mengatakan bahwa seorang wanita dikatakan menopause jika sudah tak mengalami menstruasi selama 12 bulan secara berturut-turut. Dengan catatan bahwa wanita yang mengalami hal itu sedang tak hamil atau menderita penyakit tertentu.

Sebelum memasuki menopause, Anda akan mengalami perimenopause terlebih dahulu. Pada masa itu, siklus menstruasi Anda sudah mulai tidak tertaur. Anda tak akan tahu kapan pastinya menopause terjadi. Maka dari itu, memerhatikan tanda-tanda berikut ini perlu Anda lakukan.

Sulit Tidur

Selain siklus menstruasi yang mulai tak teratur, Anda bisa mengalami kesulitan tidur sebagai tanda menopause. Mungkin Anda sering terbangun di malam hari dan kesulitan untuk tidur lagi. Jika Anda tak yakin dengan kondisi kesehatan Anda yang terganggu, lebih baik konsultasikan diri ke dokter.

Baca Juga: 4 Penyebab haid lama ini perlu Anda waspadai

Merasa Murung

Perubahan hormon dalam tubuh Anda bisa membuat Anda lebih murung daripada biasanya. Web MD mengatakan, kondisi tersebut bisa semakin parah jika sebelumnya Anda sering mengalami kecemasan dan depresi.

Jika Anda merasakan hal itu, lebih baik segera lakukan yang bisa memperbaiki mood atau perasaan Anda. Cobalah untuk melakukan olahraga, meditasi, membuat jurnal, atau melakukan hobi. Jika perasaan murung tak kunjung hilang dalam beberapa minggu, segera konsultasikan diri ke dokter.

Mengalami Hot Flashes

Hot flashes adalah kondisi di mana tubuh Anda terasa panas secara tiba-tiba dan terjadi tanpa alasan. Beberapa tanda yang mungkin Anda alami adalah kulit menjadi merah dan jantung berdetak lebih cepat. Hot flashes yang terjadi di malam hari pun bisa mengganggu tidur Anda.

Baca Juga: Penebalan dinding rahim: tipe, penyebab, dan gejala yang perlu Anda waspadai

Web MD mengataka bahwa gejala menopause tersebut dialami wanita dalam durasi yang berbeda-beda. Ada yang mengalaminya dalam beberapa menit, tapi tak sedikit yang merasakan hot flashes selama beberapa jam.

Perubahan Fisik

Gejala menopause juga bisa Anda lihat dari perubahan fisik yang Anda alami. Menopause membuat rambut wanita menipis, berat badan dan lemak di sekitar perut bertambah, dan kesulitan bergerak karena sensi-sendi menjadi kaku.

Selanjutnya: Waspada, inilah 5 penyebab telat haid yang bisa Anda alami

Editor: Belladina Biananda
Terbaru