Inilah 4 bahan alami yang cocok dijadikan obat amandel

Jumat, 20 Agustus 2021 | 10:41 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Inilah 4 bahan alami yang cocok dijadikan obat amandel

ILUSTRASI. Bahan-bahan alami yang ada di sekitar Anda bisa dimanfaatkan sebagai obat amandel.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Radang amandel bisa menyebabkan rasa sakit di tenggorokan. Tak hanya itu, Anda mungkin juga akan merasa kesulitan untuk menelan. Supaya kondisi kesehatan tak memburuk, cobalah untuk mengobati masalah itu dengan obat amandel.

Biasanya, radang amandel terjadi karena infeksi. Anda tidak perlu khawatir karena biasanya sakit tenggorokan bisa hilang dengan sendirinya. Nah, bahan-bahan dalam artikel ini berguna untuk mempercepat proses penyembuhan.

Namun, jika sakit tenggorokan tak hilang dalam jangka waktu yang relatif lama, jangan ragu untuk segera memeriksakan diri ke dokter. Dengan begitum langkah perawatan yang tepat bisa segera Anda lakukan.

Madu

Mengutip Penn Medicine (pennmedicine.org), madu adalah salah satu bahan alami terbaik untuk mengobati sakit tenggorokan. Alasannya karena bahan alami itu mengandung banyak antioksidan sehingga inflamasi dapat berkurang.

Selain mengobati radang amandel, madu juga efektif jadi obat batuk, lo. Caranya, campur 2 sdm madu dalam segelas air hangat. Minum air madu itu beberapa kali dalam sehari sampai radang dan sakit tenggorokan menghilang.

Baca Juga: Tanpa ke apotek, bahan alami ini bisa menjadi obat amandel anak-anak dan dewasa

Teh Herbal

Teh herbal jadi bahan alami berikutnya yang cocok dijadikan obat amandel. Sama seperti madu, teh herbal, seperti teh hijau, mengandung banyak antioksidan serta antiinflamasi. Selain itu, mengonsumsi teh herbal juga mampu melumasi tenggorokan sehingga suara serak dapat Anda hindari.

Namun, beberapa jenis teh mengandung kafein yang cukup tinggi. Jadi, sebaiknya Anda baca komposisi teh pada labelnya terlebih dahulu. Hindari konsumsi jenis teh itu sebelum tidur di malam hari supaya waktu istirahat tak terganggu.

Lemon

Lemon termasuk dalam daftar bahan alami yang bisa digunakan sebagai obat amandel.

Tahukah Anda bahwa lemon bisa dipakai sebagai obat amandel? Vitamin C yang ada dalam lemon mampu meningkatkan sistem imun tubuh sehingga infeksi bisa dilawan dengan optimal. Caranya, campur air perasan lemon dalam segelas air hangat lalu minum campuran itu secara rutin.

Baca Juga: 5 Obat amandel, bisa pakai bahan-bahan alami

Air Garam

Supaya sakit tenggorokan akibat amandel bisa sembuh dalam waktu singkat, tak ada salahnya untuk menjatuhkan pilihan pada air garam. Kandungan dalam air garam mampu melawan infeksi bakteri penyebab sakit tenggorokan.

Cara yang perlu Anda lakukan pun sangat mudah. Pertama, campur ½ sdt garam dalam segelas air hangat. Setelah itu, gunakan air garam tersebut untuk berkumur. Pastikan untuk tidak menelannya supaya tak ada efek samping yang muncul.

Selanjutnya: Cara mengobati radang amandel yang mudah, bisa menggunakan bahan alam di rumah

Editor: Belladina Biananda
Terbaru