Tips Sehat

5 Obat amandel, bisa pakai bahan-bahan alami

Rabu, 05 Mei 2021 | 04:47 WIB   Penulis: Belladina Biananda
5 Obat amandel, bisa pakai bahan-bahan alami

ILUSTRASI. Madu bisa dimanfaatkan sebagai obat amandel.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Amandel merupakan salah satu bagian penting dalam tubuh Anda karena memproduksi antibodi. Dengan begitu, berbagai macam penyakit bisa Anda hindari. Saat kondisinya terganggu, Anda bisa menyembuhkannya dengan obat amandel.

Ada banyak cara menghilangkan amandel yang bisa Anda coba. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan bahan-bahan alami. Namun, perlu diingat bahwa bahan-bahan ini hanya berlaku sebagai obat sementara.

Jika amandel terus mengalami gangguan dalam jangka waktu lama, segera periksakan diri ke dokter. Dengan begitu, Anda bisa mendapat perawatan yang sesuai dengan kondisi kesehatan Anda. Beberapa bahan alami yang bisa Anda pakai adalah garam, madu, dan lain sebagainya.

Teh Hangat

Obat amandel pertama yang bisa Anda coba adalah teh hangat. Mengutip dari Emedi Health (emedihealth.com), teh hangat mampu mengurangi rasa sakit di bagian tenggorokan. Cobalah untuk menambahkan jahe sebagai sumber antimikroba agar rasa sakit bisa hilang dengan lebih cepat.

Baca Juga: 7 bahan alami yang efektif mengobati radang tenggorokan

Madu

Ada banyak nutrisi yang terkandung dalam madu sehingga bahan alami itu cocok digunakan sebagai obat amandel alami. Beberapa kandungan yang dimaksud adalah antiseptik, antiinflamasi, dan antimikroba.

Cobalah untuk mengonsumsi 1 sdm madu setiap hari sampai kondisi tenggorokan membaik. Meski demikian, sebaiknya jangan berikan madu pada anak yang berusia di bawah satu tahun. Hal itu perlu Anda lakukan untuk menghindari efek samping yang tidak diinginkan.

Garam

Air garam termasuk salah satu obat amandel.

Bahan alami berikutnya yang bisa dijadikan obat amandel adalah garam. Antiseptik yang terdapat dalam garam efektif meredakan peradangan dan iritasi di area amandel dan tenggorokan. Caranya, campur ½ sdt garam dalam 250 ml air hangat. Gunakan air tersebut untuk berkumur beberapa kali dalam sehari.

Konsumsi Makanan Dingin

Selain menggunakan bahan-bahan alami, cara menyembuhkan amandel juga bisa Anda lakukan dengan mengonsumsi makanan dingin, misalnya es krim. Meski demikian, usahakan untuk tidak mengonsumsi es krim secara berlebihan karena mengandung banyak gula yang justru dapat memperparah kondisi amandel.

Baca Juga: Inilah gejala dan cara mengatasi radang tenggorokan pada anak

Minum Banyak Air Putih

Cara mengatasi amandel lainnya yang direkomendasikan Emedi Health adalah dengan minum banyak air putih. Amandel yang meradang dapat mengiritasi tenggorokan di sekitarnya sehingga menimbulkan rasa sakit. 

Jika terus terjadi, Anda akan mengalami kesulitan untuk menelan atau berbicara. Jadi, cobalah untuk minum banyak air putih, ya. Anda bisa memilih air hangat supaya proses penyembuhan bisa lebih cepat.

Selanjutnya: Cara mengobati radang tenggorokan secara alami dan pakai obat

Editor: Belladina Biananda
Terbaru