kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Tanpa ke apotek, bahan alami ini bisa menjadi obat amandel anak-anak dan dewasa


Rabu, 18 Agustus 2021 / 07:02 WIB
Tanpa ke apotek, bahan alami ini bisa menjadi obat amandel anak-anak dan dewasa
ILUSTRASI. Cairan madu. Tanpa ke apotek, bahan alami ini bisa menjadi obat amandel anak-anak dan dewasa


Sumber: Kompas.com | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Obat amandel anak dan dewasa bisa dibeli di apotek. Selain obat amandel dari apotek, kita bisa memanfaatkan bahan alami yang tersedia di rumah untuk mengatasi amandel pada anak dan orang dewasa. Simak sejumlah bahan alami untuk obat amandel anak dan orang dewasa berikut ini.

Infeksi virus atau bakteri dapat menyebabkan amandel radang atau bengkak pada anak dan dewasa. Melansir Everyday Health, cara mengobati amandel pada anak dan orang dewasa perlu disesuaikan dengan penyebab mendasarnya.

Jika amandel disebabkan infeksi bakteri, dokter biasanya meresepkan obat antibiotik sesuai kuman biang penyakit dan kondisi kesehatan penderita. Pemberian obat tersebut untuk mencegah komplikasi dan mengurangi gejala penyakit.

Sedangkan radang amandel atau amandel bengkak karena infeksi virus biasanya bisa sembuh sendiri tanpa bantuan obat dalam waktu seminggu. Kendati begitu, proses penyembuhan amandel radang dan bengkak selama tiga sampai lima hari kerap menimbulkan rasa tidak nyaman.

Di antaranya sakit tenggorokan, sakit saat menelan, demam, suara serat, telinga sakit, sampai bau mulut. Bagi penderita yang sedang bergelut dengan masalah kesehatan ini, berikut beberapa obat amandel alami untuk anak dan dewasa yang bisa dijajal di rumah:

Baca juga: Cara mengatasi radang tenggorokan, 4 bahan alami yang bisa dipakai

1. Larutan garam

Obat amandel untuk anak dan orang dewasa yang pertama adalah larutan garam. Melansir Healthline, berkumur dengan larutan garam bisa digunakan sebagai obat alami untuk amandel bengkak dan radang pada anak dan orang dewasa.

Cara mengobati amandel radang dan bengkak dengan larutan garam cukup praktis. Anda tinggal melarutkan satu sendok teh garam ke dalam segelas air hangat. Gunakan larutan garam ini untuk berkumur selama beberapa saat dan beberapa kali sehari sampai sakit tenggorokan reda.

2. Licorice

Obat amandel untuk anak dan orang dewasa yang kedua adalah licorice. Permen pelega tenggorokan sakit yang mengandung licorice juga bisa digunakan sebagai obat amandel alami.

Ektrak licorice bersifat antiperadangan dan dapat membantu meredakan rasa sakit amandel yang sedang meradang dan bengkak. Perlu diingat, jangan memberikan permen pelega tenggorokan kepada anak kecil karena risikonya bisa tersedak.

Simak obat amandel untuk anak-anak dan orang dewasa di halaman selanjutnya




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×