kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45931,36   3,72   0.40%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini manfaat sirsak untuk kesehatan tubuh yang wajib Anda ketahui


Rabu, 22 Juli 2020 / 16:12 WIB
Ini manfaat sirsak untuk kesehatan tubuh yang wajib Anda ketahui
ILUSTRASI. Ilustrasi. Manfaat sirsak untuk kesehatan tubuh yang wajib Anda tahu.


Sumber: Kompas.com | Editor: Tri Sulistiowati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sirsak menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Bahkan, sirsak juga jadi obat herbal yang ampuh meredakan sejumlah penyakit.   

Sirsak, buah dengan daging berwarna putih yang manis dan sedikit asam. Selain memiliki rasa yang lezat, sirsak mengandung banyak vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh. 

Tidak hanya menyehatkan, sirsak juga memiliki khasiat sebagai obat herbal yang ampuh meredakan sejumlah penyakit seperti darah tinggi sampai kanker. 

Baca Juga: Daun sirsak ampuh menurunkan asam urat, begini cara konsumsinya

Agar tidak penasaran, berikut manfaat sirsak untuk kesehatan tubuh. 

1. Mengandung molekul antioksidan 

Molekul dengan sifat antioksidan dapat menangkal radikal bebas, atom tidak stabil yang dapat merusak sel dan menyebabkan penyakit berbahaya. 

Sirsak merupakan salah satu sumber antioksidan yang baik. Beberapa jenis molekul antioksidan di sirsak, yakni, tannin, saponin, pitosterol, flavonoid, anthraquinone. 

Secara keseluruhan, sirsak dapat menjaga kesehatan. Penelitian lebih lanjut diperlukan, untuk mengkaji manfaat buah sirsak untuk penyakit tertentu. 

2. Memiliki sifat anti-inflamasi 

Inflamasi sebenarnya merupakan mekanisme tubuh untuk melawan infeksi. Walau begitu, inflamasi yang kronis dapat memicu berbagai penyakit. 

Beberapa penelitian yang dilakukan pada hewan menyimpulkan bahwa sirsak berpotensi mengurangi pembengkakan, serta membantu meringankan inflamasi atau peradangan. 

3. Membantu menurunkan kadar gula darah 

Manfaat sirsak lainnya yakni menstabilkan kadar gula darah. Seperti yang Anda tahu, tingginya kadar gula merupakan kondisi yang berbahaya, karena dapat memicu berat badan berlebih (obesitas), serta penyakit jantung. 

Beberapa penelitian menemukan, sirsak dapat menstabilkan tingginya kadar gula dalam darah tersebut. Walau riset ini juga dilakukan pada hewan, bukan tak mungkin manfaat buah sirsak ini juga berlaku untuk manusia. 

4. Menurunkan tekanan darah 

Sirsak telah dikenal masyarakat sebagai tanaman obat, untuk menurunkan tekanan darah. Tekanan darah dapat meningkatkan risiko terhadap penyakit jantung, diabetes, dan stroke. 

Dalam sebuah riset yang dimuat jurnal Pharmaceutical Biology, sirsak memiliki potensi untuk menurunkan tekanan darah, tanpa berefek menaikkan detak jantung. 

5. Membunuh sel kanker 

Khasiat sirsak lainnya, yakni untuk melawan sel kanker. Beberapa penelitian telah membuktikan hal ini, walau riset-riset tersebut masih dilakukan dengan uji tabung di labotarium, seperti dengan memasukkan ekstrak buah sirsak ke dalam sel leukemia (kanker darah). 

6. Melawan bakteri 

Selain memiliki molekul antioksidan, sirsak juga diyakini dapat melawan bakteri. 

Beberapa riset, yang juga dilakukan dengan uji tabung laboratorium, menyimpulkan bahwa buah berdaging putih ini dapat melawan bakteri penyebab kolera, gigi berlubang, dan gingivitis (peradangan pada gusi). 

Tentunya, penelitian lebih lanjut diperlukan, untuk menguatkan bukti mengenai manfaat sirsak ini. 

Apa saja nutrisi buah sirsak? 

Dengan beragam manfaat buah sirsak tersebut, apa zat nutrisi yang ada di dalam buah ini? 

Dalam 100 gram sirsak, terkandung beberapa zat gizi sebagai berikut: 66 kalori 1 gram protein 16,8 gram karbohidrat 3,3 gram serat 34% dari rekomendasi takaran harian vitamin C 8% dari rekomendasi takaran harian kalium 5% dari rekomendasi takaran harian magnesium 5% dari rekomendasi takaran harian tiamin Selain zat gizi di atas, sirsak juga mengandung sedikit niasin, folat, zat besi, dan riboflavin (vitamin B2). 

Tidak hanya daging, bagian tanaman sirsak lainnya juga banyak digunakan sebagai pengobatan, seperti bagian daun dan batang. 

Penggunaan sirsak sebagai tanaman obat ini banyak dilakukan dengan mengolahnya ke dalam masakan, atau langsung menempelkannya pada kulit. 
Itulah beragam manfaat buah sirsak, dengan kandungan nutrisi yang juga menakjubkan.

Walau penelitian pendukung manfaat sirsak masih diujicobakan pada hewan, bukan tak mungkin khasiat tersebut juga bekerja pada manusia, karena kandungan nutrisinya.(Wisnubrata)

Baca Juga: Awas! Terlalu banyak minum air lemon berbahaya untuk kesehatan Anda

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Beragam Manfaat Buah Sirsak untuk Kesehatan"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Terpopuler
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×