CLOSE [X]

Ini Manfaat Jus Delima untuk Penderita Diabetes

Senin, 17 Januari 2022 | 16:57 WIB   Reporter: Tri Sulistiowati
Ini Manfaat Jus Delima untuk Penderita Diabetes

ILUSTRASI. Jus delima baik dikonsumsi penderita diabetes.


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sudah bukan rahasia bila jus delima kaya akan manfaat untuk tubuh. Ini manfaat jus delima untuk penderita diabetes yang telah dibuktikan penelitian. 

Jus delima tanpa gula kaya akan antioksidan yang baik untuk kesehatan tubuh. 

Baca Juga: Kabar Gembira! Jeruk Efektif Menurunkan Berat Badan

Mengutip dari WebMD, sebuah penelitian baru menunjukkan penderita diabetes yang minum jus delima selama tiga bulan memiliki risiko lebih rendah menderita pengerasan arteri. 

Tidak hanya itu, jus delima juga bermanfaat memperlambat penyerapan kolesterol jahat oleh sel-sel kekebalan tubuh. 

Sekedar info, penderita diabetes memiliki peningkatan risiko aterosklerosis yang berkontribusi terhadap penyakit jantung koroner, serangan jantung, dan masalah sirkulasi lainya. 

Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa antioksidan yang ditemukan dalam jus delima efektif membantu mengurangi risiko penyakit jantung yang terkait dengan diabetes. 

"Jus delima mengandung gula yang melekat pada antioksidan yang sebenarnya membuat gula ini melindungi aterosklerosis," kata Michael Aviram dari Fakultas Kedokteran Technion, Haifa, Israel. 

Asal tahu saja, penderita diabetes tidak bisa memproses gula secara normal dan disarankan untuk memantau asupan makanan dan minuman yang tinggi gula alami atau olahan termasuk jus buah. 

Jus delima menurunkan risiko diabetes. 

Hasil penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Aterosklerosis menyebutkan jus delima bisa menurunkan risiko diabetes. 

Jus delima tidak mempengaruhi kadar kolesterol secara keseluruhan, tapi para peneliti menemukan minuman tersebut bisa mengurangi penyerapan kolesterol jahat. 

Meskipun jus delima mengandung gula yang sama dengan jus buah lainnya, minuman ini tidak mempengaruhi penanda diabetes seperti kadar gula darah pada penderita diabetes. 

Baca Juga: Membantu Mengelola Gula Darah, Ini Cara Tepat Konsumsi Okra untuk Penderita Diabetes

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tri Sulistiowati

Terbaru