CLOSE [X]

Kabar Gembira! Jeruk Efektif Menurunkan Berat Badan

Senin, 17 Januari 2022 | 15:41 WIB   Reporter: Tri Sulistiowati
Kabar Gembira! Jeruk Efektif Menurunkan Berat Badan

ILUSTRASI. Buah jeruk efektif membantu menurunkan berat badan.


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Jeruk tidak hanya bermanfaat menurunkan risiko penyakit jantung. Penelitian menunjukkan jeruk bisa membantu menurunkan berat badan. 

Jeruk, buah yang populer. Jeruk memiliki rasa manis bila matang sempurna. 

Baca Juga: Selain Mual, Ini Tanda-Tanda Tubuh Kebanyakan Minum Air Putih

Selain lezat, jeruk kaya akan vitamin C dan lainnya. Mengutip dari FOOD NDTV, jeruk bersifat antioksidan dan antiinflamasi. 

Kabar baiknya, konsumsi jeruk dalam jumlah cukup setiap hari bisa membantu menurunkan berat badan dan mengatasi masalah kesehatan terkait. 

Para peneliti di Robarts Research Institute, Western University menemukan bahwa konsumsi sekitar dua setengah gelas jus jeruk sehari bisa mengatasi obesitas serta menurunkan risiko penyakit jantung dan diabetes. 

Kandungan nobiletin dalam jeruk manis dan jeruk keprok bisa mencegah dan mengelola obesitas. Temuan ini telah dipublikasikan dalam Journal of Lipid Research. 

"Obesitas dan sindrom metabolik yang diakibatkannya merupakan beban besar bagi sistem perawatan kesehatan dan hanya memiliki sedikit intervensi yang telah terbukti bekerja secara efektif, kami perlu melanjutkan penekanan ini pada penemuan terapi baru," kata Peneliti Murray Huff. 

Tim peneliti mempelajari efek nobiletin pada tikus dengan memberi mereka diet tinggi lemak dan tinggi kolesterol bersama dengan nobiletin. 

Hasilnya, tikus-tikus terlihat lebih kurus dan telah mengurangi tingkat resistensi insulin dan lemak darah dibandingkan dengan tikus-tikus yang diberi makan diet tinggi lemak dan tinggi kolesterol sana nobiletin. 

"Kami melanjutkan untuk menunjukkan bahwa kami juga bisa melakukan intervensi dengan nobiletin. Kami telah menunjukkan bahwa pada tikus yang sudah memiliki semua gejala negatif obesitas, kami bisa menggunakan nobelitin untuk menghilangkan gejala tersebut dan bahkan mulai mengurangi pembentukan plak di arteri yang dikenal sebagai aterosklerosis," jelas Murray. 

Baca Juga: Efektif Menurunkan Tekanan Darah, Ini Manfaat Daun Sirih untuk Kesehatan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tri Sulistiowati

Terbaru