Tips Sehat

Ini jenis diet yang terbukti efektif menurunkan berat badan Anda

Kamis, 15 Oktober 2020 | 11:30 WIB Sumber: Kompas.com
Ini jenis diet yang terbukti efektif menurunkan berat badan Anda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Anda ingin menurunkan berat badan? Ini jenis diet yang efektif menurunkan berat badan dan sudah dibuktikan secara ilmiah.  

Ada berbagai jenis diet atau pola makan yang bisa Anda terapkan sesuai gaya hidup. 

Baca Juga: Ingin punya berat badan ideal? Ini cara menurunkan berat badan tanpa diet ketat

Meski begitu, kunci utamanya adalah menentukan mana yang paling cocok untuk tubuh dan bisa Anda jalankan dalam waktu lama. 

Beberapa jenis diet terbukti efektif dan berdampak menyehatkan bagi tubuh secara ilmiah. Jika Anda masih mencari inspirasi diet yang cocok dan aman dilakukan, lima jenis diet berikut bisa kamu coba, seperti dilansir dari Healthline: 

1. Diet rendah karbohidrat, pangan alami 

Diet ini sangat sempurna untuk orang-orang yang ingin menurunkan berat badan, meningkatkan kualitas kesehatan dan menurunkan risiko terkena penyakit. 

Pola makan ini sangat fleksibel, dengan memungkinkan Anada untuk menyesuaikan asupan karbohidrat tergantung dari target Anda. Pada intinya, diet ini menekankan pada pentingnya memperbanyak konsumsi serat, sayur-sayuran, daging, ikan, telur, buah-buahan, kacang-kacangan, dan lemak sehat, namun minim makanan tepung-tepungan, gula dan makanan olahan. 

2. Diet Mediterania 

Pola makan yang pernah dinobatkan sebagai diet terbaik versi U.S. News & World Report ini telah terbukti secara ilmiah merupakan pola makan yang sehat. 

Diet Mediterania juga dinilai efektif untuk mencegah penyakit jantung. Diet ini menekankan pada konsumsi makanan yang banyak ditemui di wilayah Mediterania selama abad ke-20. 

Beberapa jenis makanan yang disarankan antara lain berbagai jenis sayur-sayuran, buah, ikan, unggas, gandum utuh, legume, produk susu, hingga minyak zaitun murni.

3. Diet Paleo 

Diet ini sangat populer dan dinilai efektif untuk mengejar target penurunan berat badan dan peningkatan kualitas kesehatan. 

Pelaku diet Paleo fokus mengurangi bahkan menghindari makanan olahan, gula rafinasi, pemanis buatan, produk susu, dan kacang-kacangan. Ini dimaksudkan untuk meniru cara leluhur manusia makan. 

Karena tidak menyertakan jenis makanan ringan populer, menerapkan diet Paleo mungkin terdengar sulit. Namun kini, ada banyak makanan ringan di toko yang dibuat khusus untuk pelaku diet paleo. 

4. Diet Vegan 

Pola makan vegan menjadi lebih populer dalam beberapa dekade terakhir dan kerap dikaitkan dengan sejumlah manfaat kesehatan, termasuk menurunkan berat badan, menyehatkan jantung dan mengontrol gula darah dengan lebih baik. 

Para pelaku diet vegan tidak mengonsumsi produk-produk dari hewan dan fokus mengonsumsi pangan nabati. Beberapa jenis dan kelompok makanan yang dikonsumsi para vegan antara lain legume, tahu dan tempe (makanan subtitusi daging), kacang-kacangan, biji-bijian, sayur, dan buah. 

5. Diet bebas gluten 

Metode ini penting untuk orang-orang yang memiliki masalah intoleransi gluten, protein yang ditemukan di dalam terigu dan gandum. 

Beberapa jenis makanan yang biasa diberi tambahan gluten, antara lain roti, pasta, sereal, kue, dan lainnya. Untuk manfaat kesehatan yang optimal, pelaku diet bebas gluten dianjurkan untuk fokus mengonsumsi pangan alami yang secara alami tidak mengandung gluten. 

Pangan alami yang dapat dikonsumsi antara lain daging, ikan, telur, susu, rempah, hingga sayur-sayuran dan buah-buahan. 

Jika Anda mengharapkan target tertentu dan ingin hasilnya optimal, berkonsultasilah dengan dokter dan mintalah saran pola makan mana yang sehat, aman dan sebaiknya Anda terapkan. 

Selain itu, penting untuk tidak sembarang mengikuti saran pola makan dari sumber-sumber yang tidak terpercaya.(Nabilla Tashandra) 

Baca Juga: Lagi diet? Air jeruk nipis dengan teh hijau bisa membantu menurunkan berat badan

Selanjutnya: Asam urat kambuh lagi? Daun sirsak bermanfaat sebagai obat herbal asam urat

 

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "5 Jenis Diet yang Terbukti Efektif Secara Ilmiah"

Editor: Tri Sulistiowati


Terbaru