Tips Sehat

Ini beragam manfaat rutin makan stroberi, termasuk mempertajam daya ingat

Rabu, 01 Juli 2020 | 14:12 WIB   Reporter: Belladina Biananda
Ini beragam manfaat rutin makan stroberi, termasuk mempertajam daya ingat

ILUSTRASI. Rutin makan buah stroberi untuk kesehatan. REUTERS/Fabian Bimmer

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kesehatan tubuh tentu perlu Anda jaga. Dengan mengonsumsi buah, misalnya. Dan, stroberi bisa menjadi pilihan karena punya banyak manfaat.

Tak hanya rasanya yang enak, stroberi juga mampu menangkal berbagai macam penyakit. Nah, berikut manfaat stroberi yang perlu Anda tahu:

Merawat kulit wajah

Kulit wajah menjadi salah satu area yang sangat sensitif. Bagi sebagian orang, jerawat menjadi masalah yang tidak pernah selesai.

Baca Juga: Mulai produksi ingatan palsu, itu tanda-tanda deja vu

Anda bisa mengatasi jerawat dengan rajin mengonsumsi stroberi. Selain vitamin C, stroberi juga mengandung AHA dan asam salisilat yang sangat berguna untuk menyembuhkan jerawat.

Selain dikonsumsi, stroberi juga bisa Anda olah menjadi masker wajah, lo. Caranya, pertama-tama, siapkan beberapa buah stroberi, kemudian blender hingga halus.

Tambahkan madu murni untuk memudahkan pengaplikasian masker. Tapi, Anda bisa juga mengganti madu dengan perasaan buah lemon, kok.

Masker wajah yang terbuat dari stroberi bisa Anda gunakan sebanyak satu hingga dua kali dalam seminggu.

Baca Juga: Wow! Ini loh manfaat teh lemon untuk kesehatan tubuh Anda

Menekan tingkat kolesterol

Selain untuk mengatasi jerawat, stroberi juga terbukti ampuh untuk menekan kadar kolesterol dalam tubuh. Sebuah penelitian menyebutkan, stroberi bisa menurunkan LDL.

Mencegah influenza

Stroberi memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi, yang bisa mencegah influenza. Sistem imun tubuh akan meningkat jika Anda mengonsumsi stroberi secara rutin. 

Mempertajam daya ingat

Bukan cuma bermanfaat untuk kesehatan tubuh, stroberi juga memberikan banyak kegunaan untuk fungsi otak. Buah ini terbukti mampu meningkatkan dan mempertajam daya ingat. 

Baca Juga: Makanan untuk menjaga kesehatan mata, berikut daftarnya

Hal tersebut tidak terlepas dari kandungan flavonoid yang ada dalam stroberi. Flavonoid memiliki fungsi sebagai anti-inflamasi serta anti-oksidan yang sangat berpengaruh pada kognitif manusia.

Editor: Belladina Biananda


Terbaru