Ini alasan kunyit baik dikonsumsi oleh penderita penyakit gagal jantung

Jumat, 05 November 2021 | 17:51 WIB   Reporter: Tri Sulistiowati
Ini alasan kunyit baik dikonsumsi oleh penderita penyakit gagal jantung

ILUSTRASI. Kunyit baik dikonsumsi oleh penderita gagak jantung.


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kunyit, rempah yang populer di dunia. Penelitian menyebutkan kunyit baik dikonsumsi oleh penderita gagal jantung. 

Jantung, organ tubuh yang memiliki fungsi vital yakni memompa darah ke seluruh tubuh. 

Baca Juga: Menurunkan gula darah, ini manfaat minum wedang jahe pagi hari

Agar tetap berfungsi maksimal, Anda harus menjaga kesehatan jantung. 

Ada banyak cara untuk menjaga kesehatan jantung seperti menjaga berat badan, olahraga secara rutin, dan menjalankan pola makan sehat. 

Selain melakukan ketiga hal di atas, Anda juga bisa mengonsumsi bahan alami yang berkhasiat memelihara kesehatan jantung. 

Kunyit, rempah-rempah yang tersohor di dunia dipercaya bisa memelihara kesehatan jantung, benarkah? 

Mengutip dari NDTV, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Applied Physiology, kurkumin dalam kunyit bisa memperbaiki intoleransi olahraga yang dihadapi pasien gagal jantung. 

Sekedar info, penderita gagal jantung mengalami penurunan fungsi ventrikel kiri - ruas jantung yang memompa darah ke seluruh tubuh yang disebut dengan fraksi ejeksi berkurang. Hal tersebut terkait dengan penurunan kemampuan untuk berolahraga.

Penelitian menunjukkan pengobatan menggunakan kurkumin bisa meningkatkan fungsi otot dan kapasitas latihan pada tikus dengan gagal jantung. 

Para peneliti dari University of Nebraska, Amerika Serikat berteori bahwa penurunan sinyal normal protein Nrf2 mungkin berperan dalam gangguan antioksidan. 

Enzim antioksidan mencegah dan memperbaiki kerusakan akibat stres oksidatif serta meningkatkan kinerja olahraga. 

Dalam penelitian ini, tim menggunakan objek sekelompok tikus dengan gagal jantung. Para peneliti memberikan pengobatan kurkumin, yang dikenal untuk mempromosikan aktivasi Nrf2 selama 12 minggu. 

Hasil penelitian menunjukkan Nrf2 meningkat dan kadar antioksidan pun meningkat pada tikus yang diberi pengobatan kurkumin. 

Selain itu, kelompok tikus tanpa gagal jantung yang diberikan kurkumin mengalami peningkatan kapasitas latihan bila dibandingkan kelompok yang tidak diberikan kurkumin. 

"Data ini menunjukkan bahwa aktivasi Nrf2 pada otot rangka dapat mewakili strategi terapi baru untuk meningkatkan kualitas hidup pasien gagal jantung dengan penurunan fraksi ejeksi," catat para peneliti. 

Namun, Anda disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi kunyit. 

Baca Juga: Negini aturan konsumsi seledri untuk menurunkan tekanan darah tinggi

Selanjutnya: Tidak ingin menderita ambeien? Hindari melakukan 7 kebiasaan ini

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tri Sulistiowati

Terbaru