Negini aturan konsumsi seledri untuk menurunkan tekanan darah tinggi

Kamis, 04 November 2021 | 18:50 WIB   Reporter: Tri Sulistiowati
Negini aturan konsumsi seledri untuk menurunkan tekanan darah tinggi


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Seledri memiliki aroma yang khas. Selain digunakan sebagai bumbu masak, seledri bermanfaat menurunkan tekanan darah tinggi, begini cara konsumsinya. 

Setiap orang wajib menjaga tekanan darah dalam nilai normal. Hal ini penting dilakukan agar Anda terhindar dari berbagai penyakit kronis. 

Baca Juga: Ini cara konsumsi lidah buaya untuk mengontrol gula darah

Asal tahu saja, tekanan darah tinggi menjadi salah satu pemicu munculnya penyakit jantung, stroke, dan lainnya. 

Mengutip dari clevelandclinic.org, semakin tinggi tekanan darah, semakin keras pula jantung bekerja. Tekanan darah juga bisa merusak pembuluh darah, ginjal, mata, dan otak. 

"Tekanan darah di atas 130/80 mmHg dianggap tinggi. Membatasi asupan natrium Anda di bawah 2.300 mg setiap hari bisa membantu mengontrol tekanan darah," kata Dr. Luke Laffin, MD, Departemen Kedokteran Kardiovaskular. 

Seledri menurunkan tekanan darah 

Seledri mengandung fitokimia yang disebut phthalides. Senyawa tersebut berperan untuk melemaskan jaringan dinding arteri untuk meningkatkan aliran darah dan mengurangi tekanan darah. 

Seluruh bagian seledri baik untuk dikonsumsi. Asal tahu saja, batang seledri rendah garam, mengandung serat, magnesium, dan kalium yang bermafaat untuk mengatur tekanan darah. 

"Untuk mendapatkan manfaatnya Anda harus makan seledri sekitar empat batang atau satu cangkir seledri cincang per hari," tambah Laffin. 

Selain mengonsumsi seledri, Anda sebaiknya mengonsumsi makanan dan minuman yang bermanfaat menurunkan serta mengontrol tekanan darah. 

Jangan lupa Anda luangkan waktu untuk berolahraga. Sebab, olahraga secara rutin membantu untuk mengontrol tekanan darah. 

Baca Juga: Begini cara konsumsi madu untuk menurunkan berat badan

Selanjutnya: Begini aturan konsumsi bawang putih untuk mengontrol gula darah

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tri Sulistiowati

Terbaru