kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45915,83   -3,68   -0.40%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini 9 Manfaat Bawang Bombay untuk Kesehatan Pria, Perbaiki Kualitas Reproduksi


Selasa, 26 September 2023 / 15:18 WIB
Ini 9 Manfaat Bawang Bombay untuk Kesehatan Pria, Perbaiki Kualitas Reproduksi
ILUSTRASI. Ini 9 Manfaat Bawang Bombay untuk Kesehatan Pria, Perbaiki Kualitas Reproduksi


Penulis: Bimo Kresnomurti

Manfaat Bawang Bombay - JAKARTA. Ketahui manfaat bawang bombay untuk kesehatan pria. Keberadaan bawang tentu tersedia dalam berbagai menu makanan sehat.

Bawang bombay merupakan salah satu jenis tanaman akar yang digunakan sebagai penyedap rasa alami. Bahkan, ini menjadi sumber multivitamin yang baik seperti Vitamin C dan Vitamin B dan kaya akan mineral seperti potasium, selenium, kromium, kalsium, dan fosfor.

Waktu terbaik untuk mengonsumsi bawang bombay adalah saat musim panas karena dapat membuat kita tetap sejuk dan memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

Bawang bombay mengandung banyak multivitamin dan mineral sehingga mengkonsumsi bawang bombay dalam bentuk mentah setiap hari dapat melindungi dari berbagai penyakit.

Baca Juga: 5 Buah untuk Usir Kolesterol Tinggi, Lebih Aman Tanpa Efek Samping

Onion Ring

Bawang bombay mengandung beragam nutrisi penting yang membantu mendukung kesehatan tubuh.

Kandungan nutrisi bawang bombay

Berikut adalah beberapa kandungan nutrisi utama dalam bawang bombay:

  • Karbohidrat: Karbohidrat adalah komponen utama dalam bawang bombay, menyediakan energi untuk tubuh.
  • Serat: Bawang bombay mengandung serat makanan, baik serat larut maupun tidak larut, yang bermanfaat untuk pencernaan, membantu mengontrol kadar gula darah, dan menjaga kesehatan usus.
  • Vitamin C: Vitamin C adalah antioksidan yang penting untuk sistem kekebalan tubuh, kesehatan kulit, dan penyerapan zat besi.
  • Vitamin B6 (Piridoksin): Vitamin B6 berperan penting dalam metabolisme, fungsi sistem saraf, dan produksi sel darah merah.
  • Folat (Vitamin B9): Folat adalah nutrisi penting selama kehamilan, membantu mencegah cacat pada janin. Folat juga berperan dalam pembentukan DNA dan sel-sel baru.
  • Mangan: Mangan adalah mineral penting yang berperan dalam metabolisme tulang, pembentukan jaringan ikat, dan fungsi otak.
  • Kalium: Kalium adalah mineral yang membantu mengatur tekanan darah, keseimbangan cairan tubuh, dan fungsi otot dan saraf.
  • Fosfor: Fosfor adalah mineral yang mendukung kesehatan tulang dan gigi, serta berperan dalam metabolisme energi.
  • Magnesium: Magnesium membantu menjaga kesehatan otot dan saraf, serta mengatur tekanan darah dan kadar gula darah.

Berikut beberapa manfaat utama bawang bombay untuk pria dirangkum dari laman Instacare.

Baca Juga: 5 Buah Terbaik untuk Rontokkan Kolesterol Jahat

Manfaat bawang bombay untuk kesehatan pria

1. Kesehatan reproduksi pria

Bawang bombay memiliki banyak sekali manfaat kesehatan bagi kehidupan seks pria. Bawang bombay merupakan makanan afrodisiak yang memperkuat organ reproduksi dan meningkatkan produksi testosteron.

Tingkat testosteron yang lebih tinggi meningkatkan stamina seksual pada pria, itulah mengapa bawang bombay sangat bermanfaat bagi pria. Bawang membantu meningkatkan jumlah sperma, kualitas sperma dan meningkatkan gerak sperma.

Bawang juga membantu dalam meningkatkan libido pada pria dan meningkatkan tenaga dengan meningkatkan kadar air mani. Bahkan, konsumsi bawang secara rutin juga membantu dalam mengobati disfungsi seksual seperti disfungsi ereksi dan mencegah ejakulasi dini.

2. Mengatur Kadar Kolesterol Darah

Bawang membantu mengatur kolesterol darah dan mengurangi hipertensi. Laki-laki yang mengalami obesitas memiliki jumlah LDL yang lebih tinggi yang dapat menyebabkan aliran darah buruk, penyumbatan arteri karena tingginya jumlah timbunan lemak.

Konsumsi bawang bombay mentah mengurangi low-density lipoprotein (LDL) atau kolesterol jahat sehingga meningkatkan sirkulasi darah dan merangsang flavonoid.

3. Mencegah Stroke

Enzim antioksidan seperti katalase dan glutathione peroksidase pada bawang bombay berperan sebagai pengencer darah sehingga membantu mencegah terjadinya stroke. Bawang bertindak sebagai koagulan darah untuk mencegah penggumpalan.

Penggumpalan darah dapat menyebabkan tekanan darah tinggi, stroke , dan serangan jantung. Dengan konsumsi bawang bombay dapat membantu menjaga tingkat tekanan darah normal.

4. Agen Anti Karsinogenik

Bawang membantu mencegah kanker usus besar. Bawang merah, seperti bawang putih, memiliki sifat anti-karsinogenik yang mencegah pembentukan kanker di usus besar.
Antosianin pada bawang bombay dapat membantu mencegah pertumbuhan karsinogenesis pada sel, juga mencegah kanker otak dan diabetes.

Ini bertindak sebagai agen anti kanker karena antioksidan flavonoid dan senyawa yang mengandung sulfur ada di dalamnya. Bawang bombay mengandung senyawa yang mengandung sulfur yang menghambat perkembangan tumor dan memperlambat penyebaran kanker ovarium dan paru-paru.

5. Mencegah Penyakit Tulang

Mineral seperti kalsium dan fosfor dalam bawang bombay membantu meningkatkan massa tulang, ketebalan tulang, dan kepadatan mineral tulang sehingga tulang lebih kuat dan mencegah penyakit tulang.

6. Cegah Kecemasan

Mineral tertentu dalam bawang bombay meningkatkan fungsi otak, memperbaiki jaringan otak, memudahkan memproses rangsangan otak, dan memulihkan daya ingat. Ini juga membantu mencegah kecemasan dan menghilangkan stres.

Mengonsumsi bawang bombay secara teratur dapat membantu menenangkan pikiran dan mencegah kecemasan pada pria, yang lebih mungkin menderita masalah mental dan kecenderungan untuk bunuh diri.

Bawang Bombay juga efektif dalam mendetoksifikasi kotoran di sel dan jaringan serta baik untuk bakteri lambung.

7. Kesehatan kulit terjaga

Bawang membantu menjaga kulit tetap sehat dan awet muda. Mengonsumsi bawang bombay dapat membantu menjaga kesehatan dan kulit tampak lebih muda.

Komponen antioksidan, antibakteri, dan antimikroba dalam bawang bombay melindungi kulit dan membantu mengurangi kerutan akibat penuaan, mengurangi flek hitam, mengobati jerawat, serta dapat memperbaiki warna kulit.

8. Peningkatan sistem kekebalan Tubuh

Bawang bombay mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan stamina. Fitokimia seperti senyawa organosulfur dan flavonoid yang ada dalam bawang bombay meningkatkan produksi antibodi dalam darah dan melindungi terhadap penyakit.

Meskipun bawang bombay tidak mengandung banyak kalori atau lemak, namun kandungan nutrisinya yang kaya membuatnya menjadi tambahan yang berharga untuk makanan sehat Anda. 

Demikian informasi terkait manfaat konsumsi bawang bombay untuk kesehatan pria khususnya untuk reproduksi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×