kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.008,41   -2,46   -0.24%
  • EMAS1.131.000 0,27%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini 8 Makanan untuk Mencegah Kerusakan Gigi Sejak Dini


Rabu, 08 November 2023 / 10:46 WIB
Ini 8 Makanan untuk Mencegah Kerusakan Gigi Sejak Dini
ILUSTRASI. Ini 8 Makanan untuk Mencegah Kerusakan Gigi Sejak Dini


Penulis: Bimo Kresnomurti

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kenali makanan sehat untuk mencegah kerusakan gigi sejak dini. Kondisi gigi dan mulut sehat tentu membuat Anda beraktivitas dengan baik.

Kerusakan gigi, yang juga dikenal sebagai karies gigi atau gigi berlubang, adalah kondisi di mana gigi mengalami degradasi atau kerusakan struktural akibat proses pembusukan yang disebabkan oleh bakteri dalam mulut.

Banyak penyakit terkait perkembangan gigi dari balita hingga orang dewasa. Hal ini dikarenakan setiap bagian gigi masih berkembang selama manusia hidup.

Tentunya, saat gigi berkembang Anda perlu mewaspadai adanya kerusakan dan penyakit yang bisa timbul.

Baca Juga: Ini 6 Bahaya Junk Food untuk Kesehatan dan Cara Berhenti Konsumsinya

Apa saja kerusakan gigi?

Gigi sehat

Berikut adalah penjelasan lebih lanjut tentang kerusakan gigi:

  • Pembentukan Plak: Kerusakan gigi dimulai ketika bakteri di mulut membentuk plak, lapisan lengket yang menempel pada gigi. Plak ini mengandung bakteri dan gula dari makanan dan minuman yang Anda konsumsi.
  • Asam dari Bakteri: Bakteri dalam plak mengubah gula menjadi asam melalui proses fermentasi. Asam ini dapat merusak lapisan pelindung gigi yang disebut enamel.
  • Demineralisasi: Asam yang dihasilkan oleh bakteri menyebabkan demineralisasi enamel, yaitu proses penghilangan mineral seperti kalsium dan fosfat dari lapisan gigi. Ini melemahkan enamel dan membuka pintu bagi kerusakan lebih lanjut.
  • Berkembangnya Lubang: Nah, proses demineralisasi terus berlanjut tanpa penanganan, lubang kecil atau gigi berlubang (karies) dapat terbentuk di enamel. Lubang ini bertindak sebagai "gerbang" untuk bakteri dan asam masuk lebih dalam ke gigi.
  • Kerusakan Lebih Lanjut: Saat tidak diobati, kerusakan dapat menyebar ke lapisan gigi yang lebih dalam, seperti dentin dan pulpa. Ini dapat menyebabkan rasa sakit, sensitivitas, dan infeksi yang lebih serius.

Baca Juga: Kenali 7 Minuman Campuran Madu yang Menyehatkan dan Bermanfaat untuk Tubuh

Makanan untuk mencegah kerusakan gigi

Nah, makanan yang sehat dan kebiasaan gizi yang baik dapat membantu mencegah kerusakan gigi dan mempertahankan kesehatan mulut Anda. 

Untuk itu, Anda bisa memasukkan menu makanan di bawah ini secara rutin ke dalam piring.

Simak daftar makanan untuk mencegah kerusakan gigi sejak dini dirangkum dari laman Orthodentics Australia.

1. Keju

Ada kabar baik bagi mereka yang menyukai papan keju yang enak – keju adalah makanan super untuk gigi karena kemampuannya melawan erosi asam pada gigi.

Setiap kali Anda makan dengan roti, permen, jeruk, atau soda, gigi Anda terkena kerusakan gigi yang menyebabkan asam.

Konsumsi keju setelah makan dapat melawan asam yang tertinggal saat makan, menjadikannya pilihan yang cocok untuk hidangan penutup.

Pastikan Anda memilih Keju lunak seperti brie dan camembert, cheddar, hingga stilton adalah pilihan yang sangat baik untuk mencegah kerusakan gigi.

2. Buah Jeruk

Salah satu buah ini mungkin sedikit mengejutkan, mengingat jeruk adalah buah yang masam. Namun, vitamin C dalam jeruk memperkuat pembuluh darah dan jaringan ikat serta memperlambat perkembangan penyakit gusi dengan mengurangi peradangan.

Anda bisa memilih jenis jeruk lainnya menjadi menu reguler dalam mangkuk buah, tetapi ingatlah untuk menunggu setidaknya setengah jam sebelum menyikat gigi setelah makan buah jeruk.

3. Ikan laut

Penting untuk mendapatkan cukup kalsium dalam makanan Anda untuk melindungi gigi dan gusi Anda dari penyakit. Namun, tubuh Anda tidak dapat menyerap semua kalsium tersebut jika Anda tidak memiliki cukup vitamin D.

Ikan berlemak (seperti salmon) adalah sumber vitamin D yang luar biasa, sehingga gigi dan gusi mendapatkan manfaat penuh dalam melawan penyakit. kalsium dari makanan yang Anda makan.

4. Air mineral

Air liur terdiri dari 99,5% air sehingga, dehidrasi dapat mengentalkan air liur, yang menyebabkan kerusakan gigi dan mulut. Kadar air yang optimal dalam air liur Anda sangat penting untuk pemecahan makanan, menetralkan asam bakteri dan mencegah kerusakan gigi.

Meskipun air masih belum sebaik sikat gigi dan benang gigi, air tetap dapat membantu mengurangi plak dengan membilas sisa-sisa makanan. Dengan bilasan air setelah minum kopi atau mengonsumsi makanan bernoda lainnya dapat membantu mengurangi noda pada gigi.

5. Sayur-sayuran

Sayuran berserat tinggi adalah pilihan terbaik sebagai cara mencegah kerusakan gigi. Kandungan seratnya yang tinggi sebenarnya 'menggosok' gigi seperti halnya sikat gigi dan merangsang produksi air liur karena perlunya mengunyah ekstra.

Salad sayuran memberikan manfaat kesehatan yang menyeluruh, dengan kandungan air yang tinggi dalam buah-buahan dan sayuran yang renyah dan berair juga membantu mengimbangi kandungan gulanya.

Anda bisa konsumsi sayuran seperti wortel, seledri, mentimun, dan apel segar. Nah, juga bisa membuat jus dari bahan tersebut tanpa tambahan gula.

6. Daun Seledri

Dalam hal merawat gigi, ada baiknya memilih seledri yang termasuk dalam kategori sayuran berserat tinggi. Makanan super renyah ini pada dasarnya membersihkan gigi dengan setiap gigitan lezatnya.

Fakta bahwa Daun Seledri perlu dikunyah dengan kuat juga menghasilkan banyak air liur yang melawan bakteri, sehingga bermanfaat bagi kesehatan mulut secara keseluruhan.

7. Bawang bombai

Meskipun Anda mungkin tidak suka memakan bawang mentah, konsumsi bawang dengan salad atau tumisan dengan bawang mentah akan mencegah kerusakan gigi.

Penelitian ungkap bahwa, bawang bombai bekerja untuk membasmi bakteri perusak baik di mulut maupun tubuh secara umum, menjadikannya makanan menyehatkan.

8. Teh hijau dan hitam

Kandungan polifenol, yang ditemukan dalam teh hijau dan hitam, berinteraksi dengan bakteri penyebab plak dengan membunuh atau menekannya. Bakteri memakan gula di mulut Anda dan, begitu mereka makan, mereka mengeluarkan asam yang merusak email gigi.

Hal ini membuat teh menjadi pilihan tepat saat atau setelah makan, karena dapat menekan keberadaan bakteri penghasil asam di mulut.

Itulah beberapa cara lewat makanan yang mencegah kerusakan gigi sejak dini sehingga mulut tetap sehat.

Selanjutnya: Porsi Pembiayaan Fintech SAMIR ke Sektor Produktif Capai 37,8% hingga Oktober 2023

Menarik Dibaca: Ini Cerita dari Para Pemain dan Sutradara Gadis Kretek yang Tayang di Netflix

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×