kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kenali 7 Minuman Campuran Madu yang Menyehatkan dan Bermanfaat untuk Tubuh


Minggu, 05 November 2023 / 08:30 WIB
Kenali 7 Minuman Campuran Madu yang Menyehatkan dan Bermanfaat untuk Tubuh
ILUSTRASI. Kenali 7 Minuman Campuran Madu yang Menyehatkan dan Bermanfaat untuk Tubuh


Penulis: Bimo Kresnomurti

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Simak rekomendasi minuman campuran madu yang menyehatkan tubuh. Konsumsi madu tentu cukup penting karena memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan.

Madu merupakan cairan alami yang manis dan kental yang dihasilkan oleh lebah dari nektar bunga atau sekret lainnya yang ditemukan pada bagian bunga.

Lebah mengumpulkan nektar ini, memprosesnya dalam tubuh mereka, dan mengeluarkannya melalui mulut untuk membentuk madu.

Kini Madu telah digunakan sebagai makanan, pemanis alami, dan obat tradisional selama ribuan tahun karena kandungan gizi dan sifat-sifat kesehatannya.

Baca Juga: 7 Ramuan Herbal Penumpas Asam Urat Ampuh dan Cara Membuatnya di Rumah

Tentu ada segudang manfaat madu yang baik untuk kesehatan bahkan sebagai pengganti gula.

Manfaat konsumsi madu

Air madu hangat

Kenali terlebih dahulu beberapa manfaat madu untuk kesehatan tubuh yang menakjubkan.

  • Sumber Energi: Madu mengandung glukosa dan fruktosa, dua jenis gula sederhana yang dapat dengan cepat diserap oleh tubuh sebagai sumber energi.
  • Antioksidan: Madu mengandung senyawa antioksidan seperti flavonoid dan polifenol, yang membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan oksidatif.
  • Pereda Batuk: Madu telah digunakan sebagai pengobatan tradisional untuk meredakan batuk dan tenggorokan yang sakit. Madu dapat membantu melapisi tenggorokan dan meredakan peradangan.
  • Luka dan Luka Bakar: Madu memiliki sifat antiseptik dan antibakteri alami. Penggunaan madu pada luka ringan atau luka bakar kecil dapat membantu proses penyembuhan dan mencegah infeksi.
  • Menyuburkan Kulit: Madu dapat digunakan dalam produk perawatan kulit karena kemampuannya untuk menarik kelembapan dan membantu menjaga kulit tetap lembap.
  • Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh: Kandungan antioksidan dalam madu dapat membantu mendukung sistem kekebalan tubuh.

Ada beberapa minuman madu yang bisa dikreasikan yang tentu juga menyehatkan tubuh. Anda bisa mencobanya dari rumah dengan beberapa resep beserta manfaatnya.

Intip beberapa minuman campuran madu yang menyehatkan tubuh dilansir dari Texas Specialty Beverage.

Baca Juga: Dibuang Sayang, Ini 7 Manfaat Kulit Lemon yang Menakjubkan

Minuman campuran madu yang menyehatkan

1. Air Madu

Ini adalah cara termudah dan termudah untuk mencampurkan madu ke dalam minuman Anda. Satu-satunya bahan lain yang Anda butuhkan adalah air hangat.

Terlebih lagi, Anda tidak perlu merebusnya air hangat sudah lebih dari cukup untuk minuman khusus ini.

Campiran madu dengan air hangat bukan minuman yang paling mengasyikkan atau beraroma, namun ini adalah cara yang mudah untuk membentuk kebiasaan dan mendapatkan manfaat kesehatan.

Penelitian ungkap bahwa meminum air madu hangat di pagi hari saat perut kosong membantu pencernaan. Selain itu, campuran minuman ini dapat menambah energi dan kalori dengan cepat.

2. Air Madu Lemon

Minuman campuran madu ini cukup menyehatkan bagi tubuh. Anda hanya perlu memeras jus lemon segar ke dalamnya, dan menambahkan 1-2 sendok teh madu.

Ada banyak klaim bahwa minuman ini khususnya sangat bermanfaat untuk menurunkan berat badan dan detoksifikasi secara umum.

Tentu saja, ini adalah klaim yang bersifat individual dan tidak dapat dianggap sebagai fakta, namun fakta bahwa minuman hangat ini menyehatkan untuk Anda tetap tidak berubah.

3. Susu Madu

Nah, selain air madu hangat adalah cara sempurna untuk memulai hari, ada juga opsi susu madu hangat sangat ideal untuk mengakhirinya.

Minuman ini dianjurkan pada malam hari sebelum tidur karena ini adalah cara yang bagus untuk mendapatkan nutrisi yang cukup dan meningkatkan perasaan relaksasi yang menenangkan dari dalam.

Tentu saja, Anda cukup mencampurkan madu dengan susu hangat, namun juga bisa bereksperimen dengan beberapa bumbu lain untuk menambah rasanya.

4. Smoothies dengan Madu

Apabila berbicara tentang minuman sehat yang rasanya enak, smoothies tidak akan salah. Terlebih lagi, ada banyak cara berbeda untuk menyiapkan smoothie karena ada banyak buah-buahan, makanan super, dan bahan-bahan lain yang dapat digunakan.

Dengan menambahkan madu sebagai pemanis juga dapat meningkatkan khasiat sehat dari keseluruhan smoothie. Minuman ini tentu jauh lebih bermanfaat dan bergizi dibandingkan menggunakan jus buah dan gula biasa.

5. Teh Madu

Peminum teh mungkin sudah menyadari hal ini, tapi tidak ada yang bisa mengalahkan penggunaan madu sebagai pemanis teh. Tentu saja, bagi yang lebih suka meminum teh tanpa pemanis mungkin juga tidak tertarik untuk menambahkan madu ke dalam tehnya.

Kini saat Anda cenderung menambahkan gula, pertimbangkan untuk menggantinya dengan madu.

6. Kopi Madu

Tidak semua jenis kopi cocok dipadukan dengan madu. Secara umum, campuran kopi yang lebih kuat dan terutama kopi hitam polos terasa luar biasa jika dimaniskan dengan madu.

Saat Anda lebih suka meminum campuran kopi ringan dan latte, Anda mungkin ingin mencoba menambahkan madu lembut untuk menguji perpaduan rasanya.

Sama seperti minuman lainnya, Anda bisa menambahkan bahan lain seperti vanilla, kayu manis, dan sebagainya dapat dengan mudah membantu menciptakan rasa kopi ideal.

7. Lemon dan Madu

Minuman campuran madu yang menyehatkan lainnya adalah lemon sebagai bahan dasarnya. Cara sederhana membuat lemon adalah dengan memeras jus lemon segar ke dalam air dingin.

Namun, minuman khusus ini bisa sangat asam, itulah sebabnya orang sering kali cenderung menambahkan banyak gula ke dalamnya.

Apabila Anda benar-benar tidak bisa hidup tanpa pemanis pada lemon, menggunakan madu sebagai pengganti gula adalah cara yang bagus untuk meningkatkan manfaat kesehatan.

Meskipun madu memiliki banyak manfaat, penting juga untuk mengonsumsinya dengan bijak karena mengandung gula. Bila Anda memiliki alergi terhadap produk lebah atau diabetes, sebaiknya konsultasikan dengan dokter sebelum mengonsumsi madu.

Itulah informasi terkait minuman campuran madu yang kaya manfaat untuk kesehatan tubuh.

Selanjutnya: Harga Emas Antam Hari Ini Berada di Rp 1.125.000 Per Gram, Minggu (5/11)

Menarik Dibaca: Kenali Kategori Aroma Minyak Wangi dan Tingkatannya, yuk

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×