kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45909,31   7,91   0.88%
  • EMAS1.354.000 1,65%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini 8 Makanan untuk Mencegah Kebotakan Dini hingga Rambut Rontok


Senin, 02 Oktober 2023 / 15:08 WIB
Ini 8 Makanan untuk Mencegah Kebotakan Dini hingga Rambut Rontok
ILUSTRASI. Ini 8 Makanan untuk Mencegah Kebotakan Dini hingga Rambut Rontok. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN


Penulis: Bimo Kresnomurti

Makanan untuk Mencegah Kebotakan - JAKARTA. Simak daftar makanan untuk mencegah kebotakan dini atau rambut rontok. Rambut sehat tentu memerlukan nutrisi yang penting termasuk untuk mencegah terjadinya kebotakan dini.

Kebotakan atau kerontokan rambut, dikenal juga dengan istilah medis alopecia, adalah kondisi di mana rambut pada kulit kepala atau bagian tubuh lainnya mengalami penipisan atau kehilangan.

Ini bisa terjadi secara parsial atau menyeluruh, dan bisa bersifat sementara atau permanen. Kondisi ini dapat mempengaruhi baik pria maupun wanita.

Pertumbuhan rambut bergantung pada mendapatkan asupan kalori total yang cukup. Pola makan yang berkepanjangan, terutama yang disertai dengan konsumsi protein yang tidak mencukupi, menyebabkan tubuh menghentikan pergantian sel rambut. 

Baca Juga: 10 Manfaat Menakjubkan Bawang Merah yang Jarang Diketahui, Baik Buat Diabetes

Kebotakan

Untuk itu, Anda pelu mengenal beberapa penyebab utama kebotakan berikut ini.

Penyebab kebotakan dini

Sederet penyebab kebotakan berikut ini bisa menjadi salah satu pemantik masalah tersebut:

  • Genetika (Alopecia Androgenetika): Faktor genetika adalah penyebab utama kebotakan pada banyak orang. Kebotakan genetik lebih umum pada pria dan dapat dimulai sejak usia remaja atau awal 20-an. Pada wanita, kebotakan genetik biasanya menghasilkan penipisan rambut di seluruh kepala.
  • Peradangan atau Penyakit Autoimun: Beberapa kondisi autoimun seperti alopecia areata menyebabkan sistem kekebalan tubuh menyerang folikel rambut, menyebabkan rambut rontok secara tiba-tiba dalam bentuk bercak.
  • Hormonal: Gangguan hormonal, seperti yang terjadi selama kehamilan, menopause, atau gangguan tiroid, dapat menyebabkan kebotakan sementara atau penipisan rambut.
  • Efek Samping Obat: Beberapa obat, seperti kemoterapi atau obat untuk kondisi medis tertentu, dapat menyebabkan kerontokan rambut sebagai efek samping.
  • Stres Fisik atau Emosional yang Ekstrem: Stres fisik atau emosional yang berlebihan dapat menyebabkan penipisan rambut atau bahkan kerontokan berlebihan dalam kondisi yang dikenal sebagai efluvium telogen.
  • Diet yang Buruk atau Kekurangan Nutrisi: Kekurangan nutrisi, terutama zat besi, protein, vitamin D, vitamin A, dan selenium, dapat mempengaruhi pertumbuhan rambut dan menyebabkan kebotakan.

Selain itu, ada beberapa nutrisi lain yang penting untuk menjaga kesehatan folikel rambut dan merangsang pertumbuhan rambut baru, seperti biotin, zinc, vitamin C, dan selenium.

Anda bisa konsumsi makanan di bawah ini untuk mencegah kebotakan dini yang bisa terjadi kepada siapa saja.

Simak sederet makanan untuk mencegah kebotakan dini atau gejala rambut rontok dilansir dari The Manual.

Baca Juga: 9 Khasiat Cuka Apel yang Jarang Diketahui, dari Turunkan Gula Darah Hingga Ketombe

Makanan untuk mencegah kebotakan dini

1. Telur

Telur

Telur adalah makanan yang baik untuk pertumbuhan rambut dan pencegahan kerontokan rambut karena merupakan sumber protein dan biotin yang sangat baik. Protein diperlukan untuk membentuk kolagen dan keratin, protein struktural pada rambut.

Biotin sangat penting untuk mencegah rambut rontok, dan kekurangan nutrisi ini dikaitkan dengan penipisan rambut. Kuning telur juga mengandung zat besi dan vitamin D, yang mendorong sirkulasi yang baik, sekaligus memberi nutrisi, untuk mencegah rambut rontok.

Terakhir, telur merupakan sumber L-lisin, asam amino yang terbukti mengurangi kerontokan rambut.

2. Bayam

Bayam padat nutrisi, menawarkan banyak senyawa pendukung rambut seperti zat besi, folat, vitamin c, magnesium, dan potasium.

Satu cangkir juga mengandung lebih dari 50% RDI untuk vitamin A, yang membantu produksi sebum, kondisioner rambut alami  yang mencegah rambut kering, pecah-pecah, pecah, dan mati.

3. Kedelai

Kacang kedelai

Kedelai, tahu, edamame, tempe, dan minyak kedelai mengandung fitoestrogen genistein, yang menurut penelitian dapat meningkatkan resistensi terhadap alopecia secara signifikan. Kandungan nutrisi Kedelai terdapat sumber asam amino yang diperlukan untuk membentuk sel-sel rambut baru.

Misalnya, produk ini mengandung 161% RDI untuk L-sistein, yang telah terbukti meningkatkan kepadatan rambut dan meminimalkan kerontokan rambut.

4. Labu

Vitamin A diketahui dapat meningkatkan kesehatan rambut dan kulit karena meningkatkan produksi sebum, minyak alami yang dikeluarkan pori-pori dan folikel rambut untuk menutrisi dan melembabkan rambut dan kulit kepala.

Labu merupakan salah satu sumber beta-karoten terbaik, yang diubah tubuh menjadi vitamin A. Bijinya juga merupakan sumber asam lemak dan seng yang menutrisi rambut.

5. Alpukat

Alpukat

Alpukat mengandung lemak esensial yang diperlukan untuk pertumbuhan rambut. Makanan ini juga merupakan makanan padat energi dan padat nutrisi, artinya makanan ini memiliki banyak kalori namun juga banyak nutrisi yang berharga.

Kalori sering mendapat reputasi buruk karena, jika berlebihan, menyebabkan penambahan berat badan, namun karena sel-sel folikel rambut termasuk di antara sel-sel yang paling, jika Anda mengalami defisit kalori yang berkepanjangan, penipisan dan kerontokan rambut adalah salah satu penyebabnya. dari manifestasi fisik pertama yang diperhatikan.

Oleh karena itu, karena ketersediaan energi yang rendah (akibat diet atau asupan kalori yang tidak memadai) dikaitkan dengan kerontokan rambut, jika kesulitan memenuhi kebutuhan kalori, ada baiknya menambahkan makanan padat energi seperti alpukat dan kacang-kacangan ke dalam porsi makan.

6. Ikan berlemak

Salmon, mackerel, herring, sarden, dan ikan berlemak lainnya  menyediakan asam lemak omega-3 yang diperlukan untuk membuat dan memelihara membran sel. Penelitian menemukan bahwa asam lemak esensial ini dapat mengurangi kerontokan rambut.

Misalnya, asam arakidonat telah terbukti merangsang proliferasi folikel rambut dan pertumbuhan rambut. Ikan berlemak juga mengandung vitamin D yang penting dalam siklus pertumbuhan rambut dan dapat merangsang pertumbuhan rambut serta mencegah rambut rontok.

Kekurangan vitamin D dikaitkan dengan kondisi rambut rontok, alopecia.

7. Kacang kenari

Kacang Kenari

Semua kacang-kacangan memberikan nutrisi penting untuk mencegah rambut rontok, seperti asam lemak esensial, vitamin E, seng, dan magnesium. Kacang kenari sangat kaya akan vitamin E, yang merupakan antioksidan yang penting untuk kesehatan membran sel.

Lemak omega dalam kacang-kacangan akan menghidrasi dan menutrisi folikel rambut serta meningkatkan produksi sebum untuk mencegah rambut kering dan menipis. Kacang kenari juga mengandung selenium yang merupakan nutrisi penting dalam memulai pertumbuhan rambut baru dan perkembangan folikel rambut.

8. Paprika merah

Kebanyakan buah-buahan dan sayur-sayuran mengandung sejumlah vitamin C, namun paprika merah merupakan sumber yang sangat ampuh. Nutrisi ini dikenal sebagai antioksidan kuat yang menetralkan radikal bebas dalam tubuh untuk mencegah kerusakan oksidatif pada sel dan penuaan sel dini.

Ini juga merangsang produksi kolagen, protein struktural yang penting untuk pertumbuhan rambut, kulit, dan kuku.

Vitamin C meningkatkan fungsi pembuluh darah, meningkatkan aliran darah ke kulit kepala, dan merangsang sintesis faktor pertumbuhan endotel vaskular (VEGF), yang mengatur pertumbuhan rambut dan ukuran folikel.

Terakhir, membantu penyerapan zat besi, yang juga diperlukan untuk kesehatan rambut dan sirkulasi. Sumber baik lainnya adalah buah jeruk, kiwi, dan beri.

Penanganan dan perawatan yang tepat dapat membantu mengatasi atau mengelola kondisi ini sesuai dengan penyebabnya.

Demikian informasi terkait makanan untuk mencegah kebotakan dini atau rambut rontok.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Terpopuler
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×