Tips Sehat

Ini 8 buah yang bisa menurunkan darah tinggi secara alami

Rabu, 31 Maret 2021 | 14:00 WIB Sumber: Kompas.com
Ini 8 buah yang bisa menurunkan darah tinggi secara alami

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Untuk menurunkan tekanan darah tinggi secara alami, bisa dilakukan dengan rajin makan buah dan sayur. Penderita tekanan darah tinggi perlu menjalankan pola makan sehat yang kaya serat, banyak mengandung potasium dan magnesium, dan minim natrium. 

Bagi Anda yang ingin mengendalikan hipertensi dengan buah, berikut rekomendasi buah untuk menurunkan darah tinggi: 

1. Stroberi dan blueberry 

Dilansir dari Medical News Today, buah beri seperti stroberi dan blueberry dapat membantu menurunkan darah tinggi. Studi menunjukkan, stroberi dan blueberry mengandung senyawa antioksidan jenis antosianin yang dapat menurunkan risiko tekanan darah tinggi. 

2. Pisang 

Pisang termasuk buah yang baik untuk penderita tekanan darah tinggi. Buah ini mengandung banyak potasium yang bisa menurunkan darah tinggi. 

Baca Juga: 5 Minuman yang efektif menurunkan tekanan darah tinggi

Menurut American Heart Association, potasium bisa mengurangi efek buruk natrium dan mengurangi ketegangan di dinding pembuluh darah. Hal yang perlu diperhatikan, penderita tekanan darah tinggi yang punya gangguan ginjal perlu berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi pisang atau makanan tinggi potasium lainnya. 

Mengonsumsi asupan mengandung potasium terlalu banyak bisa memperberat kinerja ginjal pada pengidap penyakit ginjal. 

3. Bit 

Bit juga termasuk makanan yang baik dikonsumsi penderita darah tinggi. Studi menyebut, penderita hipertensi yang minum satu cangkir jus bit setiap hari selama empat minggu memiliki tekanan darah yang lebih terkontrol. 

Baca Juga: Bisa tingkatkan sistem imun tubuh, ini 5 manfaat lemon

Efek minum jus bit ini dalam menurunkan darah tinggi nyaris sama dengan obat darah tinggi. Para ahli menyebutm kadar nitrat anorganik dalam bit dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi. 

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie
Terbaru