kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45845,50   -13,12   -1.53%
  • EMAS1.347.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini 7 Rekomendasi Menu Sarapan Pagi yang Menyehatkan Tubuh


Minggu, 08 Oktober 2023 / 10:05 WIB
Ini 7 Rekomendasi Menu Sarapan Pagi yang Menyehatkan Tubuh


Penulis: Bimo Kresnomurti

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Intip rekomendasi menu sarapan pagi yang sehat untuk tubuh. Kebutuhan makan pada pagi hari tentu dapat membantu aktivitas dalam satu hari.

Sarapan pagi merupakan makanan yang dikonsumsi setelah bangun tidur sebagai sumber energi untuk memulai hari.

Aktivitas sarapan pagi penting karena memberikan nutrisi dan energi yang dibutuhkan oleh tubuh setelah berpuasa selama waktu tidur.

Tubuh membutuhkan sarapan pagi yang sehat karena sarapan memberikan energi dan nutrisi yang diperlukan setelah periode puasa saat tidur malam.

Baca Juga: Ini 10 Makanan yang Tidak Boleh Dimakan saat Perut Kosong, Cek Selengkapnya

Sarapan pagi

Alasan pentingnya sarapan pagi

Berikut adalah beberapa alasan mengapa sarapan pagi penting:

  • Pemulihan Energi: Selama tidur, tubuh tidak menerima asupan makanan selama beberapa jam. Sarapan memberikan sumber energi yang diperlukan untuk memulai aktivitas sehari-hari, mengisi cadangan glukosa dalam tubuh, dan memulihkan tingkat gula darah yang seimbang.
  • Peningkatan Konsentrasi dan Kinerja Mental: Sarapan pagi yang sehat memberikan nutrisi penting yang mendukung kinerja otak. Karbohidrat kompleks dalam makanan sarapan memasok glukosa yang menjadi bahan bakar utama bagi otak. Nutrisi seperti vitamin B, vitamin C, dan omega-3 juga dapat meningkatkan fungsi kognitif, memori, dan konsentrasi.
  • Kontrol Berat Badan: Meskipun terkadang terdapat pandangan bahwa melewatkan sarapan bisa membantu menurunkan berat badan, beberapa penelitian menunjukkan bahwa sarapan yang sehat sebenarnya dapat membantu menjaga berat badan yang sehat. Dengan sarapan, Anda cenderung merasa lebih kenyang dan menghindari makan berlebihan saat makan siang atau makan malam.
  • Metabolisme yang Sehat: Sarapan pagi dapat membantu memulai dan mempercepat metabolisme tubuh. Dengan sarapan yang sehat, tubuh mendapatkan energi yang diperlukan untuk menjalankan fungsi-fungsi metabolik yang penting, termasuk pembakaran kalori dan pemrosesan nutrisi.
  • Asupan Nutrisi yang Seimbang: Sarapan yang sehat dapat memberikan kesempatan untuk mendapatkan berbagai nutrisi penting seperti serat, protein, vitamin, mineral, dan antioksidan. Memilih makanan yang kaya serat dapat membantu menjaga pencernaan yang sehat, sementara protein membantu dalam membangun dan memperbaiki jaringan tubuh.

Pilih makanan yang rendah gula tambahan, rendah lemak jenuh, dan kaya nutrisi untuk memulai hari dalam menu sarapan pagi.

Berikut adalah beberapa contoh menu makanan sarapan pagi yang sehat untuk tubuh dilansir dari Healthline.

Baca Juga: 7 Makanan Sehat Penurun Kolesterol Tinggi yang Bisa Dikonsumsi Setiap Hari

Sarapan pagi yang sehat

1. Telur rebus

Pilihan pertama adalah telur rebus dibandingkan dengan telur yang dimasak dengan minyak. Telur dapat sumber protein yang baik sehingga dapat menjadi pilihan sarapan pagi yang sehat.

Telur rebus, telur dadar tanpa minyak, atau omlet dengan tambahan sayuran seperti paprika, bayam, atau tomat dapat menjadi pilihan yang sehat.

Selain itu, kuning telur mengandung lutein dan zeaxanthin. Antioksidan ini membantu mencegah gangguan mata seperti katarak dan degenerasi makula.

Telur rebus yang rendah lemak juga menjadi salah satu sumber kolin terbaik, nutrisi penting untuk kesehatan otak dan hati.

2. Roti gandum

Opsi roti gandum utuh dapat menjadi sumber serat dan karbohidrat yang baik. Anda bisa membuat roti gandum panggang dan menambahkan selai kacang alami tanpa tambahan gula atau mentega alami.

3. Oatmeal

Pilihan sarapan pagi yang sehat salah satunya adalah oatmeal yang tinggi serat dan rendah gula tambahan. Tambahkan susu rendah lemak atau yogurt tanpa tambahan gula dan potongan buah segar.

Anda juga dapat menyiapkan overnight oatmeal pada malam sebelumnya untuk mendapatkan rasa yang lebih enak. Selain itu, kebutuhan protein untuk tubuh cukup terbantu dengan adanya konsumsi oatmeal secara rutin.

4. Smoothie

Campurkan buah-buahan segar, sayuran hijau seperti bayam atau kale, susu rendah lemak atau yogurt, dan tambahkan sedikit biji chia atau flaxseed untuk meningkatkan kandungan serat dan omega-3.

5. Havermut

Havermut merupakan sumber serat larut yang baik. Anda dapat memasak havermut dengan susu rendah lemak atau air, tambahkan potongan buah-buahan segar dan taburi dengan kacang atau biji-bijian.

Biasanya, Havernut dapat ditemui pada produk oatmeal yang sudah dicampur dengan bahan seperti kacang.

6. Yogurt

Selain itu, ada rekomendasi sarapan pagi yang sehat adalah Yogurt. Pilih yogurt rendah lemak atau yogurt Yunani yang kaya protein sehingga dapat membantu juga menutrisi sistem pencernaan.

Anda bisa menambahkan potongan buah-buahan segar, madu alami, atau granola rendah gula untuk rasa dan tekstur tambahan.

7. Buah-buahan

Buah-buahan segar seperti apel, pisang, stroberi, atau pir dapat menjadi sarapan yang mudah dan sehat. Anda bisa memakannya langsung atau mencampurkannya dengan yogurt atau oatmeal.

Pastikan untuk memilih makanan yang seimbang dan mengandung protein, serat, vitamin, dan mineral. Hindari makanan yang tinggi gula tambahan dan lemak jenuh.

Penting juga untuk memperhatikan porsi makan agar sesuai dengan kebutuhan tubuh sehingga membuat tubuh tetap bugar.

Setiap orang memiliki kebutuhan nutrisi yang berbeda, jadi pastikan untuk mencari saran dari ahli gizi atau dokter jika Anda memiliki kondisi kesehatan tertentu atau memiliki kebutuhan khusus.

Itulah sederet informasi mengenai rekomendasi menu sarapan pagi yang sehat untuk tubuh sehingga bisa menjadi menu pilihan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung Negotiation For Everyone

[X]
×