kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45987,90   -2,03   -0.21%
  • EMAS1.142.000 0,35%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini 7 Penyebab Badan Panas Dingin Menggigil, Tanda Dehidrasi hingga Anemia


Jumat, 25 Agustus 2023 / 14:05 WIB
Ini 7 Penyebab Badan Panas Dingin Menggigil, Tanda Dehidrasi hingga Anemia


Penulis: Bimo Kresnomurti

Penyebab Badan Panas Dingin - JAKARTA. Intip penyebab badan panas dingin menggigil meski tidak disertai demam. Kondisi tubuh tentu dapat menyesuaikan dengan kondisi lingkungan luar maupun hal terkait respon imun dan kelenjar lainnya.

Panas dingin dan menggigil adalah gejala berulang-ulang yang cepat dan tidak terkontrol dari otot-otot tubuh, terutama yang terkait dengan gerakan bergetar atau gemetar.

Selain itu, menggigil dapat terjadi di beberapa bagian tubuh atau melibatkan seluruh tubuh.

Apabila disertai dengan rasa panas dingin pada tubuh yang tidak konsisten bisa menjadi tanda tubuh sedang melawan perubahan suhu lingkungan hingga kondisi medis tertentu.

Baca Juga: Ibuprofen Obat Demam, Ini Jenis-Jenis, Kegunaan, dan Efek Samping Ibuprofen

Penyebab badan panas menggigil

Ini adalah respons alami tubuh terhadap beberapa faktor seperti suhu dingin, stres, kelelahan, atau kondisi medis tertentu.

Sehingga, secara normal kondisi panas dingin menggigil bisa berlangsung secara singkat.

Namun, apabila Anda merasakan rasa yang tidak enak pada badan disertai nyeri, itu bisa menjadi tanda penyakit tertentu.

Simak beberapa penyebab badan panas dingin menggigil yang terkait dengan kondisi tertentu dilansir dari Mens Heatlh.

Baca Juga: 5 Makanan yang Dihindari Penderita Sinusitis, Cek Pantangannya

Penyebab badan panas dingin menggigil

1. Olahraga saat Cuaca Dingin

Berolahraga di suhu dingin juga dapat menyebabkan kedinginan dengan cepat, terutama saat melakukan aktivitas berat.

Adanya otot yang aktif bisa menghasilkan panas, tetapi begitu berhenti berolahraga, panas tersebut akan hilang dan dapat menurunkan suhu tubuh.

2. Dehidrasi

Salah satu penyebab badan panas dingin menggigil adalah kondisi tubuh kekurangan cairan. Dehidrasi terjadi ketika tubuh kehilangan terlalu banyak cairan, karena berkeringat, muntah, atau diare.

Anda juga bisa kehilangan air jika berlari di hari yang panas atau hanya menghabiskan waktu di luar ruangan saat suhu naik.

3. Infeksi virus tertentu

Infeksi dapat menyebabkan menggigil dengan atau tanpa demam. Virus dapat bertindak langsung pada sistem saraf dan secara tidak langsung mempengaruhinya melalui molekul protein yang memberi tahu sel-sel saraf bahwa suhu tubuh terlalu rendah.

4. Kecemasan atau Ketakutan

Lonjakan adrenalin yang terjadi saat Anda takut atau stres berat? Itu bisa membuat tubuh merasa kedinginan atau membuat merinding.

Itu karena saraf adrenergik adalah bagian dari lingkaran sinyal kimia dan listrik yang mengaktifkan respons menggigil tubuh untuk sementara ketika mengalami kecemasan atau ketakutan.

5. Gula darah rendah

Gula darah rendah, atau hipoglikemia, bisa membuat merasa kedinginan dan gemetar. Apabila tubuh tidak memiliki cukup gula, tubuh akan mencari cara untuk mendapatkan lebih banyak energi dan mengaktifkan berbagai hal.

Salah satu hal yang diaktifkan adalah sistem saraf simpatik, yang mengakibatkan gejala seperti menggigil, berkeringat, jantung berdebar-debar, dan penglihatan kabur.

6. Hipotiroidisme

Hormon tiroid bertanggung jawab mengatur metabolisme dalam tubuh, dan pada akhirnya, metabolisme membantu mengontrol seberapa dingin atau hangat yang dirasakan.

Artinya, apabila kondisi ini terjadi ada permasalahan pada produksi kelenjar tiroid. Gejala umum lainnya termasuk kelelahan, penambahan berat badan, sembelit, kulit dan rambut kering, serta detak jantung melambat.

7. Anemia

Saat menderita anemia, Anda tidak memproduksi cukup sel darah merah, dan akibatnya, tubuh tidak mengalirkan oksigen sebanyak yang dibutuhkan.

Jika menggigil terjadi secara terus-menerus, terasa sangat kuat, atau disertai dengan gejala lain seperti pusing, pingsan, nyeri, atau kesulitan bernapas, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter. 

Demikian informasi terkait penyebab panas dingin menggigil yang bisa menjadi tanda penyakit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×