kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.405.000   -9.000   -0,64%
  • USD/IDR 15.370
  • IDX 7.722   40,80   0,53%
  • KOMPAS100 1.176   5,28   0,45%
  • LQ45 950   6,41   0,68%
  • ISSI 225   0,01   0,00%
  • IDX30 481   2,75   0,57%
  • IDXHIDIV20 584   2,72   0,47%
  • IDX80 133   0,62   0,47%
  • IDXV30 138   -1,18   -0,84%
  • IDXQ30 161   0,48   0,30%

5 Makanan yang Dihindari Penderita Sinusitis, Cek Pantangannya


Selasa, 08 Agustus 2023 / 14:39 WIB
5 Makanan yang Dihindari Penderita Sinusitis, Cek Pantangannya
ILUSTRASI. 5 Makanan yang Dihindari Penderita Sinusitis, Cek Pantangannya./pho KONTAN/Carolus Agus Waluyo/05/12/2011.


Penulis: Bimo Kresnomurti

Makanan Pantangan Penderita Sinusitis - JAKARTA. Simak daftar makanan yang dihindari oleh penderita sinusitis. Pantangan makan berikut ini tentu dapat membantu kurangi gejala yang mengganggu penderita.

Sinusitis merupakan kondisi di mana dinding-dinding sinus (rongga udara di dalam tulang wajah) menjadi meradang dan bengkak.

Nah, sinusitis biasanya disebabkan oleh infeksi virus atau bakteri yang mengganggu aliran udara dan lendir di dalam sinus, menyebabkan peradangan dan pembengkakan.

Kondisi ini dapat mengakibatkan gejala seperti hidung tersumbat, sakit kepala, nyeri wajah, dan produksi lendir yang berlebihan.

Baca Juga: 7 Manfaat Daun Mint untuk Kesehatan, Atasi Gangguan Pencernaan dan Redakan Nyeri

Hidung tersumbat

Sementara, penyebab sinusitis cukup beragam baik dari alergi hingga adanya kelainan struktural pada hidung.

Penyebab sinusitis

Berikut ini beberapa penyebab sinusitis secara umum

  • Infeksi Saluran Pernapasan Atas: Kondisi ini terjadi saat tubuh terinfeksi oleh infeksi virus, seperti flu atau pilek, sering kali menjadi pemicu sinusitis. Bakteri juga dapat menyebabkan infeksi sinus, terutama jika kondisi tidak membaik setelah beberapa minggu.
  • Alergi: Tubuh yang bereaksi terhadap alergen seperti serbuk sari, debu, bulu hewan, atau iritasi lainnya dapat merangsang peradangan di saluran sinus. Sehingga ini dapat menyebabkan sinusitis alergi.
  • Polip Hidung: Polip hidung adalah pertumbuhan jaringan yang bisa menghalangi saluran sinus dan menyebabkan peradangan kronis.
  • Perubahan Tekanan Udara: Perubahan tekanan udara yang cepat, seperti yang terjadi saat bepergian dengan pesawat atau menyelam, dapat menyebabkan masalah sinus dan memicu sinusitis.
  • Anomali Struktural: Deviasi septum hidung atau kelainan struktural lainnya dalam rongga hidung dapat mengganggu aliran udara dan menyebabkan infeksi.

Simak beberapa daftar pantangan atau makanan yang dihindari oleh penderita sinusitis dilansir dari Aentas Associates.

Baca Juga: 6 Langkah Cara Mengatasi Mimisan pada Anak beserta Penyebabnya

Pantangan atau makanan yang dihindari saat sinusitis

1. Produk susu

Saat sinusitis terjadi, ada banyak masalah sinus berasal dari lendir yang menebal sehingga bisa sangat mengganggu. Produk susu secara alami menghasilkan lendir yang lebih kental, yang dapat memperburuk masalah apa pun di sinus.

Artinya, sebaiknya batasi asupan susu Anda untuk mencegah hal ini terjadi.

2. Gula halus

Gula, khususnya gula rafinasi, merupakan produk inflamasi dan dapat meningkatkan pembengkakan saat dikonsumsi. Saat sinus bengkak, gula dapat memperburuk gejala dan menambah rasa yang mengganggu.

3. Cokelat

Selain itu, banyak makanan mengandung gula alami yang aman dikonsumsi, coklat dan banyak permen lainnya mengandung gula rafinasi.

Anda perlu berhati-hati dalam mengonsumsi makanan manis saat mengalami masalah sinus, karena mungkin mengandung bahan yang memperburuk gejala.

4. Makanan mengandung Histamin

Banyak makanan populer, seperti keju dan daging olahan, mengandung kadar histamin yang aman. Sinus adalah bagian sensitif dari tubuh, dan histamin dapat menyebabkan masalah jika ingin mendapatkan perubahan.

Hal ini karena tubuh merespons histamin seperti mengalami reaksi alergi yang sangat ringan.

5. Makanan gluten

Banyak orang bisa makan gluten tanpa masalah, tapi makanan ini dihinadri oleh penderita sinusitis. Zat gluten dapat menyebabkan hidung tersumbat atau pilek, yang sebenarnya ingin dapat dihindari jika memiliki masalah sinus.

Nah, Itu sebabnya gluten adalah salah satu makanan yang harus dihindari saat sinus mulai meradang.

Gejala sinusitis bisa bervariasi, mulai dari hidung tersumbat, pilek, nyeri wajah, hingga demam dan sakit kepala. Apabila gejala berlanjut atau semakin parah, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter.

Demikian informasi terkait makanan yang dihindari penderita sinusitis yang perlu diketahui.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mudah Menagih Hutang Penyusunan Perjanjian & Pengikatan Jaminan Kredit serta Implikasi Positifnya terhadap Penanganan Kredit / Piutang Macet

[X]
×