kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45991,60   -2,56   -0.26%
  • EMAS1.135.000 -0,09%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini 7 Manfaat Rebung Bambu untuk Kesehatan yang Tidak Terduga dan Efek Sampingnya


Sabtu, 10 Februari 2024 / 14:45 WIB
Ini 7 Manfaat Rebung Bambu untuk Kesehatan yang Tidak Terduga dan Efek Sampingnya
ILUSTRASI. Manfaat rebung untuk kesehatan juga berkaitan dengan kesehatan pencernaan.


Penulis: Virdita Ratriani

KONTAN.CO.ID - Ada banyak sekali manfaat rebung untuk kesehatan. Khasiat rebung pun jugax cukup beragam. Rebung adalah pucuk tanaman bambu yang dapat dimakan.

Di banyak negara Asia, konsumsi rebung terbilang tinggi karena banyak variasi makanan yang berbahan bambu muda tersebut. Salah satunya, lumpia. Namun demikian, tidak semua rebung bambu bisa diolah jadi masakan. 

Diperkirakan ada hingga 1.500 spesies bambu di seluruh dunia. Spesies tertentu seperti Bambusa vulgaris dan Phyllostachys edulis adalah jenis yang paling umum digunakan sebagai masakan. 

Baca Juga: Cek Khasiat Kapulaga untuk Tubuh yang Kerap Luput dari Perhatian

Tunas bambu biasanya dikupas sebelum dikonsumsi, karena bagian luarnya memiliki tekstur kayu yang tebal sehingga sulit dikunyah.

Masakan-masakan olahan rebung dapat ditemukan dalam berbagai bentuk, termasuk kering, segar, atau kalengan. Sebelum menambahkannya ke resep seperti tumis, kari, sup, dan salad, biasanya direbus, direndam, dimasak, atau diasamkan.

Lantas, apa saja manfaat rebung untuk kesehatan?

 Baca Juga: Apa Saja Manfaat Kangkung untuk Tubuh?

Manfaat rebung bambu

Manfaat sayur rebung pertama adalah karena kandungan gizinya.

Karena kandungan nutrisinya, manfaat rebung bambu sangat banyak. Nah, berikut ini sederet manfaat sayur rebung sebagaimana dilansir dari Healthline dan Nutmeds:

1. Kaya nutrisi

Manfaat sayur rebung pertama adalah karena kandungan gizinya. Pucuk bambu muda sangat bergizi dan mengandung banyak serat, tembaga, dan vitamin B6, dan E dalam setiap sajian.

Baca Juga: 5 Manfaat Kapulaga Untuk Kesehatan yang Tidak Terduga, Apa Saja?

Satu 155 gram rebung matang mengandung: 

  • Kalori: 64
  • Protein: 2,5 gram
  • Lemak: 4,5 gram
  • Karbohidrat: 5 gram
  • Serat: 2 gram
  • Tembaga: 19% dari kebutuhan harian (DV)
  • Vitamin B6: 14% dari DV
  • Vitamin E: 9% dari DV
  • Vitamin K: 3% dari DV
  • Riboflavin: 3% dari DV
  • Tiamin: 3% dari DV
  • Fosfor: 3% dari DV
  • Kalium: 3% dari DV
  • Besi: 3% dari DV

Baca Juga: Punya Banyak Antioksidan, Ini 5 Manfaat Kangkung untuk Kesehatan

Jadi, rebung sangat tinggi tembaga, mineral yang penting untuk kesehatan kulit, fungsi otak, dan lainnya.

Rebung juga merupakan sumber vitamin B6 yang bagus. Vitamin B6 adalah vitamin yang larut dalam air yang terlibat dalam lebih dari 140 reaksi biokimia dalam sel tubuh.

Selain itu, mengonsumsi rebung juga meningkatkan asupan vitamin E, yang berfungsi sebagai antioksidan kuat yang melindungi dari peradangan dan penyakit kronis.

Baca Juga: Catat 5 Manfaat Daun Kale Untuk Kesehatan Tubuh yang Tidak Terduga

2. Dapat menurunkan kadar kolesterol

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa khasiat rebung dapat membantu menurunkan kadar kolesterol sehingga dapat meningkatkan kesehatan jantung.

Misalnya, satu penelitian tabung reaksi menunjukkan bahwa serat yang diekstraksi dari sayuran ini memiliki khasiat penurun kolesterol yang kuat.

Baca Juga: Manfaat Kentang Untuk Kesehatan Tubuh, Ada 5 Hal yang Wajib Diketahui

Ditambah lagi, sebuah penelitian pada 2009 terhadap 8 wanita sehat menemukan bahwa mengonsumsi 12,7 ons (360 gram) rebung secara signifikan menurunkan kadar kolesterol jahat setelah 6 hari. 

Hal ini kemungkinan disebabkan oleh serat larut yang ditemukan dalam rebung. Serat larut menyerap air di usus dan dikaitkan dengan penurunan kadar kolesterol.

Baca Juga: Ayo Kenali 5 Manfaat Paprika Untuk Kesehatan Tubuh yang Tidak Terduga

3. Meningkatkan kesehatan usus

Manfaat rebung untuk kesehatan juga berkaitan dengan kesehatan pencernaan. Rebung adalah sumber serat yang bagus. Rebung mengandung 2 gram serat dalam setiap porsi 155 gram.

Serat dapat melancarkan buang air besar dan dapat melindungi tubuh dari wasir, divertikulitis, dan kanker kolorektal.

Baca Juga: Simak 5 Manfaat Daun Singkong yang Telah Terbukti Klinis, Apa Saja?

Menurut penelitian tabung reaksi, rebung juga bertindak sebagai prebiotik yakni asupan makanan untuk menunjang pertumbuhan bakteri baik tersebut.

Penelitian menunjukkan bahwa mikrobioma usus berperan penting dalam kesehatan dan membantu mencegah kondisi seperti penyakit jantung, kanker, diabetes tipe 2, depresi, dan obesitas.

Baca Juga: 6 Manfaat Pakcoy Untuk Kesehatan yang Teruji Klinis, Jangan Lewatkan!

4. Dapat mendukung penurunan berat badan

Manfaat rebung bambu juga sangat bagus untuk diet. Rebung rendah kalori tetapi tinggi serat. 

Serat dapat membantu merasa kenyang lebih lama di antara waktu makan. Berdasarkan studi dari 62 penelitian, peningkatan asupan serat meningkatkan penurunan berat badan dan lemak perut, bahkan tanpa melakukan modifikasi diet lainnya.

Baca Juga: 5 Cara Alami Mengatasi Neuropati Perifer Tanpa Konsumsi Obat

5. Kesehatan jantung

Ahli jantung merekomendasikan makan rebung setiap hari karena melindungi jantung dari berbagai penyakit. Manfaat rebung bambu yakni sarat dengan pitosterol dan fitonutrien.

Pucuk yang dikonsumsi dengan cara direbus dan difermentasi membantu membersihkan arteri yang tersumbat dan melarutkan kolesterol jahat atau LDL. 

Baca Juga: Persembahan untuk Leluhur yang Wajib Ada saat Perayaan Imlek di Indonesia

6. Perkuat imun

Manfaat rebung untuk kesehatan dapat membantu memperkuat imun tubuh. Rebung adalah gudangnya vitamin dan mineral, dan dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh. 

Untuk itu, rebung baik dikonsumsi selama awal musim hujan untuk menghindari infeksi virus dan bakteri. 

Nutrisi lainnya dalam sayuran rebung juga membantu mempertajam fungsi otak dan mencegah risiko penyakit neurodegeneratif.

Baca Juga: Manfaat Kentang Untuk Kesehatan Tubuh, Ada 5 Hal yang Wajib Diketahui

7. Anti-bisa

Manfaat rebung juga bisa digunakan sebagai anti-bisa. 

Di India, jus yang diekstraksi dari rebung bekerja melawan keracunan terutama dalam kasus gigitan ular, kalajengking, dan gigitan makhluk berbisa lainnya. 

Baca Juga: 8 Ramuan Alami yang Bisa Bikin Ambeien Langsung Kabur, Apa Saja?

Efek samping rebung

Manfaat rebung juga bisa digunakan sebagai anti-bisa.

Rebung segar mengandung racun sianida taxiphyllin. Namun, metode pemrosesan yang berbeda sangat mengurangi kandungan taxiphyllin-nya, membuatnya aman untuk dikonsumsi secara umum.

Untuk mengurangi jumlah taxiphyllin, pucuknya harus direbus atau direndam dan dikeringkan sebelum dikonsumsi. Rebung juga dianggap goitrogenik, artinya dapat memengaruhi fungsi kelenjar tiroid.

Baca Juga: Manfaat Kentang Untuk Kesehatan Tubuh, Ada 5 Hal yang Wajib Diketahui

Dalam satu penelitian tabung reaksi, senyawa tertentu yang diekstrak dari rebung menurunkan aktivitas sel kelenjar tiroid yang bertanggung jawab untuk memproduksi hormon tiroid.

Untungnya, mendapatkan cukup yodium dan selenium dalam makanan dapat membantu mencegah disfungsi tiroid. Memasak makanan juga dapat menonaktifkan enzim tertentu dan mengurangi jumlah goitrogen yang tersisa.

Nah, itulah sederet manfaat rebung bambu. Selain kaya nutrisi, khasiat rebung juga bisa menyehatkan jantung, peningkatan imun, hingga memperlancar pencernaan di usus. 

Selanjutnya: Harga HP POCO X6 Pro 5G Indonesia dan Spesifikasi

Menarik Dibaca: Rekomendasi 5 Anime Romcom Penuh Hiburan Segar

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Efficient Transportation Modeling (SCMETM) Supply Chain Management on Distribution Planning (SCMDP)

[X]
×