kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45891,73   17,34   1.98%
  • EMAS1.360.000 0,74%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini 7 Cara Menurunkan Berat Badan selain Olahraga yang Efektif Dilakukan


Kamis, 19 Oktober 2023 / 11:18 WIB
Ini 7 Cara Menurunkan Berat Badan selain Olahraga yang Efektif Dilakukan
ILUSTRASI. Ini 7 Cara Menurunkan Berat Badan Selain Olahraga yang Efektif Dilakukan


Penulis: Bimo Kresnomurti

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Simak cara menurunkan berat badan selain olahraga. Aktivitas dan pola hidup sehat tentu membantu Anda dalam mengurangi lemak beserta berat badan.

Aktivitas menurunkan berat badan adalah proses di mana seseorang secara sadar mengurangi berat badan dengan tujuan lebih sehat atau sesuai dengan target tertentu. Ini dapat melibatkan pengurangan lemak tubuh yang berlebih dan peningkatan kesehatan secara keseluruhan.

Tujuan menurunkan berat badan dapat bermanfaat untuk individu yang kelebihan berat badan atau obesitas karena dapat mengurangi risiko berbagai masalah kesehatan, seperti diabetes, penyakit jantung, dan tekanan darah tinggi.

Anda bisa memulai memilih makanan yang sehat dan seimbang adalah salah satu komponen utama dalam menurunkan berat badan.

Baca Juga: Ini 5 Makanan Penyebab Bau Kentut Tidak Sedap, Ada Telur hingga Brokoli

Cara menurunkan berat badan selain olahraga

Selain itu, dengan mengendalikan ukuran porsi makanan adalah cara efektif untuk mengurangi asupan kalori harian. Memahami seberapa banyak yang Anda makan dan menghindari makan berlebihan sangat penting.

Aktivitas fisik yang teratur juga membantu membakar kalori dan meningkatkan metabolisme tubuh. Latihan kardiovaskular dan latihan kekuatan adalah bagian penting dari rencana penurunan berat badan.

Nah, tak hanya itu, Anda bisa mengikuti cara menurunkan berat badan tanpa olahraga yang dimulai dari makanan.

Simak beberapa cara menurunkan berat badan selain olahraga yang bisa Anda lakukan dilansir dari laman Fitterfly.

Baca Juga: 11 Makanan & Minuman Pantangan untuk Penderita Diabetes, Bisa Bikin Gula Darah Naik

Cara menurunkan berat badan selain olahraga

1. Atur porsi makan

Salah satu perubahan pertama yang dapat dilakukan dalam rutinitas harian adalah memilih piring yang ukurannya lebih kecil. Jika Anda memiliki katori atau piring yang lebih kecil, otomatis Anda akan mengambil porsi makanan yang lebih kecil.

Ini berarti Anda secara otomatis akan mengurangi jumlah makanan yang Anda makan dan mengonsumsi lebih sedikit kalori. 

Ketika Anda mengonsumsi lebih sedikit kalori dan membakar lebih banyak kalori melalui gaya hidup sehari-hari, ini adalah langkah pertama untuk mengurangi berat badan.

2. Berhenti membeli junk food

Mulai berhenti membeli makanan tidak sehat atau junk food. Namun yang dapat Anda lakukan sebaliknya adalah menyimpannya sedemikian rupa sehingga terkadang Anda hanya memiliki akses mudah ke makanan tidak sehat tersebut.

3. Banyak mengunyah makanan

Setiap kali Anda makan, luangkan waktu lebih lama untuk mengunyah makanan. Dengan cara ini, Anda tidak hanya akan lebih menikmati rasanya, tetapi juga akan merasa kenyang lebih cepat.

Ini akan membuat Anda menikmati makanan sambil mengonsumsi lebih sedikit porsi. Mengunyah makanan dengan benar dan dalam jangka waktu yang lebih lama akan membantu memecah makanan dengan baik dan memudahkan tubuh mencernanya.

Saat Anda duduk di depan layar dan makan, mungkin sering tidak menyadari bahwa sudah kenyang, dan mungkin akhirnya makan lebih banyak dari yang seharusnya.

Bahkan jika Anda sedang duduk sendirian untuk makan, nikmatilah makanan dan luangkan waktu. Atau saat di rumah cobalah menjadikan waktu makan sebagai waktu keluarga, tanpa ada gangguan dari layar.

4. Minum lebih banyak air

Seringkali, tubuh kita salah mengartikan rasa haus sebagai rasa lapar.   Ada kemungkinan bahwa saat merasa lapar, sebenarnya haus, dan yang perlu lakukan hanyalah minum segelas air, bukan katori atau sepiring makanan.

Sebelum makan, minumlah setidaknya 1 atau 2 gelas air. Hal ini akan membuat Anda merasa kenyang dan otomatis mengurangi jumlah makanan. 

Selain itu, gantilah semua jus buah dan minuman manis yang dibeli di toko dengan air, dan ini akan membantu mengurangi jumlah kalori yang dikonsumsi secara positif.

5. Pilih protein lebih banyak

Konsumsi makanan yang kaya protein dapat membantu Anda merasa lebih cepat kenyang dan ini merupakan cara yang sangat efektif untuk menurunkan berat badan selain olahraga.

Ketika Anda merasa kurang lapar, otomatis mengonsumsi lebih sedikit kalori. Beberapa makanan yang kaya akan kandungan protein dan dapat disertakan dalam makanan rutin adalah telur, kacang-kacangan, kecambah, dada ayam, hingga almond.

6. Pilih makanan kaya serat

Serat sangat baik untuk mengurangi lemak secara keseluruhan di tubuh Anda. Hasilnya, ini merupakan tambahan yang bagus untuk rencana makan harian, terutama saat mencoba menurunkan berat badan tanpa olahraga.

Konsumsi makanan yang kaya serat akan membuat Anda lebih cepat merasa kenyang. Akibatnya, Anda akan terhindar dari makan berlebihan dan tidak akan mengonsumsi lebih banyak kalori.

Makanan sumber serat yang sangat baik adalah apel, jambu biji, buah pir, pisang, hingga ubi jalar.

7. Pastikan tidur berkualitas

Saat Anda mencoba menurunkan berat badan tanpa olahraga, penting bagi tubuh untuk mendapatkan kualitas tidur yang cukup setiap malam.

Jangan jadikan waktu tidur siang sebagai kompensasi atas kurang tidur di malam hari. Tubuh membutuhkan setidaknya 7 hingga 8 jam tidur berkualitas setiap malam agar metabolisme tetap berjalan lancar dan sebagai hasilnya, meningkatkan penurunan berat badan.

Kurangnya waktu tidur dapat meningkatkan produksi hormon kortisol, yang juga dikenal sebagai hormon stres.

Alangkah lebih baik, Anda tetap membuat kebiasaan olahraga yang disesuaikan dengan kesibukan. Tentu, aktivitas ini akan tetap mendukung metabolisme tubuh dalam diet Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Pre-IPO : Explained Supply Chain Management on Efficient Transportation Modeling (SCMETM)

[X]
×