kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini 6 penyebab hidung tak bisa mencium bau, apa saja?


Sabtu, 16 Oktober 2021 / 09:05 WIB
Ini 6 penyebab hidung tak bisa mencium bau, apa saja?


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Hidung tak bisa mencium bau lebih sering dikaitkan dengan gejala Covid-19. Padahal, masih banyak faktor lain yang membuat fungsi indra penciuman Anda menurun.

Sinusitis atau masalah pada saluran pernapasan adalah hal utama yang sering mengganggu indra penciuman Anda. Anda tak perlu khawatir karena hilangnya kemampuan indra penciuman karena faktor itu hanya bersifat sementara.

Saat saluran pernapasan bermasalah, biasanya produksi lendir meningkat. Nah, penumpukan lendir itu dapat menutup reseptor pembau sehingga Anda kesulitan untuk mencium aroma di sekitar Anda. Namun, jika inflamasi dan produksi lendir berkurang, kemampuan indra penciuman Anda akan kembali.

Kendati demikian, bukan berarti Anda bisa mengabaikan kondisi tersebut, ya. Tetap konsumsi obat yang diresepkan dokter atau memanfaatkan bahan alami supaya sinusitis tak bertambah parah. Selain sinusitis, beberapa faktor ini juga bisa jadi penyebab anosmia.

Baca Juga: Anosmia Covid-19 bisa sembuh sendiri? Simak informasinya

Efek Samping Obat

Beberapa jenis obat bisa membuat hidung tak bisa mencium bau.

Health Grades (healthgrades.com) menyebutkan bahwa hidung tak bisa mencium bau bisa terjadi karena efek samping obat. Antibiotik, antihistamin, dan jenis obat yang lain bisa menurunkan fungsi indra penciuman.

Terapi Radiasi

Selain obat, terapi radiasi juga bisa membuat indra penciuman tak berfungsi dengan normal. Kondisi itu bisa bersifat sementara atau permanen. Jadi, jangan ragu untuk membicarakannya dengan dokter supaya Anda bisa mendapat perawatan yang sesuai.

Merokok

Tidak hanya berdampak buruk bagi paru-paru dan jantung, merokok juga bisa mengganggu kemampuan indra penciuman Anda. Selain indra penciuman, zat beracun yang berasal dari rokok juga mengganggu indra pencecap. Untuk mengatasinya, cobalah untuk menghentikan kebiasaan buruk tersebut.

Tanda Penuaan

Hidung tak bisa mencium bau juga bisa terjadi karena tanda penuaan.

Mengutip dari Health Grades, menurunnya fungsi indra penciuman termasuk salah satu tanda penuaan. Biasanya, orang tua mulai mengalami kondisi itu setelah berusia 60 tahun. Tentu saja hal itu juga berpengaruh pada kemampuan indra pencecap Anda.

Baca Juga: Selain Covid-19, ini penyebab lain anosmia

Cedera Kepala

Hidung tak bisa mencium bau juga dipengaruhi oleh cedera kepala. Berdasarkan tingkat keparahan cedera kepala yang Anda alami, durasi hilangnya fungsi indra penciuman berbeda-beda. Tentu saja semakin tinggi tingkat keparahan, indra penciuman Anda semakin sulit untuk sembuh.

Genetik

Anosmia juga bisa terjadi karena faktor genetik, lo. Meski fungsi indra penciuman tak maksimal, kemampuan indra pencecap Anda masih bisa maksimal. Jadi, Anda masih bisa merasakan berbagai macam makanan dan minuman yang Anda konsumsi.

Selanjutnya: Cari cara mengatasi anosmia secara alami? Coba 4 bahan ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×