Ini 6 Opsi Buah yang Bagus untuk Ibu Hamil dan Bayi

Kamis, 13 Januari 2022 | 15:01 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Ini 6 Opsi Buah yang Bagus untuk Ibu Hamil dan Bayi

ILUSTRASI. Anda bisa mencoba beberapa buah yang bagus untuk ibu hamil.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Buah yang bagus untuk ibu hamil perlu Anda konsumsi secara teratur. Tidak hanya baik untuk kesehatan ibu, nutrisi dalam buah-buah berikut ini mampu menjaga dan meningkatkan kesehatan janin dalam kandungan.

Mengonsumsi makanan bergizi akan berpengaruh pada kesehatan jangka panjang janin. Makanya, memilih makanan yang tepat selama kehamilan perlu Anda lakukan. Tidak hanya itu, mengonsumsi makanan bergizi secara rutin juga dapat memaksimalkan penyerapan nutrisi yang dibutuhkan tubuh.

Artinya, kesehatan tubuh ibu dan janin akan tetap terjaga. Ada banyak pilihan buah yang bisa Anda konsumsi secara rutin. Mulai dari pisang, alpukat, semangka, dan lain sebagainya. Anda bisa mengombinasikan jenis buah itu dengan makanan bergizi lainnya.

Mangga

Selain jeruk, mangga juga termasuk dalam buah yang bagus untuk ibu hamil. Jenis buah tersebut mengandung banyak vitamin C dan vitamin A yang baik untuk daya tahan tubuh. Namun, usahakan untuk tidak mengonsumsi mangga secara berlebihan supaya tubuh tak kelebihan vitamin A.

Baca Juga: Anda Patut Waspada, Hindari 7 Pantangan Asam Lambung Ini

Jeruk

Melansir Mom Loves Best (momlovesbest.com), rasa manis dan asam yang dimiliki jeruk mampu meredakan rasa mual yang Anda alami saat hamil. Jeruk juga mengandung banyak air dan vitamin C yang berpengaruh pada sistem imun tubuh dan pembentukan jaringan pada janin.

Alpukat

Alpukat adalah salah satu jenis buah dengan segudang manfaat. Lemak sehat dan serat yang terkandung di dalamnya mampu membuat menekan rasa lapar Anda. Tidak berhenti sampai di situ, masih banyak manfaat alpukat yang bisa Anda dapat.

Zat besi dalam alpukat mampu mencegah penyakit kurang darah atau anemia. Sedangkan magnesium dan kalium yang terdapat dalam alpukat efektif mengatasi mual dan kaki kram selama kehamilan. Hal tersebut menunjukkan bahwa alpukat cocok dikonsumsi secara rutin saat Anda hamil.

Semangka

Semangka termasuk buah yang bagus untuk ibu hamil.

Mom Loves Best mengatakan bahwa semangka memiliki kandungan air hingga 92%. Artinya, mengonsumsi semangka bisa menghindarkan Anda dari dehidrasi. Selain mengandung banyak air, semangka juga mengandung gula alami, kalium, zinc, dan folat.

Baca Juga: Ini 6 Pantangan Asam Lambung yang Wajib Anda Jauhi

Jambu Biji

Tahukah Anda bahwa mengkosumsi jambu biji selama hamil merupakan hal yang baik untuk dilakukan? Jenis jambu itu dipenuhi dengan nutrisi penting, seperti vitamin C, vitamin A, fosfor, serat, dan lain sebagainya.

Pisang

Jika Anda mencari buah yang bagus untuk ibu hamil, maka pisang tidak boleh Anda lewatkan. Kandungan dan manfaat pisang mirip dengan alpukat. Misalnya, dapat menekan rasa lapar dan mengatasi kaki yang terasa kram.

Selanjutnya: 37 Kapal Angkut Batubara dari 21 Perusahaan Siap Berangkat Ekspor

Editor: Belladina Biananda
Terbaru