Anda Patut Waspada, Hindari 7 Pantangan Asam Lambung Ini

Rabu, 12 Januari 2022 | 14:33 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Anda Patut Waspada, Hindari 7 Pantangan Asam Lambung Ini

ILUSTRASI. Ada beberapa makanan dan minuman yang tergolong pantangan asam lambung.


KONTAN.CO.ID - Jumlah asam lambung dalam tubuh perlu Anda kontrol supaya tidak menimbulkan masalah. Salah satu cara yang bisa Anda coba adalah dengan menghindari makanan dan minuman yang jadi pantangan asam lambung.

Asam lambung dibutuhkan tubuh untuk mencerna makanan yang masuk. Namun, jumlah asam lambung yang terlalu banyak justru menyebabkan masalah. Misanyalnya, memicu kemunculan tukak lambung dan mengakibatkan GERD.

Perlu diingat bahwa menghindari konsumsi makanan-makanan ini hanya salah satu cara yang bisa Anda coba. Jika asam lambung terus mengakibatkan masalah kesehatan, jangan ragu untuk segera memeriksakan diri ke dokter, ya.

Makanan berlemak

Gastroenterology Consultants menyebutkan, makanan berlemak dapat memicu jumlah asam lambung. Jenis makanan itu dapat memperlambat pencernaan di lambung. Saat ada makanan yang mengendap, produksi asam lambung justru semakin bertambah.

Baca Juga: Ini 5 Pantangan Ibu Hamil yang Wajib Anda Waspadai

Bawang merah

Anda perlu berhati-hati terhadap bawang merah karena jenis bahan alami itu memiliki dampak buruk untuk kesehatan sistem pencernaan. Bawang merah dapat meningkatkan produksi lemak.

Tidak menutup kemungkinan Anda dapat mengalami heartburn atau muncul sensasi terbakar di bagian perut hingga mulut.

Makanan asam

Selain makanan berlemak, makanan asam jadi panyangan asam lambung berikutnya yang perlu Anda waspadai. Beberapa jenis makanan asam yang dimaksud adalah tomat, nanas, dan jus buah.

Tidak hanya itu, mengonsumsi makanan asam juga dapat memperparah GERD.

Cokelat

Cokelat termasuk salah satu pantangan asam lambung.

Tahukah Anda bahwa cokelat termasuk salah satu pantangan asam lambung? Kafein dan senyawa lain yang terdapat dalam cokelat dapat memicu asam lambung naik ke sistem pencernaan atas. Akibatnya, Anda bisa mengalami heartburn.

Alkohol

Pantangan asam lambung berikutnya yang sebaiknya Anda waspadai adalah minuman beralkohol. Kandungan dalam jenis minuman itu dapat memicu asam lambung naik ke kerongkongan hingga mulut.

Selain minuman beralkohol, minuman berkarbonasi pun sebaiknya Anda hindari.

Baca Juga: 5 Perbedaan Penyakit Rematik dan Asam Urat, Jangan Sampai Keliru

Kopi

Jika Anda ingin menurunkan asam lambung, usahakan untuk membatasi atau benar-benar tidak mengonsumsi kopi. Alasannya karena jenis bahan alami itu mengandung kafein tinggi.

Selain kopi, Anda juga perlu menghindari sumber kafein yang lain, misalnya teh atau cokelat.

Bawang Putih

Mengutip dari Gastroenterology Consultans, bawang putih juga berpengaruh pada produksi asam lambung. Apalagi, jika Anda mengonsumsinya dalam keadaan mentah.

Selain menyebabkan asam lambung tinggi, jenis bahan alami itu juga dapat menyebabkan sakit perut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru