Ini 6 Pantangan Asam Lambung yang Wajib Anda Jauhi

Senin, 03 Januari 2022 | 14:44 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Ini 6 Pantangan Asam Lambung yang Wajib Anda Jauhi

ILUSTRASI. Makanan pedas termasuk salah satu pantangan asam lambung.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Asam lambung Anda butuhkan untuk mencerna makanan dan minuman. Namun, jumlah asam lambung berlebih justru memicu masalah kesehatan yang lain. Supaya kesehatan Anda tidak terganggu, penting untuk Anda menghindari pantangan asam lambung.

Biasanya, asam lambung naik membuat Anda mengalami heartburn atau sensasi terbakar di sepanjang saluran pencernaan atas. Nah, hal itulah yang biasanya membuat Anda merasakan nyeri dada, sakit tenggorokan, dan lain-lain.

Apabila asam lambung naik terus Anda alami meski sudah menghindari beberapa makanan dan minuman di bawah ini, cobalah untuk periksa ke dokter. Nantinya, dokter akan menggabungkan hasil pemeriksaan dan gejala yang Anda alami untuk memberi saran pengobatan yang sesuai.

Makanan Pedas

Melansir Healthline (healthline.com), mengonsumsi makanan pedas bisa memperparah heartburn dan sakit perut akibat asam lambung berlebih. Alasannya karena makanan pedas biasanya memiliki banyak capsaicin yang bisa membuat saluran pencernaan iritasi.

Baca Juga: Waspada! 5 Pantangan Ibu Hamil Ini Perlu Anda Hindari

Alkohol

Pantangan asam lambung berikutnya yang perlu Anda waspadai adalah minuman beralkohol. Jika Anda memang ingin mengonsumsi jenis minuman itu, usahakan untuk mengonsumsinya dalam jumlah yang tidak berlebihan, ya.

Gorengan

Tahukah Anda bahwa gorengan termasuk salah satu pantangan asam lambung? Gorengan memiliki lemak tak sehat yang cukup tinggi sehingga berpengaruh buruk pada sistem pencernaan Anda. Tidak hanya gorengan, susu, keju, dan makanan berlemak lain juga bisa memberikan efek serupa.

Kafein

Salah satu pantangan asam lambung adalah kafein.

Kafein jadi hal lain yang perlu Anda waspadai untuk mencegah asam lambung naik. Sebenarnya, kandungan kafein tidak hanya Anda temukan di kopi, lho. Teh dan cokelat juga mengandung kafein, jadi Anda perlu memperhatikan porsi minuman tersebut jika ingin mengonsumsinya.

Baca Juga: 4 Pantangan asam urat yang wajib Anda waspadai, apa saja?

Buah dan Sayur

Cara mengobati asam lambung juga bisa Anda lakukan dengan menghindari beberapa jenis buah dan sayur. Healthline menyebutkan bahwa tomat, nanas, buah sitrus, bawang putih, dan bawang merah adalah beberapa jenis buah dan sayur yang konsumsinya perlu Anda perhatikan.

Obat Tertentu

Tidak hanya hal-hal di atas, beberapa jenis obat juga bisa memicu masalah kesehatan karena asam lambung. Mulai dari antibiotik, aspirin, suplemen vitamin, dan lain-lain. jika Anda mengalami gejala asam lambung setelah minum obat tertentu, jangan ragu untuk mengonsultasikannya ke dokter.

Selanjutnya: Konten Ilegal Bikin Google Harus Bayar Denda Rp 1,3 Triliun di Rusia

Editor: Belladina Biananda
Terbaru