Waspada! 5 Pantangan Ibu Hamil Ini Perlu Anda Hindari

Senin, 27 Desember 2021 | 10:52 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Waspada! 5 Pantangan Ibu Hamil Ini Perlu Anda Hindari

ILUSTRASI. Ada beberapa pantangan ibu hamil yang sebaiknya Anda perhatikan.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Salah satu hal penting yang perlu Anda lakukan selama hamil adalah memperhatikan makanan dan minuman apa saja yang Anda konsumsi. Anda perlu mewaspadai pantangan ibu hamil supaya kesehatan tubuh Anda dan janin tidak banyak terganggu.

Ada beberapa jenis makanan dan minuman yang dapat mengganggu kondisi janin dalam kandungan. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, tentu saja Anda perlu memerhatikan makanan dan minuman apa saja yang masuk ke tubuh Anda.

Untuk lebih memastikan, Anda bisa berkonsultasi dulu dengan dokter. Alih-alih mengonsumsi makanan-makanan dalam artikel ini, biasanya dokter akan memberikan saran menu sehat yang lain. Apalagi jika Anda memiliki kondisi kesehatan tertentu.

Daging

Daging mentah jadi salah satu jenis makanan yang sebaiknya tak Anda konsumsi selama hamil. Meski memiliki persentase yang rendah, mengonsumsi daging mentah dapat mengakibatkan keguguran. Selain itu, Anda juga perlu menghindari konsumsi jeroan karena bisa mengganggu pertumbuhan dan perkembangan janin.

Baca Juga: Cocok untuk Diet, Coba 5 Makanan Rendah Kalori Ini, yuk

Ikan

Beberapa jenis ikan termasuk dalam pantangan ibu hamil, lo. Mengutip dari NHS (nhs.uk), Anda perlu membatasi konsumsi ikan tuna. Alasannya karena jenis ikan itu mengandung merkuri yang cukup tinggi. Merkuri yang masuk ke tubuh Anda dapat membahayakan kesehatan tubuh janin dalam kandungan Anda.

Selain ikan, sebaiknya hindari konsumsi kerang mentah. Kerang mentah mengandung banyak bakteri, virus, atau zat racun yang berbahaya untuk tubuh. Alih-alih mengonsumsi jenis makanan itu, cobalah untuk mengonsumsi ikan atau seafood lain yang sudah dimasak.

Telur

Telur mentah termasuk salah satu pantangan ibu hamil.

Telur mentah atau setengah matang jadi pantangan ibu hamil berikutnya yang perlu Anda perhatikan. Selain telur ayam, telur bebek atau telur puyuh juga perlu dimasak hingga benar-benar matang agar tak membahayakan kesehatan Anda dan janin.

Telur yang masih mentah atau setengah matang rentan mengandung Salmonella. Meski tidak mengganggu pertumbuhan dan perkembangan janin dalam kandungan, Salmonella dapat menyebabkan keracunan makanan.

Baca Juga: Inilah 5 bahaya asam lambung yang wajib Anda waspadai

Suplemen Vitamin

Mengonsumsi suplemen vitamin memang bisa jadi salah satu cara menjaga kesehatan. Sayangnya, mengonsumsi suplemen vitamin selama hamil cukup berisiko, apalagi suplemen vitamin A. jika Anda memang ingin mengonsumsi jenis suplemen itu, jangan lupa untuk berkonsultasi dulu ke dokter, ya.

Kafein

NHS menyebutkan bahwa ibu hamil sebaiknya tak mengonsumsi kafein secara berlebihan. Usahakan untuk tidak mengonsumsi lebih dari 200 mg kafein per hari. Ada banyak sumber kafein selain kopi yang perlu Anda perhatikan. Misalnya, cokelat hitam atau susu cokelat, teh, minuman berkarbonasi, dan lain-lain.

Selanjutnya: PrismaLink Fokus Kembangkan Produk dan Fitur Baru pada Tahun Depan

Editor: Belladina Biananda
Terbaru