kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45934,63   6,99   0.75%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini 6 Obat Herbal untuk Menurunkan Tekanan Darah Tinggi yang Efektif


Kamis, 26 Oktober 2023 / 09:35 WIB
Ini 6 Obat Herbal untuk Menurunkan Tekanan Darah Tinggi yang Efektif
ILUSTRASI. Ini 6 Obat Herbal untuk Menurunkan Tekanan Darah Tinggi yang Efektif


Penulis: Bimo Kresnomurti

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kenali daftar obat herbal untuk tekanan darah tinggi atau hipertensi. Kondisi tubuh dengan tekanan darah yang tinggi tentu memicu gangguan kesehatan lain.

Salah satu cara mengobati hipertensi adalah penggunaan obat herbal tekanan darah tinggi. Kini sudah banyak penelitian yang menemukan banyak bahan alami yang cukup mudah untuk dikonsumsi sebagai obat hipertensi.

Tekanan darah tinggi menyulitkan jantung untuk mengantar darah ke seluruh bagian tubuh. Tentunya, darah berisi oksigen dan nutrisi penting yang dibutuhkan sel-sel di seluruh tubuh untuk bisa berfungsi secara optimal.

Anda perlu mengontrol tekanan darah supaya lebih stabil. Anda perlu melakukan olahraga secara rutin dan mengatur makanan apa yang Anda konsumsi sehari-hari.

Hipertensi, atau tekanan darah tinggi, adalah kondisi medis yang memerlukan perawatan serius dan pengawasan medis.

Baca Juga: 8 Kebiasaan Ini Wajib Dilakukan Penderita Hipertensi, Hasilnya Tak Akan Mengecewakan

Obat herbal hipertensi

Jahe

Apabila Anda memiliki hipertensi, penting untuk berkonsultasi dengan dokter Anda sebelum menggunakan obat-obatan herbal atau alternatif.

Meskipun beberapa tanaman dan herbal telah diketahui memiliki potensi untuk membantu mengelola tekanan darah, ini tidak boleh digunakan sebagai pengganti perawatan medis.

Selain itu, ada beberapa bahan alami yang bisa Anda konsumsi supaya tekanan darah bisa lebih bisa terkontrol.

Simak daftar obat herbal untuk tekanan darah tinggi yang bisa dicoba dilansir dari laman Healthline.

Baca Juga: 7 Makanan Penurun Gula Tinggi Secara Alami, Penderita Diabetes Bisa Rutin Konsumsi

1. Bawang Putih

Keberadaan Bawang putih jadi salah satu bahan alami yang efektif menurunkan tekanan darah. Kandungan antiinflamasi yang terkandung dalam bawang putih mampu membuat otot jantung rileks sehingga bisa mencegah hipertensi.

Bawang putih mengandung berbagai macam nutrisi yang mampu meningkatkan sistem imun tubuh. Pastikan Anda untuk mengonsumsi rutin bawang putih yang bisa dimasukkan ke menu masakan.

Anda bisa memakannya secara langsung atau mencampurnya pada berbagai macam hidangan yang Anda konsumsi.

2. Daun Basil

Basil (Ocimum basilicum) adalah ramuan beraroma yang tersedia dalam berbagai bentuk. Ini populer dalam pengobatan alternatif karena kaya akan berbagai senyawa kuat. Daun basil mengandung eugenol yang tinggi.

Penelitian telah mengaitkan antioksidan nabati ini dengan banyak manfaat kesehatan, termasuk menurunkan tekanan darah. Studi menunjukkan bahwa eugenol dapat membantu mengurangi tekanan darah dengan bertindak sebagai penghambat saluran kalsium alami.

Penghambat saluran kalsium mencegah pergerakan kalsium ke dalam sel jantung dan arteri, sehingga pembuluh darah menjadi rileks. Penelitian pada hewan menunjukkan bahwa ekstrak selasih membantu mengendurkan pembuluh darah dan mengencerkan darah, yang pada gilirannya membantu menurunkan tekanan darah

3. Kemangi

Sama seperti Daun Basil, Kemangi termasuk salah satu obat herbal tekanan darah tinggi yang bisa dicoba. Bahan alami itu mengandung zat kimia bernama eugenol yang mampu mencegah pembuluh darah menjadi kencang atau tidak rileks.

Selain menurunkan tekanan darah, kemangi juga bisa memberikan manfaat lain. Misalnya, mengobati flu atau pilek yang sedang Anda alami. Anda bisa mencampur kemangi pada teh yang Anda konsumsi atau mencampurnya dengan hidangan yang lain.

4. Kapulaga

Saat Anda mencari obat herbal tekanan darah tinggi, kapulaga bisa bisa dijadikan pilihan. Menurut sebuah penelitian, konsumsi jenis rempah ini mengalami penurunan tekanan darah secara signifikan setelah mengonsumsi kapulaga selama 12 minggu.

Anda bisa mencampurkan kapulaga pada minuman yang dicampur dengan bahan lainnya.

5. Kayu Manis

Selain itu, penelitian terkait obat herbal tekanan darah tinggi ada Kayu Manis dalam daftar. Peneliti merekomendasikan kayu manis supaya tekanan darah lebih terkontrol.

Anda bisa menambahkan kayu manis pada teh, smoothies, atau makanan dan minuman lain yang Anda konsumsi.

6. Jahe

Kandungan dalam jahe bisa melancarkan aliran darah dan mengendurkan dinding-dinding pembuluh darah. Dengan begitu, tekanan darah menjadi lebih terkontrol dan tidak mudah naik.

Orang-orang telah menggunakannya selama berabad-abad untuk meningkatkan banyak aspek kesehatan jantung, termasuk sirkulasi, kadar kolesterol, dan tekanan darah.

Penelitian pada manusia dan hewan menunjukkan bahwa mengonsumsi jahe mengurangi tekanan darah dalam beberapa cara. Ia bertindak sebagai penghambat saluran kalsium alami dan penghambat tekanan darah tinggi alami.

Itulah beberapa obat herbal untuk tekanan darah tinggi yang mudah ditemui dan dikonsumsi dari rumah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Terpopuler
Kontan Academy
Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet Managing Customer Expectations and Dealing with Complaints

[X]
×