kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini 6 Bahaya dan Tanda Minum Air Putih Berlebihan, Awas Hiponatremia


Selasa, 12 September 2023 / 10:08 WIB
Ini 6 Bahaya dan Tanda Minum Air Putih Berlebihan, Awas Hiponatremia
ILUSTRASI. Ini 6 Bahaya dan Tanda Minum Air Putih Berlebihan, Awas Hiponatremia


Penulis: Bimo Kresnomurti

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Simak bahaya dan tanda minum air putih berlebihan pada tubuh. Konsumsi air mineral tentu penting untuk dilakukan setiap orang.

Air mineral dianggap sebagai salah satu minuman paling sehat di dunia. Sejumlah penelitian menemukan bahwa ini meningkatkan penurunan berat badan, menjaga keseimbangan elektrolit, dan mendukung fungsi jantung.

Sulfat dalam air mineral merangsang pankreas Anda, yang menyebabkan peningkatan produksi enzim pencernaan. Ini membantu meredakan kembung dan membantu pencernaan.

Air jenis ini nol kalori, sehingga Anda bisa meminumnya kapan saja tanpa harus khawatir berat badan bertambah.

Baca Juga: Inilah 5 Bahaya dan Tanda Minum Susu Sapi Berlebihan, Awas Timbul Jerawat

Minum air putih

Untuk menambah rasa, cukup tambahkan perasan lemon. Perlu diingat bahwa tidak semua air mineral itu sama. Meskipun air adalah esensial untuk kehidupan dan tubuh manusia membutuhkannya untuk berfungsi dengan baik.

Nah, minum air putih dalam jumlah berlebihan juga dapat memiliki dampak negatif pada kesehatan. Ini disebut sebagai "keracunan air" atau "hiperhidrasi."

Bahaya minum air putih berlebihan

Berikut beberapa bahaya minum air putih berlebihan:

  • Gangguan Keseimbangan Elektrolit: Minum terlalu banyak air dalam waktu singkat dapat menyebabkan penurunan kadar natrium dalam darah Anda. Ini disebut hiponatremia dan dapat mengganggu keseimbangan elektrolit dalam tubuh Anda. Gangguan elektrolit ini dapat menyebabkan gejala seperti kelelahan, mual, muntah, sakit kepala, dan bahkan koma dalam kasus yang ekstrim.
  • Stres pada Ginjal: Ginjal bertanggung jawab untuk memproses dan mengeluarkan kelebihan air dari tubuh. Minum terlalu banyak air secara terus-menerus dapat menempatkan stres berlebihan pada ginjal dan menyebabkan kerusakan jangka panjang jika terjadi terlalu sering.
  • Gangguan Lambung: Minum air dalam jumlah besar sebelum atau selama makan dapat mengencerkan asam lambung yang diperlukan untuk pencernaan makanan. Ini dapat mengganggu proses pencernaan dan penyerapan nutrisi.
  • Gangguan Fungsi Jantung: Hiperhidrasi yang parah dapat menyebabkan pembengkakan sel-sel tubuh, termasuk sel-sel dalam jantung. Ini dapat mengganggu fungsi jantung dan menyebabkan masalah jantung.
  • Gangguan Fungsi Otak: Hiperhidrasi yang signifikan dapat menyebabkan otak membengkak, yang dapat mengakibatkan sakit kepala, mual, dan masalah neurologis lainnya.
  • Hipponatremia: Kondisi ini terjadi saat kadar garam pada darah terlalu sedikit karena tubuh menampung banyak air.

Untuk itu, seteleh mengenal bahaya konsumsi air putih secara berlebihan, Anda perlu mengetahui beberapa gejala dan tandanya.

Simak tanda minum air putih berlebihan yang harus dikenali setiap orang berikut ini dilansir dari Everyday Health.

Baca Juga: 7 Cara Mencegah Stroke Berulang Bagi Penderita Stroke, Terapkan dari Sekarang

Tanda minum air putih berlebihan

Berikut beberapa tanda dan gejala minum air putih berlebihan yang sebabkan hiponatremia:

1. Rasa Mual dan Muntah: Orang yang minum air berlebihan mungkin merasa mual dan muntah. Ini dapat menjadi tanda pertama hiponatremia.

2. Pusing dan Kepala Ringan: Pusing, kebingungan, dan perasaan ringan di kepala adalah gejala umum hiponatremia.

3. Kesulitan Bernapas: Dalam beberapa kasus yang parah, hiponatremia dapat menyebabkan kesulitan bernapas atau pernapasan yang cepat.

4. Sakit Kepala: Sakit kepala yang hebat dan menetap dapat menjadi gejala hiponatremia.

5. Kejang: Kadar natrium yang terlalu rendah dalam darah dapat menyebabkan kejang. Ini adalah kondisi serius yang memerlukan perawatan medis segera.

6. Penglihatan Kabur: Orang dengan hiponatremia dapat mengalami penglihatan kabur atau masalah penglihatan lainnya.

Penting untuk diingat bahwa kebutuhan cairan setiap individu berbeda dan dapat dipengaruhi oleh faktor seperti usia, aktivitas fisik, cuaca, dan kondisi kesehatan.

Selain itu, Anda juga perlu untuk mengetahui kebutuhan konsumsi minum air sesuai dengan timbangan berat badan.

Salah satu cara menghitung konsumsi air yang ideal adalah menghitung angka berat badan dengan mengkalikan 1/3 bagian. Sebagai contoh, dengan berat badan 45 kg, maka air yang dibutuhkan minimal 1,5 liter per hari.

Tentu, hal tersebut juga disesuaikan dengan beberapa aktivitas berat seperti olahraga.

Demikian informasi terkait bahaya dan tanda minum air putih berlebihan yang bisa sebabkan hiponatremia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×