kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,91   8,27   0.89%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini 5 Penyebab Telinga Gatal dan Cara Mengatasinya dengan Benar


Rabu, 25 Oktober 2023 / 14:41 WIB
Ini 5 Penyebab Telinga Gatal dan Cara Mengatasinya dengan Benar
ILUSTRASI. Ini 5 Penyebab Telinga Gatal dan Cara Mengatasinya dengan Benar


Penulis: Bimo Kresnomurti

Penyebab Telinga Gatal - JAKARTA. Kenali penyebab telinga gatal yang menganggu. Kesehatan telinga tentu penting untuk dipahami agar terhindar dari penyakit terkait.

Telinga gatal tentu menjadi salah satu kondisi yang pernah dialami oleh semua orang. Sehingga, Anda perlu mengetahui penyebab telinga gatal biar bisa mengatasinya secara tepat.

Sebab, Anda tidak boleh sembarangan memasukkan benda ke lubang telinga untuk menghilangkan rasa gatal tersebut. Dengan mengetahui penyebab telinga gatal berikut, Anda bisa mengatasinya secara tepat

Telinga gatal dalam konteks medis dapat mengindikasikan berbagai masalah atau kondisi yang memengaruhi telinga atau daerah sekitarnya.

Baca Juga: Kenali 7 Fungsi Batang Otak pada Tubuh Manusia beserta Penyakit Terkait yang Terjadi

Penyebab telinga gatal

Membersihkan kotoran telinga

Kemunculan rasa gatal bisa jadi karena alergi terhadap sesuatu seperti serbuk sari, bulu binatang, hingga produk perawatan telinga tertentu dapat memicu reaksi alergi yang menyebabkan rasa gatal di atau sekitar telinga.

Selain itu, kulit kering di sekitar telinga bisa menyebabkan gatal. Ini dapat terjadi karena kurangnya kelembaban atau penggunaan produk perawatan yang mengiritasi kulit.

Untuk itu, kenali beberapa penyebab telinga gatal beserta cara mengatasinya dilansir dari laman Cleveland Clinic.

1. Penumpukan kotoran telinga

Telinga merupakan salah satu bagian tubuh yang bisa membersihkan kulit mati dan kotoran yang disebut Serumen. Meski demikian, ada suatu kondisi di mana fungsi tersebut tidak bisa berjalan secara normal sehingga kotoran telinga menumpuk.

Ada 2 istilah terkait kotoran telinga yakni Otitis eksterna dan Otitis Media yang terjadi pada seseorang.

Otitis eksterna merupakan infeksi telinga luar yang seringkali disebabkan oleh pertumbuhan bakteri atau jamur di saluran telinga eksternal. Ini bisa menyebabkan peradangan dan rasa gatal yang hebat di dalam atau di sekitar telinga.

Sedangkan, Otitis media adalah infeksi telinga tengah yang dapat menyebabkan rasa sakit di telinga, dan kadang-kadang disertai rasa gatal. Biasanya, otitis media lebih sering terjadi pada anak-anak.

2. Infeksi kulit

Telinga gatal bisa jadi salah satu tanda ada infeksi virus atau bakteri. Tak hanya itu, air yang masuk ke telinga, misalnya, setelah berenang, bisa menyebabkan hal yang sama.

Penyebabnya, bagian dalam telinga kehilangan kemampuan alami untuk melawan kuman. Rasa gatal bisa Anda atasi dengan mengobati infeksi yang Anda alami. Biasanya, dokter akan meresepkan obat tetes telinga hingga antibiotik sesuai dengan kondisi Anda.

3. Kulit alergi

Penyebab telinga gatal selanjutnya adalah alergi yang terjadi pada kulit. Ada banyak hal yang bisa membuat Anda alergi.

Mulai dari produk kecantikan, aksesoris yang terbuat dari plastik, karet, dan metal, hingga alergen-alergen lainnya.

Sama seperti infeksi, rasa gatal akibat alergi bisa disembuhkan jika Anda mengetahui apa yang membuat Anda alergi. Setelah memeriksakan diri ke dokter, Anda akan mendapat resep krim steroid untuk mengurangi rasa gatal yang terjadi di telinga.

4. Kulit eksim

Selain penyebab di atas, penyakit kulit eksim adalah salah satu masalah kulit yang bisa menyebabkan rasa gatal di telinga. Kondisi kulit memiliki warna kemerahan dengan bercak yang mudah dikenali.

Anda bisa mengatasinya dengan memakai obat tetes telinga. Untuk kasus yang lebih parah, masalah tersebut dapat Anda obati dengan mengonsumsi pil steroid yang diresepkan dokter.

5. Timbulnya Jerawat

Jerawat merupakan salah satu proses kulit merespon radikal bebas yang ada pada tubuh. Artinya, jerawat bisa juga timbul karena kebersihan telinga yang tidak terjaga baik bagian luar maupun dalam.

Anda bisa rutin membersihkan daun telinga untuk mencegah terjadi gejala telinga gatal.

Namun, Anda juga tak boleh membersihkan telinga secara berlebihan karena rasa gatal bisa menyerang. Jika telinga gatal tak kunjung hilang dalam beberapa waktu, segera konsultasikan ke dokter.

Cara mengatasi telinga gatal

Anda bisa mengikut langkah berikut untuk mengatasi telinga gatal dengan mudah.

  • Jangan menggaruk: Meskipun rasanya sangat menggoda untuk menggaruk telinga yang gatal, ini dapat memperburuk masalah dan bahkan menyebabkan luka atau infeksi. Hindari menggaruk telinga.
  • Periksakan ke Dokter: Jika rasa gatal berlangsung lebih dari beberapa hari, atau jika disertai gejala lain seperti nyeri, gangguan pendengaran, atau keluar cairan dari telinga, segera periksakan diri ke dokter. Dokter dapat mendiagnosis penyebabnya dan memberikan perawatan yang sesuai.
  • Hindari Pembersihan Telinga yang Agresif: Jangan mencoba membersihkan telinga dengan benda tajam atau cotton bud yang bisa mendorong serumen lebih dalam. Pembersihan telinga yang tidak tepat bisa memperparah masalah.
  • Gunakan Tetes Telinga: Jika rasa gatal disebabkan oleh penumpukan serumen, dokter Anda mungkin akan merekomendasikan penggunaan tetes telinga khusus yang dirancang untuk melunakkan serumen sehingga mudah dikeluarkan oleh dokter.
  • Obat Telinga: Dokter mungkin akan meresepkan obat tetes telinga atau salep khusus untuk mengatasi kondisi tertentu seperti infeksi atau eksim telinga.
  • Hindari Alergen: Jika rasa gatal disebabkan oleh alergi, hindari paparan dengan alergen tersebut. Ini mungkin melibatkan menghindari bulu binatang, produk perawatan telinga tertentu, atau menerapkan strategi alergi yang sesuai.

Sebaiknya, jangan langsung membersihkan kotoran telinga yang menumpuk dengan kapas karena bisa membuat kotoran telinga semakin masuk ke dalam. Anda bisa mencoba membersihkannya dengan obat tetes yang dijual di apotek. 

Itulah beebrapa penyebab telinga gatal beserta cara mengatasinya sesuai anjuran medis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet Managing Customer Expectations and Dealing with Complaints

[X]
×