Ini 5 Pantangan Ibu Hamil yang Perlu Anda Ketahui, Jangan Coba-Coba!

Kamis, 17 Maret 2022 | 06:00 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
Ini 5 Pantangan Ibu Hamil yang Perlu Anda Ketahui, Jangan Coba-Coba!

ILUSTRASI. Pantangan makanan yang dilarang untuk ibu hamil.


KONTAN.CO.ID - Saat proses kehamilan ada beberapa pantangan yang harus diketahui ibu hamil. Pantangan tersebut harus dihindari karena bisa berbahaya bagi kesehatan bayi yang dikandung. 

Selain untuk kesehatan sang bayi yang di kandung, menghindari pantangan juga baik bagi kesehatan ibu hamil. Salah satu hal yang harus diperhatikan adalah asupan makanan. 

Pasalnya, ada beberapa makanan yang menjadi pantangan ibu hamil. Demi menjaga kesehatan janin dan tubuh jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter kandungan. 

Baca Juga: Catat, 5 Tips Meminimalisir Efek Samping Vaksin Covid-19

Melansir dari Healthline, ada beberapa pantangan ibu hamil yang perlu Anda ketahui. Di antaranya: 

1. Alkohol 

Minuman beralkohol adalah salah satu pantangan ibu hamil yang harus dipatuhi. Pasalnya, mengkonsumsi alkohol akan menghambat perkembangan otak sang bayi. 

Bahkan, parahnya mengkonsumsi alkohol saat hamil bisa meningkatkan risiko keguguran. 

2. Rokok 

Merokok juga bisa berbahaya bagi ibu hamil. Oleh karena itu saat proses hamil usahakan untuk tidak merokok agar kesehatan janin tidak terancam. Selain itu, berhenti merokok juga baik untuk kesehatan tubuh. 

3. Kafein

Pantangan ibu hamil selanjutnya yaitu kafein. Salah minuman yang mengandung kafein yang banyak diminati adalah kopi. Maka dari saat hamil, kopi adalah salah minuman yang harus dihindari. 

Selain kopi, kafein juga ada dalam teh, cokelat, hingga minuman bersoda. 

Baca Juga: 7 Makanan Rendah Kalori yang Cocok Dimasukkan ke Daftar Menu Diet

4. Makanan Cepat Saji 

Makanan cepat saji juga menjadi salah satu pantangan ibu hamil yang perlu Anda ketahui. Hal tersebut dikarenakan makanan cepat saji atau junk food mengandung nutrisi yang rendah sehingga tidak baik untuk kesehatan tubuh maupun janin yang sedang dikandung. 

5. Telur Mentah 

Pantangan ibu hamil yang terakhir adalah telur mentah. Dilansir dari Healthline, telur mentah mengandung bakteri salmonella yang bisa menimbulkan risiko infeksi bagi janin. Meskipun jarang terjadi, hal tersebut tetap perlu diwaspadai. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru